20 Tempat Ngopi di Bandar Lampung

tempat ngopi di bandar lampung - yopie pangkey

Tempat Nongkrong di Bandar Lampung – Di awal tahun 2016 saat menulis artikel ini sudah mulai menjamur tempat nongkrong di Bandar Lampung. Sekarang ini di tahun 2019 sudah bingung pilih tempat yang mana. Sudah banyak bermunculan kafe-kafe hits yang menawarkan berbagai macam kopi dari beberapa daerah di Lampung, Indonesia, bahkan mancanegara.

Sekarang sudah banyak bermunculan tempat ngopi yang asik. Menambah daftar kuliner Lampung yang sudah saya kunjungi, dan akan saya kunjungi. Terutama kuliner kedai kopi 🙂

Dari dulu Lampung memang terkenal sebagai penghasil kopi di Indonesia. Meskipun banyak mengirim kopi ke luar daerah dan luar negeri, namun kebanyakan masyarakat Lampung lebih memilih minum kopi di rumah masing-masing. Baik saat pagi setelah sarapan, saat kerja, dan sore.

Ada yang menikmati kopi seorang diri sambil mencari ilham. Ada juga yang ngopi berdua, bertiga, dan banyak orang. Kalaupun ke kedai kopi, hanya untuk sarapan dan minum kopi, lalu segera pergi.

(Cek juga: Kuliner Lampung)

Dengan bermunculannya banyak kedai kopi (cafe), warga Bandar Lampung mulai senang untuk makan dan habiskan waktu di luar rumah. Dan mulai bermunculan komunitas-komunitas baru yang sering menjadikan kedai kopi dan cafe sebagai tempat bertemu.

Di sana mereka bisa berdiskusi dan sharing info, serta berbagi pengalamanan kerja, pengalaman berkomunitas, pengalaman jalan-jalan, dan sebagainya. Sebagian hanya ngobrol yang tak jelas juntrungannya menghabiskan waktu luang.

Ini Dia 20 Tempat Ngopi di Bandar Lampung

Kali ini saya akan memberikan referensi kedai kopi/cafe di kota Bandar Lampung yang bisa kamu kunjungi bersama kawan dan keluarga.

Urutan bukan berdasarkan yang terbaik ataupun yang paling lainnya, melainkan acak. Beberapa sudah saya hapus dari list ini karena sudah tutup. Simak ya..

Baca juga yang ini:
* Kopi Sekanak Tanjungpinang, Sensasi Minum Kopi Rempah ala Raja Melayu

Mie Aceh Jamboe Raya - kedai kopi di bandar lampung
(Foto: @mieacehjamboeraya)

Kedai Kopi Aceh Jambo Raya

Lama tinggal di Banda Aceh membuat saya sering teringat akan serunya kumpul-kumpul di banyak kedai kopi di sana. Dibukanya kedai kopi ini menjadi obat rindu saya akan Aceh.

Romantika kumpul-kumpul bareng sahabat kembali terulang di kedai kopi yang ada di jalan Sultan Agung dekat lapangan softball.

Saya ikuti terus perkembangan kedai kopi ini, mulai dari hanya enam meja sampai puluhan meja. Dari sedikit menu sampai banyak menu. Dari sepi sampai ramai setiap malam.

Atmosfir kedai kopi Melayu khas Sumatera sangat terasa. Sangat saya anjurkan bagi yang ingin ajak keluarga atau kumpul bersama kawan-kawan. Soal harga, relatif terjangkau lah untuk anak kost.

Selain kopi, kamu bisa coba mie aceh, nasi goreng, martabak, canai, teh tarik, dan berbagai jus. Buka dari pagi sampai tengah malam. Beberapa ilham BLog ini lahir di kedai kopi ini lho 😉

warung kopi dunia ii - tempat nongkrong di bandar lampung-yopie pangkey
Warung Dunia II, asik buat ngopi pagi.

Warung Kopi Dunia II

Kalau ingin bertemu kawan sambil ngopi malam itu asiknya di kedai kopi Aceh, kalau pagi saya sarankan untuk coba Warung Kopi Dunia II di jalan Kartini.

Letaknya persis sebelum jembatan penyeberangan RM Garuda. Buka dari pagi sampai menjelang tengah hari.

Ini salah satu kedai kopi favorit saya. Di sini saya biasa sarapan dengan lontong sayur, bubur ayam, mie ayam, telur setengah matang. Juga ada kue-kue pasar seperti kelepon, cakwe, dadar gulung, dan lainnya.

keiko bahabia - tempat ngopi di bandar lampung - yopie pangkey
Seduhan kopi di Keiko Bahabia mantab.

Keiko Bahabia

Mau ngopi dan bahagia? Coba deh datang ke Keiko Bahabia di jalan Letjen Ryacudu, tidak jauh dari flyover bypass.

Keiko Bahabia, saya kira itu satu nama seseorang. Ternyata nih, Keiko itu singkatan dari kedai kopi. Sedangkan bahabia adalah plesetan dari bahagia.

Mereka menyediakan beberapa single origin dari beberapa daerah terkenal penghasil kopi di Indonesia. Seperti Gayo, Mandheling, Kintamani, Toraja, dan lainnya. Dengan beberapa pilihan penyeduhan. Juga ada cafelatte dan cappucino.

Kalau bawa uang Rp. 10.000 sampai Rp. 50.000 sudah aman deh duduk-duduk di sini.

Oya, kalau lapar saya suka pesan nasi goreng atau singkong goreng lho. Buka hanya dari sore sampai tengah malam.

Keiko Bahabia ini kedai kopi favorit saya.

Dr Coffee - Tempat ngopi di Bandar Lampung - Yopie Pangkey
Ngopi berdua asik juga di sini.

Dr Coffee

Kedai kopi yang satu ini terletak di Gang PU (Jl. Pagaralam). Dr Coffee menawarkan pilihan Robusta dan Arabica dari berbagai daerah juga.

Namun yang ga kalah penting, mereka punya kopi Ulu Belu, Fajar Bulan, Liwa, Sumber Jaya, Sekincau, dan Air Hitam. Kesemuanya adalah Robusta dari Lampung.

Soal harga, menurut saya masih terjangkau dibandingkan dengan cafe-cafe mahal di kota Bandar Lampung. Di sini kamu bisa beli kopi yang masih bijian atau yang sudah bubuk buat oleh-oleh. Buka dari pagi sampai malam.

Flambojan - tempat ngopi asik di Bandar Lampung
Flambojan – tempat nongkrong asik di Bandar Lampung

Flambojan Cafe

Kedai kopi ini masih bertahan hingga sekarang. Cafe ini sekilas terlihat cantik dan mungil. Membuat saya beberapa kali membatalkan untuk mampir karena tidak ada meja. Namun ternyata itu salah.

Kafe ini memiliki teras di lantai dua dengan 4 (empat) meja yang lumayan besar. Bisa menampung sekitar 20an pengunjung di atas.

Flambojan menawarkan kopi Arabica dari Ethiopia, Gayo, dll. Dan pastinya ada kopi Ulu Belu asal Lampung juga. Cara seduh sama seperti cafe lain. Ada tubruk, V60, Vietnam Drip.

Soal harga juga aman. Bawa uang Rp 100.000,- bisa duduk-duduk minum kopi dan makan cemilan empat orang.

elscoffee - cafe romantis di bandar lampung
(Foto: @elscoffee)

Elscoffee

Coffeeshop yang satu ini juga salah satu tempat ngopi favorit saya dan kawan-kawan. Ada 4 (empat) gerai Elscoffee di kota Bandar Lampung. Di jalan Mayor Salim Batubara, di Jalan Kartini (Hotel Citihub), Mal Boemi Kedaton, dan di Bandara Radin Inten II.

Kalau selewatan pulang kerja, biasanya mampir di jalan Kartini. Saat sedang belanja atau sekitaran Kedaton, yang di MBK juga asik.

Kalau mau yang lengkap minuman dan makanannya, saya sarankan mampir ke gerai yang di jalan Mayor Salim Batubara. Selain makanan dan minumannya enak, tempatnya pun asik buat koleksi foto instagrammu. Salah satu cafe hits di Bandar Lampung.

Yang di Bandara Radin Inten II juga asik. Saya memilih keluar lagi ke Elscoffee kalau masih lama menunggu boarding.

(Lihat ini: Ricoh Theta S, Kamera 360 Untuk Rekan Video dan Foto Jalan-Jalan)

Ros3

Coffeeshop yang satu ini juga jadi favorit saya kalau mau ngopi sambil menunggu mobil dicuci bersih. Salah satu cucian mobil yang menawarkan cafe dengan menu kopi arabica di Bandar Lampung.

Letaknya di jalan KS Tubun, dekat dengan rumah dinas Wakil Gubernur Lampung. Saya biasa datang pagi pukul 09:00. Selain antrian mobil belum banyak, bisa sekalian ngopi pagi di sini.

Kopi Oey - Tempat nongkrong di Bandar Lampung - Yopie Pangkey
Kopi Oey

Kopi Oey

Ga usah ragu kalau mau duduk-duduk di sini bareng kawan-kawan main, kawan kantor, atau keluarga. Ada banyak pilihan menu dan ada pilihan ruangan. Bisa di teras luar, di dalam, di lantai dua, dan teras lantai dua.

Ada juga ruang VIP-nya lho.

Beberapa kali saya gunakan ruang VIPnya untuk kumpul dengan kawan-kawan, sembari membahas masa depan 😀

Kopinya yang khas ditambah cemilan singkong goreng sambal roa, jadi menu favorit beberapa kawan penikmat kopi di Bandar Lampung. Tempatnya di Hotel POP jalan Wolter Monginsidi.

Selebriti Cafe - tempat nongkrong di bandar lampung - yopie pangkey
Selebriti Cafe

Selebriti Cafe

Kalau mau ngopi sambil ngemil makanan nusantara atau western, saya lebih memilih Selebriti Cafe. Suasananya syahdu, bisa duduk-duduk di dalam maupun di teras luar.

Asiknya nih, Selebiriti cafe sering adakan acara live music dengan tema tertentu. Misalnya tribute to Aerosmith, dan lain-lain.

Saya dan kawan-kawan ataupun keluarga suka mampir di sini. Baik untuk ngopi maupun makan malam. Letaknya di jalan Gatot Subroto, Pahoman. Parkiran mobil ada di lantai dasar.

(Baca juga: Santap Sandwich Sambil Nikmati Jazz di Selebriti Cafe)

The Coffee

Pecinta kopi Arabica cocok datang kemari. Jangan ragu pesan espresso-nya. Saat wiken cafe ini ramai banget. Sampai harus parkir agak jauh. Apalagi di sekitarnya juga ada beberapa resto dan cafe.

Alamatnya di Jalan Way Sungkai, Pahoman.

Bagi kamu yang cuma temani kawan dan ga suka kopi, ada pilihan lain kok. Kamu bisa pesan green tea latte, blueberry smoothies, jus buah, hot chocolate. Harga masih terjangkau, mulai 15 ribu rupiah.

N8 Coffee

Yang ini termasuk unik. Mengusung jualan ala foodtruck, N8 Coffee berada di pinggir jalan Zainal Abidin Pagaralam. Menu andalannya juga espresso.

Kalau penasaran mau coba, cari aja di dekat-dekat jalan Pelita 1. Dari arah Tanjungkarang, ada di sebelah kanan sebelum KFC. Harganya sangat terjangkau, dimulai dari Rp. 5000.

Dengar-dengar saat ini mereka sudah membuka gerai di sebuah rumah. Saya belum mencobanya lagi.

Cafe romantis di bandar lampung - The Corner Cafe @thecorner.cafe - foto by @injii
The Corner Cafe – Cafe romantis di Bandar Lampung. (Foto via @thecorner.cafe , by @injii)

The Corner

Cafe yang ini asik buat ngopi dan makan bareng pasangan. Karena suasananya cozy, homey, dan romantis.

Betah duduk berlama-lama di sini. Apalagi makanan ala Asia dan Eropa-nya enak-enak. Kopinya juga enak.

Alamat The Corner di Jalan Prof. M. Yamin. pas di pojokan jalan Wijaya Kusuma.

Flipflopcoffee - cafe di bandar lampung - foto by @andreevkids
Flipflopcoffee, cafe yang asyik di Bandar Lampung. (foto via @flipflopcoffee, by @andreevkids)

Flipflop Coffee

Yang paling sering saya tongkrongi ya cafe yang ini. Suasana di dalamnya asik walau sedikit sempit.

Kalau lagi bete kerja di rumah, bisa kerja di sini. Pesan kopi, makanan, lalu buka laptop.

Alamat di Jalan Pulau Sebuku No.10, Tanjung Baru, Sukabumi, Bandar Lampung. Pas di seberangnya Penginapan Omah Akas yang masih satu keluarga.

coffeeshop di bandar lampung - amnesty coffee
Salah satu Coffeeshop di Bandar Lampung yang sangat saya sarankan.

Amnesty Coffee

Bagi yang benar-benar suka dengan berbagai cita rasa kopi, baiknya datang ke Amnesty Coffee. Terkadang ada koleksi kopi dari berbagai daerah Indonesia bahkan luar negeri di sini.

Soal seduhan, saya percaya banget dengan barista dan pemiliknya. Coba aja sendiri.

Alamat Amnesty Coffee di Jalan Hasanudin A.5 Teluk Betung (Pasar kangkung) Buka pukul 09.00-22.00.

coffee shop di bandar lampung - damaicoffeeroastery
Saya juga sarankan Coffee shop di Bandar Lampung yang ini.

DAMAI Coffee Roastery Lampung

Saya juga berani rekomendasikan cafe yang ini. Kamu bakal mendapatkan kayanya cita rasa kopi di sini.

Jangan ragu ajak ngobrol pemiliknya yang juga hobi fotografi ini. Selain ngopi bakal banyak wawasan yang kita dapat tentang kopi.

Alamat Damai Coffee di Jalan Pangeran Antasari 1B, Bandar Lampung
Buka Hari Selasa-Minggu. Senin libur
Buka pukul: 09.00-21.00 WIB.

Kopi Tjioe - Yopie Pangkey - yopiefranz
Kopi Tjioe

Kopi Tjioe

Kopi Tjioe juga asik buat ngopi. Dari namanya saja kalian sudah tahu kalau cafe ini pasti bergaya oriental. Ngopi ala Melayu akan kamu dapatkan di Kopi Tjioe

Ada beberapa pilihan ngopi. Ada Kopi O, es Kopi O, Kopi Susu, dan lainnya.

Kamu bisa coba roti srikaya, nasi ayam telur asin, Nasi Goreng Master Tjioe, aneka mie termasuk mie tektek kesukaan saya, dan lainnya. Semua makanannya kaya rasa.

Kopi Tjioe berada di Lotus Food Hall, Jalan Raden Intan.

Aura Book and Coffee  - Yopie Pangkey - yopiefranz
Aura Book and Coffee.

Aura Book & Coffee

Yang ini termasuk baru muncul di dunia perkopian di Bandar Lampung. Cafe ini cocok banget untuk kalangan mahasiswa yang mencari tempat makan dan ngopi yang murah di Bandar Lampung, khususnya di seputaran Sukarame.

Saat saya datang makan di Aura Book & Coffee sempat kaget juga saat memesan dan membayar. Harganya di bawah harga normal cafe.

Cobain deh ayam bakarnya, nasi goreng, pempek, dan tentu saja minuman berbahan dasar kopi di sini.

Alamatnya di Jalan Pandawa Raya, Harapan Jaya, Sukarame. Dekat dari Kampus UIN.

Atau buka link ke Google Map ini: Aura Book & Coffee

Tokopi Liepe - Yopie Pangkey - yopiefranz
Tokopi Liepe.

Tokopi Liepe

Bagi kawan-kawan yang mau masuk/baru keluar dari pintu tol Kota Baru Bandar Lampung, bisa mampir minum kopi di Tokopi Liepe.

Buat obat kantuk sebelum bekerja atau sebelum bepergian jauh melalui jalan tol.

Menu-menu makanan dan minuman disini simple, tapi disajikan dengan menarik. Cocok buat duduk-duduk/nongkrong bareng kawan-kawan komunitas.

Cobain Nasi Bakar Ijo dan Ayam Geprek yang menjadi andalannya. Saat saya kemari bersama istri dan mencoba kedua menu tersebut, rasanya memang enak.

Kopi juga ada beberapa pilihan varian dan cara seduh.

Alamat di Perum Korpri Blok D-8 No.7, Jalan Mayjend Ryacudu, Harapan Jaya, Sukarame.

Buka di Google Map: Tokopi Liepe

Ruby Coffee Shop

Coffee Shop ini juga asik buat ngopi dan duduk-duduk santai. Suasana bagian dalamnya asik membuat nyaman. Kalau kita keluar ruangan, bisa menikmati warna-warni lampu-lampu malam hari Teluk Betung.

Ada pilihan menu makanan berat dan makanan ringan. Sekali waktu saya pesan iga bakar, pernah juga nasi goreng, roti bakar.

Kopinya juga ada beberapa varian dan pilihan cara seduh.

Alamat: Emersia Hotel, Jl. Wolter Monginsidi No.70, Bandar Lampung.

Asik juga kalau Jumat malam ke Ruby Coffee Shop, karena ada BBQ Friday Night di Emersia, Nikmati Makan Malam Kaya Rasa

warung mie aceh ata droe - Yopie Pangkey - yopiefranz
Warung Mie Aceh Ata Droe.

Warung Mie Aceh ATA DROE TEUH

Nah ini salah satu tempat ngopi favorit saya. Meskipun judulnya warung Mie Aceh, ada kopi saring khas Aceh di sini.

Jadi selain kedai aceh yang di dekat lapangan softball Way Halim, Warung Mie Aceh ATA DROE TEUH jadi tempat minum kopi favorit di sekitaran Pahoman.

Sama seperti kedai Aceh lain, di sini ada mie aceh, nasi goreng, martabak, dan kopi.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.30, Pahoman. Dekat stadion Pahoman, di seberang MAsjid Al -Muslimin.

Sudah coba semua tempat ngopi di Bandar Lampung ini?

Kamu sudah coba tempat ngopi yang mana saja? Atau mungkin sudah datang ke semua tempat hits di atas ya.. Kalau ada tempat nongkrong di Bandar Lampung yang perlu saya datangi, silakan isi di kolom komentar ya..

Karena saya yakin masih banyak tempat yang belum saya datangi dan coba suasananya.

Selamat ngopi…


44 Comments

  1. yang belum pernah saya nyoba :
    Ros3 (maklum kendaraan saya blm ada atepnya om wkwkw), cocotiers, hardi’s, sama the coffee.. yang laennya alhamdulillah udah pernah coba semua.. hahaha…

    ada dua lagi om yg sering saya tongkrongin, coffee paste di kemiling sama Warung Kopi Dunia III di antasari 😀

  2. Duh, sayang nggak bisa ngopi. Jantung dag dig dug ser kalau minum kopi. Tapi sering nongkrong di cafeee tapi minum yang lainnya. Reomended nih, bagi para pecinta kopi

  3. Wah. Well noted banget, mas. Pas banget aku peminum kopi, ternyata Lampung juga banyak coffee shop ya kayak di Bandung sini. Tapi kalau ngopi di Lampung pengennya yang kopi Lampung atau kopi nusantara, jadi kayaknya Kedai Kopi Aceh Jambo Raya dan Dunia II yang paling cocok 🙂

  4. Wah, nice info! Aku baru coba 5 dr 15 yg ada di atas. Masih byk yg perlu dicobain kyknya. Sekarang sih udah gak sesering dulu ngopinya, rada insyaf. Hahaha.. Oiya, buat sebagian orang, buat menilai (kedai) kopinya enak atau nggak, yg dicoba adalah kopi hitamnya. Kalo aku sih justru menilai dr seserius apa bikin coffe lattenya. Karena nyatanya banyak kedai kopi yg masih sembarangan asal campur aja kopi sm susunya. Kopinya enak tp kalo gak pas komposisi campurannya ya gak asik. Hehehe…Yuk lah om, kapan kita ngopi bareng lagi

  5. 1 lagi yg lagi nge hitz dilampung blm masuk list.. wiseman coffeehouse… itu tmpat gk kalah cozy nyaa.. heehee…

  6. Yang Flambojan Cafe bentuknya unik, ya. Sayang, saya belum satu pun pernah ke tempat2 ini. Penyuka kopi, tapi terpaksa sementara jauh2 dari kopi. Belakangan asam lambung suka kumat kalo minum kopi. Tapi, kapan2 mau deh, nyobain. Terutama yang di Jl. Kartini dan ZA Pagaralam. Sering ngelewatin, soalnya.

  7. wow Lapak Kopi skrg tampilannya gaya sekali dr tempat lama yg dulu sederhana cm di teras dan garasi rumah, pengen ke Bandar Lampung lg cafe hopping, klo aku kesini ajakin ya bang, penasaran sm mie dan kopi aceh di warung kopi aceh jambo raya itu

  8. Wah pengen jg buka usaha kedai kopi,namanya KeJaCo (Kedai Jalan Coffe). tepatnya di jalan kopi samping SLTP 22 BaLam.pas bgt dgn nama jlnnnya…
    Sekalian nostalgia dgn SLTP 22 BaLamnya,maklum alumninya.hehehe..

    • kalau ke Lampung lagi, jumlah kedai kopinya sudah nambah. Jadi mesti nambah hari juga, jangan cuma 3 hari 😀

  9. IC Coffee, Om yang kalo siang buat jualan mobil. LOL. Ada juga Kedai Anak Lanang. Ada juga Coffee Paste. Terus Pacar Hitam Bandar Lampung… emmm… apalagi ya? Btw, Hardi’s sekarang udah tutup lagi ya Om?

  10. Wah, bisa minta ditemenin bang Yopie ngopi-ngopi nih nanti kalau lagi pulang ke Lampung. Pokok e ke tempat yg menurut bang Yopie paling mantab kopinya dah, manut wae…

  11. Bung Yopie, coba cek Galigo di seberang Fitrinofanr Swalayan Labuhab Ratu…..

    Sederhana tapi tempat teduh banyak pohon. Kopinya juga enak

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pengalaman Naik Taksi Uber di Bandar LampungCerita dan Foto Jalan-jalan @yopiefranz
  2. Pengalaman Naik Taksi Uber di Bandar LampungCerita dan Foto @yopiefranz
  3. Nasi Liwet Sambel Alu, Gurih dan Enaknya KebangetanCerita dan Foto @yopiefranz

Comments are closed.