15 Tempat Ngopi di Bandar Lampung

tempat ngopi di bandar lampung - yopie pangkey

Flambojan Cafe

Tempat Nongkrong di Bandar Lampung – Kalau dulu bingung mau cari tempat nongkrong di Bandar Lampung, sekarang ini di pertengahan tahun 2016 sudah bingung pilih tempat yang mana. Sudah banyak bermunculan kafe-kafe yang menawarkan berbagai macam kopi dari beberapa daerah di Lampung, Indonesia, bahkan mancanegara. Bermunculan tempat ngopi yang asik. Menambah daftar kuliner Lampung yang sudah saya kunjungi, dan akan saya kunjungi. Terutama kuliner kedai kopi πŸ™‚

Dari dulu Lampung memang terkenal sebagai penghasil kopi di Indonesia. Meskipun banyak mengirim kopi ke luar daerah dan luar negeri, namun kebanyakan masyarakat Lampung lebih memilih minum kopi di rumah masing-masing. Baik saat pagi setelah sarapan, saat kerja, dan sore. Ada yang menikmati kopi seorang diri sambil mencari ilham. Ada juga yang ngopi berdua, bertiga, dan banyak orang. Kalaupun ke kedai kopi, hanya untuk sarapan dan minum kopi, lalu segera pergi.

(Cek juga: Kuliner Lampung)

Dengan bermunculannya banyak kedai kopi (cafe), warga Bandar Lampung mulai senang untuk makan dan habiskan waktu di luar rumah. Dan mulai bermunculan komunitas-komunitas baru yang sering menjadikan kedai kopi dan cafe sebagai tempat bertemu. Di sana mereka bisa berdiskusi dan sharing info. Sebagian hanya ngobrol yang tak jelas juntrungannya menghabiskan waktu luang.

Nah. Kali ini saya akan memberikan referensi kedai kopi/cafe di kota Bandar Lampung yang bisa kamu kunjungi bersama kawan dan keluarga. Urutan bukan berdasarkan yang terbaik ataupun yang paling lainnya, melainkan acak. Simak ya..

Kedai Kopi Aceh Jambo Raya
Lama tinggal di Banda Aceh membuat saya sering teringat akan serunya kumpul-kumpul di banyak kedai kopi di sana. Dibukanya kedai kopi ini menjadi obat rindu saya akan Aceh. Romantika kumpul-kumpul bareng sahabat kembali terulang di kedai kopi yang ada di jalan Sultan Agung dekat lapangan softball.

Warung Mie Aceh Jambo Raya. #RicohThetaS #bandarlampung #lampung #theta360 – Spherical Image – RICOH THETA

Saya ikuti terus perkembangan kedai kopi ini, mulai dari hanya enam meja sampai puluhan meja. Dari sedikit menu sampai banyak menu. Dari sepi sampai ramai setiap malam. Atmosfir kedai kopi Melayu khas Sumatera sangat terasa. Sangat saya anjurkan bagi yang ingin ajak keluarga atau kumpul bersama kawan-kawan. Soal harga, relatif terjangkau lah untuk anak kost.

Selain kopi, kamu bisa coba mie aceh, nasi goreng, martabak, canai, teh tarik, dan berbagai jus. Buka dari pagi sampai tengah malam. Beberapa ilham BLog ini lahir di kedai kopi ini lho πŸ˜‰

warung kopi dunia ii - tempat nongkrong di bandar lampung-yopie pangkey

WarungΒ Kopi Dunia II
Kalau ingin bertemu kawan sambil ngopi malam itu asiknya di kedai kopi Aceh, kalau pagi saya sarankan untuk coba WarungΒ Kopi Dunia II di jalan Kartini. Letaknya persis sebelum jembatan penyeberangan RM Garuda. Buka dari pagi sampai menjelang tengah hari.

Ini salah satu kedai kopi favorit saya. Di sini saya biasa sarapan dengan lontong sayur, bubur ayam, mie ayam, telur setengah matang. Juga ada kue-kue pasar seperti kelepon, cakwe, dadar gulung, dan lainnya.

keiko bahabia - tempat nongkrong di bandar lampung - yopie pangkey

Keiko Bahabia
Mau ngopi dan bahagia? Coba deh datang ke Keiko Bahabia di jalan Letjen Ryacudu, tidak jauh dari flyover bypass. Keiko Bahabia, saya kira itu satu nama seseorang. Ternyata nih, Keiko itu singkatan dari kedai kopi. Sedangkan bahabia adalah plesetan dari bahagia.

Mereka menyediakan beberapa single origin dari beberapa daerah terkenal penghasil kopi di Indonesia. Seperti Gayo, Mandheling, Kintamani, Toraja, dan lainnya. Dengan beberapa pilihan penyeduhan. Juga ada cafelatte dan cappucino.
Kalau bawa uang Rp. 10.000 sampai Rp. 50.000 sudah aman deh duduk-duduk di sini.

Oya, kalau lapar saya suka pesan nasi goreng atau singkong goreng lho. Buka hanya dari sore sampai tengah malam.

Dr Coffee - Tempat nongkrong di Bandar Lampung - Yopie Pangkey

Dr Coffee

Dr Coffee
Nah kalau yang satu ini terletak di Gang PU (Jl. Pagaralam). Dr Coffee menawarkan pilihan Robusta dan Arabica dari berbagai daerah juga. Namun yang ga kalah penting, mereka punya kopi Ulu Belu, Fajar Bulan, Liwa, Sumber Jaya, Sekincau, dan Air Hitam. Kesemuanya adalah Robusta dari Lampung.

Soal harga, menurut saya masih terjangkau dibandingkan dengan cafe-cafe mahal di kota Bandar Lampung. Di sini kamu bisa beli kopi yang masih bijian atau yang sudah bubuk buat oleh-oleh. Buka dari pagi sampai malam.

Lapakkopi
Dulu lebih dikenal dengan Lapak Kopi Esia, karena mereka buka di area parkir kantor Esia. Mereka hanya fokus jualan kopi dari Lampung Barat. Karena pemiliknya adalah asli Lampung Barat. Penyajian kopinya yang bisa bermacam-macam sesuai selera kamu.

Buka hanya sore sampai tengah malam. Kalau mau coba bisa mampir di RM Cikwo. Lapakkopi ada di situ.

Flambojan - tempat nongkrong di bandar lampung - yopie pangkey

Flambojan Cafe
Sangat sering lewat cafe ini, tapi baru seminggu terakhir saya mampir. Itupun karena ajakan salah seorang rekan yang ajak ngobrol santai. Cafe ini sekilas terlihat cantik dan mungil. Membuat saya beberapa kali membatalkan untuk mampir karena tidak ada meja. Namun ternyata itu salah. Kafe ini memiliki teras di lantai dua dengan 4 (empat) meja yang lumayan besar. Bisa menampung sekitar 20an pengunjung di atas.

Flambojan menawarkan kopi Arabica dari Ethiopia, Gayo, dll. Dan pastinya ada kopi Ulu Belu asal Lampung juga. Cara seduh sama seperti cafe lain. Ada tubruk, V60, Vietnam Drip. Terus soal harga juga aman. Bawa uang Rp 100.000,- bisa duduk-duduk minum kopi dan makan cemilan empat orang.

(Lagi di Kalianda? coba ini: Kedai Kopi Pacar Hitam)

Elscoffee
Nah yang satu ini juga salah satu tempat ngopi favorit saya dan kawan-kawan. Ada 3 (tiga) gerai Elscoffee di kota Bandar Lampung. Di jalan Mayor Salim Batubara, di Jalan Kartini (Hotel Citihub), dan di Mal Boemi Kedaton. Kalau selewatan pulang kerja, biasanya mampir di jalan Kartini. Saat sedang belanja atau sekitaran Kedaton, yang di MBK juga asik.

Kalau mau yang lengkap minuman dan makanannya, saya sarankan mampir ke gerai yang di jalan Mayor Salim Batubara. Selain makanan dan minumannya enak, tempatnya pun asik buat koleksi foto instagrammu.

Yellowtruck - tempat nongkrong di bandar lampung - yopie pangkey

Duniaindra, salah satu pelanggan yellowtruck, sedang asik bekerja di laptopnya.

Yellowtruck
Kalau mau kumpul rame-rame bareng kawan komunitas, saya pilih Yellowtruck. Selain karena kebanyakan kawan yang saya ajak kumpul itu rumahnya di sekitaran Labuhan Ratu, tempatnya juga asik buat foto-foto. Juga ada ruang nosmoking, yang cocok buat saya.

Beberapa kali saya kumpul dengan kawan-kawan di sini. Ngopi sambil ngobrol ngalor ngidul, menunggu sore.

Kopi Oey - Tempat nongkrong di Bandar Lampung - Yopie Pangkey

Menu favorit saya di Kopi Oey

Kopi Oey
Ga usah ragu kalau mau duduk-duduk di sini bareng kawan-kawan main, kawan kantor, atau keluarga. Ada banyak pilihan menu dan ada pilihan ruangan. Bisa di teras luar, di dalam, di lantai dua, dan teras lantai dua. Ada juga ruang VIP-nya lho. Beberapa kali saya gunakan ruang VIPnya untuk kumpul dengan kawan-kawan, sembari membahas masa depan πŸ˜€

Kopinya yang khas ditambah cemilan singkong goreng sambal roa, jadi menu favorit beberapa kawan penikmat kopi di Bandar Lampung. Tempatnya di Hotel POP jalan Wolter Monginsidi.

Ros3 Carwash and Cafe, di jalan KS Tubun, Rawa Laut, Pahoman. #RicohThetaS #BandarLampung #Lampung #theta360 – Spherical Image – RICOH THETA

(Lihat ini: Ricoh Theta S, Kamera 360 Untuk Rekan Video dan Foto Jalan-Jalan)

Ros3
Nah yang ini juga jadi favorit saya kalau mau ngopi sambil menunggu mobil dicuci bersih. Satu-satunya cucian mobil yang menawarkan cafe dengan menu kopi arabica di Bandar Lampung.

Letaknya di jalan KS Tubun, dekat dengan rumah dinas Wakil Gubernur Lampung. Saya biasa datang pagi pukul 09:00. Selain antrian mobil belum banyak, bisa sekalian ngopi pagi di sini.

Selebriti Cafe - tempat nongkrong di bandar lampung - yopie pangkey

Selebriti Cafe
Kalau mau ngopi sambil ngemil makanan nusantara atau western, saya lebih memilih Selebriti Cafe. Suasananya syahdu, bisa duduk-duduk di dalam maupun di teras luar. Asiknya nih, Selebiriti cafe sering adakan acara live music dengan tema tertentu. Misalnya tribute to Aerosmith, dan lain-lain.

Saya dan kawan-kawan ataupun keluarga suka mampir di sini. Baik untuk ngopi maupun makan malam. Letaknya di jalan Gatot Subroto, Pahoman. Parkiran mobil ada di lantai dasar.

(Baca juga: Santap Sandwich Sambil Nikmati Jazz di Selebriti Cafe)

Chocotiers
Kalau sedang berada di sekitar Pahoman, saya juga suka mampir di cafe ini. Apalagi kalau sedang penjurian lomba foto @kelilinglampung_ @focusone.id, ini tempat favorit kami untuk memilih-milih foto. Tempatnya asik dan syahdu lho..

Letaknya di jalan Gatot Subroto Pahoman di sebelah kiri, setelah fly over Stadion-Gajah Mada (dari arah Tugu Adipura).

Hardi’s Espresso Bar
Cafe ini baru dua kali saya kunjungi. Tempatnya juga asik, walaupun kita agak susah masuk kalau dari arah Jalan Sudirman dan Jalan Diponegoro. Mesti berputar dulu untuk masuk ke jalan Raden Intan. Saat berbelok di Tugu Adipura ke jalan A Yani, siap-siap untuk masuk ke cafe ini. Jangan sampai terlewat.

Ada pilihan kopi Robusta dan Arabica di sini. Belum banyak mencicip makanannya. Tapi cukup OK kalau kamu ajak kawan-kawan ataupun keluarga. Beberapa bagiannya juga asik buat foto-foto πŸ™‚

The Coffee
Pecinta kopi Arabica cocok datang kemari. Jangan ragu pesan espresso-nya. Saat wiken cafe ini ramai banget. Sampai harus parkir agak jauh. Apalagi di sekitarnya juga ada beberapa resto dan cafe. Terletak di Jalan Way Sungkai, Pahoman.

Bagi kamu yang cuma temani kawan dan ga suka kopi, ada pilihan lain kok. Kamu bisa pesan green tea latte, blueberry smoothies, jus buah, hot chocolate. Harga masih terjangkau, mulai 15 ribu rupiah.

N8 Coffee - tempat nongkrong di bandar lampung - yopie pangkey

N8 Coffee

N8 Coffee
Nah ini yang unik. Mengusung jualan ala foodtruck, N8 Coffee berada di pinggir jalan Zainal Abidin Pagaralam. Menu andalannya juga espresso.

Kalau penasaran mau coba, cari aja di dekat-dekat jalan Pelita 1. Dari arah Tanjungkarang, ada di sebelah kanan sebelum KFC. Harganya sangat terjangkau, dimulai dari Rp. 5000.

Sudah coba Semua?

Kamu sudah coba tempat ngopi yang mana saja? Atau mungkin sudah datang ke semua tempat di atas ya.. Kalau ada tempat nongkrong di Bandar Lampung yang perlu saya datangi, silakan isi di kolom komentar ya.. Karena saya yakin masih banyak tempat yang belum saya datangi dan coba suasananya.
Selamat ngopi…