Pengalaman Motret dan Streaming Video di Andromax R2

Mau tau apa yang langsung saya pikirkan sesaat setelah memegang Smartphone 4G, besutan Hisense dan SmartfrenAndromax R2 ? Sudah pasti kepikiran motret pake Andromax R2 saat jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di Lampung, main game di saat sedang santai di rumah, dan pastinya streaming video dan musik.

Nah, sekarang langsung aja simak pengalaman saya menggunakan Andromax R2 selama +2 minggu terakhir di sekitaran kota Bandar Lampung.

Andromax R2 - Smartfren Lampung - Yopie Pangkey 6

Nyaman di tangan.

Kamera Andromax R2

Smarrphone 4G Andromax R2 besutan Hisense ini dilengkapi dengan Kamera belakang 13 MP, Auto-Focus, Sensor BSI, dengan Dual LED Flash, dan Hand Motion Control (Kinetic). Sedangkan Kamera depannya 5 MP, wide angle, dengan LED Flash + Hand Motion Control (Kinetic).

Saat saya coba-coba menggunakan resolusi maksimal 13 MP, rasio yang digunakan adalah 4:3. Kalau mau hasil seperti layar lebar, menggunakan rasio 16:9, saya bisa memilih menggunakan resolusi 4 MP atau 2 MP. Sedangkan kualitas gambar ada pilihan super fine, fine, dan normal.

Camera - Andromax R2 - Yopie Pangkey 4

Tak bisa lebih dekat lagi, sekitar 20 cm jarak lensa dengan subyek foto. 13 MP dengan ratio 4:3, kualitas superfine.


Semuanya itu kembali pada kebutuhan kita. Untuk sekedar upload foto saat checkin di swarm atau sekedar sharing foto di twitter, saya sering kali menggunakan resolusi 4 MP dengan kualitas fine atau normal. Yang penting informasi tersampaikan.

Untuk mode pemotretan, Andromax R2 memiliki mode auto, portrait, candlelight, dan mode malam. Sangat jarang saya gunakan mode portrait, malam ataupun candlelight. Kebanyakan saya hanya menggunakan auto.

Bagi yang suka self-portrait, rentang countdown timer lumayan memanjakan kita. Terdapat pilihan 1 detik sampai 60 detik. Dan kita bisa aktifkan face detection untuk menentukan letak titik fokusnya.

Dan tentu saja, saat ini boleh dibilang eranya foto selfie. Baik selfie maupun welfie terasa begitu mudah dengan kamera Andromax R2. Saya tidak perlu menekan tombol, tetapi cukup dengan mengarahkan telapak saya ke kamera lalu melakukan gerakan menutup/mengepal. Dan coundownt timer pun langsung bekerja untuk kemudian memotret.

Foto Selfie - Andromax R2 - Yopie Pangkey

Foto selfie di dalam dan luar ruangan dengan kondisi pencahayaan kontras yang tinggi.

Selain itu ada pengaturan ISO (auto, 100, 200, 400, 800, 1600), kompensasi exposure (-2, -1, 0, +1, +2), white balance (incandescent, fluorescent, auto, daylight, cloudy), mode flash (off, auto, on), redeye reduction, saturasi.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah fitur pewarnaan. Tersedia pewarnaan mono, sepia, negative, solarize, posterize, aqua, emboss, dan sketch.

landscape - Andromax R2 - Yopie Pangkey

Saat jalan-jalan di Teluk Lampung. Suka banget dengan hasilnya. Leveling, kontras, dan saturasinya ok.

Salah satu yang saya suka adalah fitur foto panoramanya. Baik di rumah, di jalan saat berangkat ke tempat kerja, maupun di banyak tempat wisata di Lampung, saya bakal sering gunakan fitur ini.

Spesifikasi kamera Andromax R2 ini, menjadi salah satu yang diunggulkan dari Smartfren Andromax R2 ini. Bagi saya yang senang jalan-jalan dengan membawa kemera besar (DSLR) sepertinya bakal memperhitungkan kamera milik Andromax R2 ini kalau mau jalan-jalan yang simpel.

Main Games di Andromax R2

Untuk game, saya mencoba sebuah game berjudul “Unkilled” buatan Madfinger Games sebuah perusahaan video game yang berfokus pada video game mobile. Karena kuota yang saya pakai adalah “True Unlimited”, saya sama sekali tak kawatir habis kuota men-download Game berukuran sekitar 135 MB ini. Proses download dan instal pun sangat lancar di jaringan Smartfren 3G LTE. Ga pake marah-marah karena jaringan lemot 😀

Game Unkilled - Andromax R2 - Yopie Pangkey

Berburu zombie di game “Unkilled”.

Saat sudah terinstal, loading game ini lumayan lama di Andromax R2, yaitu sekitar 35 detik. Dan loading sekitar 15 detik saat memasuki misi.

Dalam pengaturan performance, saya pilih “high” untuk graphics detail untuk mengujinya. Saat menjalankan misi, semua berjalan lancar tanpa ada gerakan terputus-putus. Detail gambar dan gerakan pun begitu halus. Sehingga membuat saya yang belum makan , perut kosong, menjadi mual karena melihat detail dan gerakan dalam game yang begitu halus 🙂

Game Unkilled - Andromax R2 - Yopie Pangkey 2

Saya pakai setting High untuk Graphic Detail.

Percobaan kedua, saya memilih game berjudul “Clash of Kings“. Game ber-genre Real-Time Strategy (RTS) yang memiliki grafis ok ini pun lancar saya mainkan di Andromax R2. Loading saat memasuki game membutuhkan waktu 25 detik. Selebihnya saat berpindah-pinda menu, semuanya terasa lancar-lancar saja.

Clash of Kings - Andromax R2 - Yopie Pangkey

Game “Clash of Kings”.

Smart Music

Salah satu aplikasi yang saya coba di Andromax R2 ini adalah Smart Music. Aplikasi yang saat dibuka sangat ringan ini langsung membuat saya jatuh hati. Terutama soal pilihan-pilihan lagunya yang OK. Ada pilihan berapa jumlah lagu tampil per page (20, 50, 100), dan turbo download/streaming. Untuk lagu, kita bisa pilih Lagu Baru, Top 100, dan Favorit. Asli deh, streaming lagu-lagunya ga pake gangguan loading.

Smart Music - Andromax R2 - Yopie Pangkey

Smart Music memanjakan penggemar lagu-lagu terbaru.

Streaming Youtube

Saat menyebut website video sharing, pikiran kita bakal langsung teringat youtube. Saya sangat sering membuka aplikasi youtube jika ingin melihat trailer film-film yang baru rilis. Ataupun mendengarkan lagu-lagu kesukaan sambil menonton videoklipnya.

Apalagi Andromax R2 ini memiliki teknologi Dolby Digital Plus yang menghasilkan suara lebih baik dan memberikan pengalaman suara yang optimal dengan kualitas suara sinematik. Mendengar musik dan menonton video jadi semakin asiik banget.

Lapisan antigores Dragon Trail X

Saat pertama kali memegang Andromax R2, saya ingin pastikan semuanya dalam keadaan baik dan bisa berlangsung lama. Lucunya nih saat saya mendatangi toko aksesoris mobile phone untuk membeli beberapa perlengkapan tambahan, saya memesan lapisan anti gores. Ketauan begonya :p

Saya: “mas, ada anti gores untuk andromax R2”.
Toko: “Loh, kan dari sananya sudah dikasih lapisan antigores mas”
Saya: “Oya..”
Toko: “Iya mas. Lapisan antigores Dragon Trail X”

Jadi sekarang saya ga perlu kawatir saat beraktivitas luar ruangan. Tidak kawatir layar smartphone ini tergores terkena benda-benda di sekitar.

Andromax R2 - Smartfren Lampung - Yopie Pangkey 8

Ada pilihan telpon dengan menggunakan VoLTE dan video calling.

Dapur Pacu Andromax R2

kalau ditanya apa yang paling saya suka dari Andromax R2 ini, saya akan jawab saya bisa buka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa kawatir koneksi melambat. Saat ini saya menulis dari laptop yang menggunakan internet dari Andromax R2 menggunakan portable Wi-Fi hotspot. Di laptop saya membuka banyak tab di browser. Sedangkan di HP saya membuka aplikasi twitter, instagram, sambil mendengar lagu dari SmartMusik. Dan sesekali membuka game “Clash of Kings”.

Pekerjaan dan hobi menderngar musik dan menonton video jadi begitu lancar dan mengasikkan.

Kemampuan multitasking yang begitu mumpuni ini karena Andromax R2 dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 415, prosesor Octa Core berkecepatan 1.4Ghz dan RAM memory 2GB LPDDR3.

Lihat Video di bawah ini saat saya streaming youtube di laptop dan main game di Andromax R2.

 

Batere

Bagi saya yang sangat “media sosial” banget dan sesekali mendengar musik serta membuka game, rasa-rasanya batere Li-Ion dengan kapasitas 2.320 mAh ini masih berasa kurang, melihat spesifikasinya yang galak. Tetapi dibanding smartphone saya sebelum memang Andromax R2 ini masih lebih unggul soal ketahanan batere.

Keluar rumah pukul 09:00 sambil mendengar musik dan berkali-kali membuka beberapa aplikasi media sosial serta sesekali membuka games, batere habis sekitar pukul 16:00. Kalau hanya membuka-buka aplikasi media sosial saja sih, bisa lebih dari itu tentunya.

Kesimpulan

Menurut saya, Andromax R2 ini sudah sangat mumpuni. Dengan harga 1,7 juta rupiah kualitas OK, tentu saja sudah melebihi dari yang saya harapkan. Tidak ada masalah pemakaian selama +2 minggu terakhir ini.

*(adv / Review Andromax R2 & Smartfren 4G LTE)