Internet Cepat dan Stabil Smartfren 4G LTE di Lampung

Coverage Layanan Smartfren 4G LTE di kota Bandar Lampung sekitar 90%. Sudah menjangkau kota Metro, Kotabumi, Bandar Jaya, Menggala, Unit 2, Blambangan Umpu. Berkendara dari Bakauheni sampai Bandar Lampung jaringan ok, kecuali di sekitar Tarahan. Di sekitaran Way Kandis dan Jatimulyo juga ok. Saat saya bepergian ke Gedong Tataan dan Pringsewu juga bagus. Pelanggan Smarfren Lampung masih belum mau pindah ke 4G LTE? Tunggu apa lagi coba? 😀

Penasaran Dengan Layanan Smartfren 4G LTE di Lampung

Tau ga rasanya saat kepikiran banget buat beli smartphone baru yang menggunakan jaringan 4G LTE Rasanya itu udah kayak bumil yang ngidam mangga muda. Memang tau rasanya ngidam mangga?? Ya itu kira-kira aja ya, hehe… Itu gara-garanya saat baca berita di pertengahan tahun 2015 lalu bahwa Pemerintah bersama para operator seluler telah launching layanan 4G LTE. Termasuk Smartfren yang meluncurkan Andromax 4G terbarunya, Andromax R2 dan Andromax E2, yang dapat digunakan di jaringan Smartfren 4G LTE dan telah disematkan teknologi teranyar Voice over LTE (VoLTE).

Andromax R2 - Smartfren Lampung - Yopie Pangkey 4

Smartfren Andromax R2

Setelah menunggu, akhirnya kesempatan itu datang juga. Tanggal 1 April 2016 saya akhirnya bisa memegang Smartphone 4G dari Smartfren, Andromax R2, yang mempunyai kualitas premium dan elegan dari bodi logam yang ramping dan nyaman digenggam. Tampilan layar 5 inci dengan resolusi HD IPS OGS memberikan kualitas grafis, memaksimalkan pengalaman gaming dan nonton video yang lebih nyaman dan diperkuat dengan Dragon Trail Glass menambah ketahanan layar Andromax R2 untuk aktifitas sehari-hari.

Andromax R2 - Smartfren Lampung - Yopie Pangkey 6

Nyaman di tangan.

Untuk urusan online, setiap orang pasti menginginkan gadget yang sesuai dengan kebutuhannya, ditunjang dengan jaringan yang mumpuni. Apalagi kalau sudah streaming video atau saat bermain game di waktu senggang. Kesel banget kalau terjadi buffer atau loading lama saat menonton video dan bermain game.

Bagi saya yang suka banget dengan kecepatan, penggunaan smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE tentulah sudah menjadi keharusan. Sebelum memegang smartphone yang tepat, saya terlebih dahulu mencoba mencari tahu apa itu 4G LTE dan VoLTE.

Nah ini info yang saya dapat. Pada kuartal ketiga tahun 2015, Smartfren sudah meluncurkan secara nasional layanan 4G LTE Advanced dan hingga saat ini memiliki jaringan 4G LTE Advanced terluas di Indonesia dengan wilayah cakupan yang menjangkau hingga 85 kota. Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kotabumi termasuk di dalamnya. Dan saat saya mendatangi gerai Smartfren di jalan Arief Rahman Hakim, Customer Care-nya menjelaskan jaringan 4G LTE juga sudah meng-cover Blambangan Umpu, dan Unit Dua di Tulang Bawang.

Selain itu Smartfren adalah operator pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan Voice over LTE (VoLTE), sebuah layanan suara yang berbasis daya dengan mengandalkan teknologi LTE. Dengan teknologi VoLTE, melakukan panggilan video akan lebih mudah dan stabil serta panggilan suara menjadi lebih jernih, namun tarif yang digunakan merupakan tarif panggilan suara. Namun sayangnya, saat ini layanan tersebut baru bisa dinikmati antarpelanggan Smartfren saja.

Bagi pengguna Smartfren dengan gadget yang tidak mendukung VoLTE coba download aplikasi “Smart VoLTE” dari Play Store.

Andromax R2 - Smartfren Lampung - Yopie Pangkey 8

Ada pilihan telpon dengan menggunakan VoLTE dan panggilan video.

Koneksi Internet Kencang dan Stabil

Nah, saya itu termasuk orang yang suka banget streaming video dan musik. Selain untuk hiburan biasanya sih sambil cari ide-ide segar buat motret dan jalan-jalan di Lampung. Maklum aja, kelola akun twitter @kelilinglampung dan instagram @kelilinglampung_ ini perlu banget ide-ide baru buat dibagi ke para followers.

(Yang mau baca-baca bisa lihat: Tempat Wisata di Lampung)

Selain cari ide buat motret dan jalan-jalan, saya juga perlu koneksi internet yang cepat dan stabil saat upload foto dan video ke twitter, facebook, blog dan youtube. Ga lucu banget, di tengah proses upload tiba-tiba koneksi melambat.

Tau ga nih? Saat mencari bahan untuk tulisan ini saya sudah menggunakan koneksi internet dari HP Andromax R2 yang saya jadikan modem dengan menggunakan Portable Wi-Fi Hotspot dan paket True Unlimited. Buka browser dari laptop, semua jadi sangat lancar saat melakukan pencarian di Google ataupun streaming youtube. Ga pake buffering dan loading lama 😀

Sekedar info nih, Smartfren menerapkan dua standar dalam teknologi 4G Long Term Evolution (LTE), yaitu time division duplex (TDD) dan frequency division duplex (FDD) untuk menyelenggarakan layanan Internet kecepatan tinggi. Teknologi TDD bakal menunjang akses unduh yang lebih cepat untuk memenuhi pelanggan yang haus data, dan FDD yang berjalan di frekuensi rendah diandalkan untuk memberi jangkauan yang lebih luas. Benar-benar memanjakan saya yang hobi streaming video dan audio 😀

Andromax R2 - Smartfren Lampung - Yopie Pangkey 2

Tidak ragu buka-buka youtube.

True Unlimited

Saat menerima HP Andromax R2 ini, sudah ada nomor yang disertakan di box dengan bonus paket 2 GB siang dan 6GB malam hari. Namanya juga 4G, semua koneksi jadi kencang namun pemakaian data juga semakin cepat dan besar. Belum genap 1 minggu pemakaian, paket bonus itu sudah habis. Akhirnya langsung mencoba paket True Unlimited seharga (hanya) Rp. 75.000,- saja.

Paket True Unlimited merupakan paket internet pertama di Indonesia yang memberikan kecepatan internet full speed 4G tanpa dibatasi oleh waktu dan kuota, sehingga pelanggan dapat melakukan aktivitas berbasis internet dengan lancar dan bebas, seperti menonton streaming video dengan kualitas high definition (HD).

Sayang paket ini hanya berlangsung sampai 30 April saja. Tapi dengar-dengar pihak Smartfren sedang melakukan survey untuk mengganti paket apa yang cocok untuk para pelanggan setianya. Saya ngarep banget, mudah-mudahan ada paket yang ramah untuk kantong dan dompet saya 🙂

Yuk Gunakan Produk dan Layanan Smartfren 4G LTE Advanced

Bagi kawan-kawan yang ingin beralih ke 4G LTE, per 19 Februari 2016 lalu, Smartfren meluncurkan Andromax 4G terbarunya, yaitu Andromax R2 dan Andromax E2 di X2 Club, Jakarta. Kedua ponsel pintar ini dapat digunakan di jaringan Smartfren 4G LTE dan telah disematkan teknologi teranyar Voice over LTE (VoLTE), sehingga menjadikannya ponsel Andromax pertama yang memiliki fitur VoLTE. Saat ini, Smartfren merupakan operator pertama di Indonesia yang menyediakan layanan VoLTE untuk para konsumennya.

“Andromax R2 & E2 merupakan wujud keseriusan kami dalam menggarap pasar ponsel entry-level di Indonesia. Disamping itu, kami berharap langkah kami dalam menyematkan fitur VoLTE pada kedua ponsel pintar ini dapat mempercepat penetrasi 4G LTE dan mendukung transformasi digital di Indonesia sehingga dapat mewujudkan ekosistem digital yang tidak kalah dengan negara lain,” ujar Sukaca Purwokardjono, Division Head Smartphone Business, PT Smartfren Telecom, dalam rilis yang saya dapat.

Keuntungan menggunakan layanan 4G LTE, para pelanggan Smartfren di Lampung dapat menikmati layanan suara dan koneksi internet yang stabil di kota-kota Lampung yang saya sebut di awal tulisan ini.

coverage smartfren 4G LTE di Lampung

coverage smartfren 4G LTE di Lampung. (www.smartfren.com)

Bagi pelanggan Smartfren yang telah aktif selama lebih dari tiga bulan, secara aktif melakukan panggilan dan melakukan top-up (prabayar) atau membayar tagihan (paska bayar) dan sedang tidak dalam posisi masa tenggang (prabayar) atau belum melunasi tagihan (paska bayar) berhak melakukan pemindahan layanan ke 4G LTE dan mendapatkan berbagai penawaran menarik.

Para pelanggan dapat melakukan pergantian layanan dengan mengunjungi galeri Smarfren atau menghubungi call-center Smartfren 888. Mengenai informasi periode promo dan potongan harga dapat mengirimkan SMS ke nomor 6046 dengan mengetik “LTE” atau mengunjungi website resmi https://my.smartfren.com/upgrade4G.php

Ini pengalaman saya menggunakan Andromax R2 dan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced. Walau baru sebentar mencoba namun sangat memuaskan dan sangat membantu saya dalam pekerjaan sehari-hari. Juga memudahkan hobi streaming video dan musik di waktu senggang.

Mau tau pengalaman saya memotret dan bermain game dengan menggunakan Andromax R2? Tunggu di tulisan berikut ya 🙂

*(adv / Review Andromax R2 & Smartfren 4G LTE)

Galeri Smartfren Lampung
Jl. Arif Rahman Hakim No. 18, Bandar Lampung.
Phone:0881-1223-344

Jl. Raden Intan No : 99/7 Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung

Foto-foto lain:

Andromax R2 - Smartfren Lampung - Yopie Pangkey 5

body tipis.

Andromax R2 - Smartfren Lampung - Yopie Pangkey 7

body tipis.

Andromax R2 - Smartfren Lampung - Yopie Pangkey 3

Faster Data Connection Speed.

Foto-foto: milik Yopie Pangkey.

Sumber info: www.smartfren.com, www.cnnindonesia.com.