Pesona Bawah Laut Tanjung Putus di Teluk Lampung

Pulau Tanjung Putus - Yopie Pangkey @

Bermain dengan ikan di Pulau Tanjung Putus

Pulau Tanjung Putus – Tempat wisata berupa pulau yang unik dan cantik di Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pulau ini sangat dekat dengan daratan Sumatera, yang konon menurut cerita dulunya tersambung. Karena kejadian ledakan dahsyat Krakatau yang menimbulkan gelombang tsunami akhirnya menyebabkan daratan yang terpisah ini menjadi sebuah pulau. Hanya berjarak tempuh dua sampai tiga jam dari pusat kota Bandar Lampung, pulau ini salah satu tempat / destinasi wisata Lampung yang patut kamu coba kunjungi.

Sekilas Pulau Tanjung Putus

Pulau Tanjung Putus memiliki keindahan terpendam, baik di atas maupun bawah permukaan airnya. Suasananya tenang tidak ada hiruk pikuk kendaraan bermotor. Paling berisik (kalau itu dianggap berisik) hanya berasal dari suara perahu motor yang sesekali melintas.

Di pulau Tanjung Putus ada beberapa rumah yang didiami warga. Beberapa di antaranya menjadikan rumahnya sebagai homestay yang disediakan bagi wisatawan yang ingin menginap. Harganya memang mahal kalau ditanggung sendiri. Tetapi kalau beramai-ramai ditanggung bersama akan terasa murah. Karena 1 homestay bisa diinapi oleh banyak 10-15 orang. Sedangkan untuk fasilitas yang lebih nyaman, bisa coba datang ke salah satu cottage yang memiliki dermaga apung dan sangat dekat dengan spot snorkeling dan diving, milik salah seorang penyelam di Corona Diving Club.

(Sudah baca ini? 40 Tempat Wisata Menarik di Lampung)

Kabupaten Pesawaran memang memilik banyak spot snorkeling dan diving. Semua spot itu tersebar di sekitar pantai dan pulau-pulaunya. Di beberapa tempat, kita tidak perlu menyeberang ke pulau, cukup parkir di pantai yang tidak jauh dari jalan aspal. Berenang sedikit menjauh dari pantai, dan menemukan spot snorkeling yang cantik, (Kapan-kapan akan saya bahas ini). Tersebar di dua kecamatan, kabupaten Pesawaran yang tercatat memiliki 37 pulau. Pulau Tanjung Putus merupakan salah satu yang saya rekomendasikan untuk kamu datangi.

Tanjung Putus - Gede Setiyana - 1

Bisa seratusan lebih wisatawan bertemu di satu spot snorkeling saat wiken di Tanjung Putus. (Foto: Gede Setiyana)

Spot Snorkeling

Asiknya snorkel di Pulau Tanjung Putus ini adalah, spot snorkeling dan divingnya tidak jauh dari pantai. Kalau kamu memulai dari pulau, cukup sedikit berjalan ke air lalu sedikit berenang dan kamu sudah berada di atas spot cantik. Sedangkan kalau dengan perahu, kamu bisa langsung menceburkan diri di bagian yang agak dalam agar tidak menginjak karang.

Beberapa kali berkunjung sudah saya coba semua, baik bersantai dulu di cottage milik salah seorang anggota Corona Diving Club maupun berkunjung di laut sekitarnya saja. Karena di beberapa bagian pulau ini adalah dkuasai oleh perorangan, kita mesti bijak juga kalau ingin mendarat. Apalagi kalau sedang ada tamu, baiknya kita mendarat di pantai yang masih berasa milik umum saja. Atau tidak usah merapat sekalian. Selesai snorkel di Tanjung Putus bisa pindah ke banyak spot lain. Tapi meskipun begitu, kita masih bebas kok untuk snorkel di area lautnya.

Fasilitas di Pulau Tanjung Putus - RA Virgiawan - 1

Fasilitas di Pulau Tanjung Putus (Foto: RA. Virgiawan)

Tanjung Putus - RA Virgiawan - 2

di cottage ini bisa menampung 80an orang. (Foto: RA. Virgiawan)

Tak perlu kawatir tidak menemukan spot yang bagus di pulau Tanjung Putus. Spot snorkeling di sini membentang dari Barat Laut sampai Barat Daya pulau, sepanjang kurang lebih 300-500 meter. Snorkeling santai di kedalaman laut 2-5 meter, tidak akan terasa sudah menghabiskan waktu 1-2 jam.

Dan asiknya lagi, kia bisa snorkeling bareng banyak ikan-ikan imut di sini. Sesaat masuk ke dalam air, kita sudah langsung diserbu banyak ikan. Mungkin karena di sekitar pulau banyak keramba yang pakan ikannya tersebar terbawa arus. Sehingga ikan-ikan kecil pada berkumpul di sekitaran sini mengejar pakan-pakan yang tersebar.

Tanjung Putus - Yopie Pangkey - 2

Snorkeling bareng ikan-ikan imut.

Biota laut yan bisa kamu jumpai di sini cukup beragam mulai dari ikan karang kecil sampai yang berukuran sedang. Dan lucunya, mereka seakan tak terganggu dengan kehadiran manusia. Kalau kita sodorkan jari ke kerumunan ikan, mereka tak ragu untuk menggigit-gigit geli jari kita. Coba sendiri saja kalau kemari.. 😀

(Baca: Pesona Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian di Teluk Lampung)

Nikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Tanjung Putus

Saya sarankan kalau snorkel di sini, lakukan gerakan perlahan untuk melihat-lihat biota yang ada. Kalau jeli dan beruntung sangat banyak yang bisa kita nikmati. Di celah karang kita bisa menjumpai pari bintik biru (Blue spotted ray). Beberapa jenis bintang laut dan kima juga banyak di kedalaman 1-3 meter. Bahkan beberapa kali saya melihat sepasang penyu di kedalaman 2-6 meter saat snorkel santai. Kuncinya adalah, lakukan gerakan santai dan perlahan serta jeli melihat.

Tanjung Putus - Lunto Hasan - 7

Nudibranch di sekitar Tanjung Putus. (Foto: pak Lunto Hasan)

Tanjung Putus - Lunto Hasan - 5

Nudibranch di sekitar Tanjung Putus. (Foto: pak Lunto Hasan)

.

Bagi yang hobi fotografi makro bawah laut, pulau Tanjung Putus boleh masuk dalam list destinasi yang patut
dikunjungi. Di sekitar pulau banyak ditemukan berbagai jenis Nudibranchs, hewan laut kecil bertubuh lunak, yang terkenal dengan bentuk dan warnanya yang unik.

Cara Menuju Pulau Tanjung Putus

Untuk mencapai Pulau Tanjung Putus kita bisa memilih salah satu dari dua opsi ini. Pertama, parkir kendaraan di dermaga Ketapang (latlng: -5.587507, 105.227978), lalu menyewa perahu dan menempuh perjalanan laut selama 1 jam. Keuntungan dari pilihan pertama ini adalah kita bisa melakukan hopping island. Mampir di beberapa pulau yang dilewati, seperti pulau Kelagian Besar, Kelagian Kecil, Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Lelangga Besar. Biaya sewa perahu perhari yang agak mahal, sekitar 600-800ribu/hari (Coba cek ulang lagi harganya). Namun kalau ditanggung bersama 6-10 orang tentu bisa terasa lebih ringan.

Tanjung Putus - Lunto Hasan - 6

(Foto: pak Lunto Hasan)

Tanjung Putus - Lunto Hasan - 3

Banyak ditemukan Kima di sini. (Foto: pak Lunto Hasan)

Pilihan kedua adalah dengan berkendara dari pusat Kota Bandar Lampung melalui Jalan Raya Way Ratay yang melewati TPI Lempasing, Hanura, Pantai Klapa Rapat (Klara). Lalu memasuki Jalan Pematang Awi yang melewati Brigif 3 Marinir, lalu masuk ke daerah yang banyak tambaknya. Di situlah (latlng: -5.728254, 105.210270) kita bisa minta antar dengan perahu untuk sedikit menyeberang ke Pulau Tanjung Putus. Dari sini, biaya yang dikeluarkan lebih kecil. Namun sepertinya badan akan lebih lelah menempuh jalan daratnya dan tidak bisa mampir di beberapa pulau seperti di pilihan pertama. Tapi kalau mau mencoba silakan saja 🙂

(Baca: Liburan Seru di Pulau Pahawang dan Pulau Lok)

Selama ini saya belum pernah sengaja menginap untuk berwisata bahari Teluk Lampung. Karena bisa kapan saja pergi dan mendatangi pulau-pulau yang ada di Teluk Lampung. Kalau ada yang berminat, saya berani kasih saran untukmemilih Tanjung Putus sebagai tempat menginap. Seperti sudah disebutkan di atas, ada pilihan penginapan murah dan yang sedikit mahal. Tentu saja dengan fasilitas yang berbeda. Semua bagus, tinggal mau pilih yang mana.

Tanjung Putus - Yopie Pangkey - 3 Tanjung Putus - Yopie Pangkey - 4

Untuk yang tidak punya banyak waktu, kelebihan wisata Hopping Island di Teluk Lampung adalah beberapa pulaunya bisa dijangkau dan dinikmati dalam satu hari. Pergi pagi pulang sore sudah sangat memuaskan. Apalagi saat ini sudah banyak sekali trip organizer yang bikin open trip. Tinggal pilih mana yang kamu cocok dan percaya.

Lokasi Tanjung Putus

Pulau Tanjung Putus

Bisa nih kalau mau ke Tanjung Putus hubungi kawan-kawan. Telpon mereka dan tanya-tanya tentang Tanjung Putus dan destinasi lain di Teluk Lampung. Terutama kawan lama yang saya percaya, Jaya di nomor 082183087954. Bisa juga hubungi pohoncreative di 081311035795. Atau kalau mau sekedar saran-saran umum dari saya tentang tempat wisata di Lampung, bisa lewat email saja ya..