Rumah Pohon Pulau Leebong: Rasakan Suasana Senyap dan Syahdu

Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey

Leebong island – Rumah pohonnya keren

Leebong Island – Siapa yang tak tergoda untuk merasakan tidur di rumah pohon dan tenda yang nyaman. Itu yang ditawarkan oleh Pulau Leebong, satu tempat wisata di Belitung. Menjadi destinasi incaran bagi yang ingin merasakan suasana privasi dengan udara bersih di sebuah pulau kecil. Beberapa travel agent pun terlihat sudah menawarkan paket wisata Belitung dengan Pulau Leebong sebagai tujuannya.

Saat pertama kali naik dan memasuki ruangan rumah pohon, saya begitu takjub. Rumah pohon ini lumayan luas untuk ukuran sebuah bangunan yang berada di atas pohon. Ada satu ranjang besar dan satu ranjang sedang. Dua sisi dinding didominasi dengan jendela kaca sehingga kita bisa leluasa melihat pemandangan sekitar.

Keluar kamar, kita bisa duduk-duduk di teras rumah pohon. Ada satu kursi goyang dan dua bangku kayu. Kalau ingin duduk-duduk di teras yang lebih tinggi tinggal naik saja melalui tangga dari teras pertama. Di teras kedua disediakan tempat duduk melingkar. Cukup untuk enam sampai delapan orang.

(Baca juga ya: Pulau Leebong, Wisata Belitung yang Patut Kamu Coba)

Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 3 Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 4

Villa Pohon Zarra Leebong Island

Di pintu masuk rumah pohon terdapat satu papan bertuliskan “Villa Pohon Zarra”. Terdapat tanggal peresmiannya, 15/05/16. Juga ada nama Drs. H. Muhaimin Iskandar, M.Si., beserta tanda tangan beliau.

Ternyata rumah pohon ini diberi nama Zarra diambil dari nama putri pak Muhaimin Iskandar. Pak Muhamimin Iskadar dan keluarga pernah menginap di rumah pohon ini saat berlibur bersama keluarga. Diminta untuk memberi nama, Zarra yang dipilih beliau.

Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 5

Semua bahan rumah pohon ini terbuat dari kayu. Dari dinding, pintu, tangga, kursi, meja. Menggunakan kayu-kayu berkualitas dari luar pulau, sehingga pohon-pohon di pulau tetap terjaga. Proses pembuatan dengan menggunakan tenaga-tenaga yang ahli dalam perkayuan dari Jepara.

Dengar-dengar pihak pengelola pulau akan membangun lima unit rumah pohon lagi. Tentunya masing-masing unit akan memiliki desain yang berbeda, sesuai dengan kondisi dan bentuk pohon yang digunakan. Rumah pohon inilah yang membedakan wisata Pulau Leebong dengan wisata lain di Belitung, dan bahkan di Indonesia pada umumnya.

Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 7

Rumah Pohon nan Senyapย dan Syahdu

Beda orang beda keinginan. Termasuk saya saat memilih destinasi yang akan saya datangi. Sesekali saya ingin pergi ke tempat ramai, sesekali ingin ke tempat yang sepi. Ingin menikmati suasana kesenyapan bermutu tinggi.

Senyap di sini bukan berarti tidak ada orang lain sama sekali dan tidak ada suara sama sekali. Senyap di sini tetap ada suara-suara alam yang syahdu. Ada bunyi semilir angin menggoyang dedaunan. Disertai denyitan kayu-kayu rumah pohon yang menempel di dahan pohon. DI malam hari saya menginap, dua kali terdengar suara monyet yang mendekat tetapi langsung hilang menjauh. Mungkin dia tahu saya masih terjaga (hehe). Dan pastinya ada suara dengkur kuat, bak suara bariton di tengah suara sopran dan alto ๐Ÿ˜€

Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 1

Berasa tenang dan syahdu di dalam rumah pohon ini.

Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 2

Toilet di atas, tamu tidak perlu turun ke bawah.

Tidak disediakan TV di rumah pohon. Ini sebuah kebahagian lagi buat saya. Jauh-jauh kemari untuk apa nonton TV. Di sekeliling rumah pohon sudah jadi hiburan alami yang tak akan saya dapatkan di rumah saya sekalipun. Kamar mandi dalam, tamu tak perlu naik turun tangga.

Pihak pengelola pulau membuat rumah pohon tertutup rapat, sehingga tidak ada hewan liar yang bisa masuk ke dalam. Bahkan nyamuk pun tidak saya jumpai di dalam kamar rumah pohon. Banyak burung datang di pulau ini. Belum lagi hewan-hewan lain seperti tupai dan monyet yang ada di pulau. Antisipasi lebih baik daripada tamu merasa tidak nyaman kedatangan hewan-hewan itu di dalam kamar. Karena lebih tertutup, pengelola menyediakan pengatur suhu ruangan di sini.

Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 12

Ranjang ukuran sedang.

Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 11

Sambil rebahan bisa melihat pepohonan di luar.

Kalau takut gelap, ada banyak lampu yang bisa dihidupkan di sekitar rumah pohon. Kita bisa meminta pengelola untuk menghidupkan beberapa lampung. Atau kalau senang dengan kegelapan, tinggal matikan saja. Malam itu saya memilih menghidupkan lampu yag menerangi pohon terdekat. Siapa tahu ada hewan-hewan yang bisa terlihat.

Malam itu tidur saya nyenyak sekali di atas kasur yang lembut. Hanya sekali terbangun karena suara seperti orang melangkah yang ternyata hanya suara pepohonan. Lanjutkan tidur berkualitas di atas rumah pohon. Heaven on Earth, begitu orang-orang luar menyebutnya ๐Ÿ™‚

Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 9 Rumah Pohon Pulau Leebong - Wisata Belitung - Yopie Pangkey - 10

(Baca juga: Bermalam di Rumah Pohon Pulau Leebong)

Tidur Nyenyakย di Tenda

Malam sebelumnya saya merasakan tidur di dalam tenda. Harus coba juga dong sensasi tidur di dalam tenda di atas pasir tepi pantai.

Jangan membayangkan tidur di tenda sempit beralaskan matras yang digelas di atas pasir. Tenda yang disediakan oleh pengelola Wisata Pulau Leebong ini cukup luas dan cukup untuk delapan sampai sepuluh orang, satu orang menggunakan satu kelambu. Tanpa kelambu bisa cukup sekitar empat belas sampai delapan belas orang, perkiraan saya. Tenda dibangun di atas sebuah panggung pendek sekitar 40 (empat puluh) sentimeter dari permukaan tanah. Untuk masuk ke dalam tenda kita cukup menaiki satu anak tangga saja.

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 13

Di setiap sisi tenda ada empat jendela yang bisa dibuka. Dari sela-sela antara tenda dan panggung kayu juga bisa dialiri udara. Kayu-kayu alas panggung pun tidak terlalu rapat. Sirkulasi udara di dalam tenda cukup baik. Malam yang saya kira bakal gerah kepanasan ternyata tidak terjadi. Yang ada saya tidur melingkar seperti ular dengan selimut menutup rapat tubuh saya. Udaranya sejuk malam itu.

Bangun subuh, saya memilih untuk tetap di dalam tenda. Tidur nyenyak semalaman, masih belum puas merasakan sensasi tidur di tenda yang menghadap ke pantai itu. Sedangkan di luar tenda sudah terdengar para kru TRansTV melakukan syuting untuk acara Healthy Life. Terdengar pula bunyi shutter kamera berkali-kali di jarak agak jauh. Seru sepertinya motret-motret. Tapi lebih seru tidur di tenda pikir saya. Kapan lagi bisa selonjoran di dalam tenda seperti ini. Tak berasa mata sudah terpejam kembali sebelum matahari muncul di ufuk Timur. Sekali lagi, kalau orang luar bilang Heaven on Earth nih. Surga dunia, satu ungkapan yang juga dikenal di kalangan fotografer lanskap ๐Ÿ˜€

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 6

Saya tidur pulas melingkar di balik kelambu dan selimut sampai pagi ๐Ÿ˜€

Aktivitas di Pulau Leebong

Tidur di tenda dan rumah pohon pulau Leebong itu sudah memberikan pengalaman menyenangkan bagi saya. Namun ada lagi daya tarik wisata yang bisa kamu nikmati selagi berada di pulau dan sayang untuk dilewatkan. Di pagi hari saya memilih untuk bersepeda ke pantai di bagian belakang pulau. Foto-foto di pantai itu menghasilkan beberapa foto cantik deh. Sore hari saya bersepeda ke jetty pulau. Di situ bisa menikmati suasana matahari terbenam.

Bosan bersepeda kita bisa bermain kayak dan paddle board di sekitaran pantai. Berenang di air laut yang tenang pun asik lho. Bahkan pak Tellie Gozelie menganjurkan saya untuk berenang tengah malam. Serius..!! Meski suhu udara malam sejuk, di dalam air badan kita akan berasa hangat. Begitu kata pak Tellie. Sayang, kemarin saya tidak melakukan ini.

Leebong island - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 8

Bersepeda pagi-pagi ke pantai di bagian belakang pulau Leebong.

Leebong island - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 7

Asik foto-foto di pantai ini (Foto: @travelerien)

Duduk-duduk di pasir pantai, bangku-bangku kayu, jetty, rumah kayu juga mengasikkan. Badan dan pikiran menjadi sangat relax. Tiga hari dua malam, waktu seakan berjalan lambat di sana.

Oya, coba wisata mangrove di sekitar pulau Leebong. Saya suka banget. Menggunakan speedboat kecil, kita bisa membelah salah satu pulau di dekat Leebong di saat laut pasang. Ini juga pengalaman baru buat saya.

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 1 Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 4

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 4

Wisata Bakau di pulau dekat Leebong

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 3

Wisata Bakau di pulau dekat Leebong

Pulau Kenangan
Mengutip dari web resminya, Pulau Leebong adalah salah satu pulau yang sangat menakjubkan, Leebong beruntung untuk tetap pada kondisi murni. Dikelilingi oleh pantai pasir putih yang indah. Pulau ini juga merupakan sebuah hutan hujan dengan pohon yang banyak, termasuk pohon simpor, memberikan populasi kepada burung lokal.

Dua kali kemari, saya semakin jatuh cinta pada pulau ini. Indah, senyap, syahdu, membius hati, homey, ramah, senyum, bersih, aman, sejuk. Dan pastinya nih, pulau Leebong memberikan saya kenangan indah tak terlupakan. Sebuah pengalaman berkesan tidur di tenda dan rumah pohon. Cinderamata tak kasat mata yang saya bawa pulang untuk diceritakan ke kawan-kawan lain.

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 5

Tiduran di jetty menikmati atmosfer senja (Foto: +Katerina S)

Bagaimana Cara ke Pulau Leebong

Dua kali kemari saya selalu ikut paket wisata dari salah satu tour operatur di Pulau Belitung. Visca Tourย salah satunya. Tinggal hubungi mereka, bilang keinginan kita dan atur jadwal. Harga paket menyesuaikan dengan keinginan kita. Dan saya pikir harganya masih sangat terjangkau. Segera pesan paket wisatanya dan pergi. Itu saja pesan saya ๐Ÿ™‚

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 14

Bandara – Tanjung Ru sekitar 40 km. Percayakan perjalanan kepada Agen perjalanan, semua beres ๐Ÿ™‚

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 18

Perahu yang bawa kami ke/dari pulau Leebong

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 16

Menu makan di Leebong.

Pulau Leebong - Belitung Tour - Yopie Pangkey - 17

Menu makan di Leebong.

Bagaimana? Mau coba paket wisata Belitung di pulau Leebong? ๐Ÿ™‚