Celotehan Mama Rayyaan, Media Berekspresinya Heni Puspita

Heni Puspita - Tapis Blogger Lampung

(Foto: https://www.facebook.com/rayyaanfathurrahman )

Pertemanan itu berjalan seiring waktu. Apalagi kita hidup di dunia yang dinamis, setiap saat bisa berubah seiring kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar kita. Termasuk saat saya berkenalan dengan beberapa blogger Lampung, yang seakan muncul tiba-tiba setelah beberapa komentar di Facebook (kemarin-kemarin saya kemana ajah..). Termasuk bertemu dengan Heni Puspita, yang hampir selalu ada cerita Rayyaan, anak laki-laki-nya, di artikel blognya.

Berawal dari Facebook
Berawal dari sahut-sahutan di Facebook, akhirnya kami bertemu di acara Pembukaan Lampung Krakatau Festival 2016 yang berlangsung di Mal Boemi Kedaton, Rabu (24/08/2016). Bukan hanya mbak Heni Puspita saja yang datang hari itu. Ada juga beberapa kawan baru yang akhirnya membentuk sebuah komunitas Blogger Lampung, bernama Komunitas Tapis Blogger.

Oya, di acara Pembukaan Lampung Krakatau Festival 2016 itu juga saya melihat Rayyaan. Anak yang lincah, dan saya menebak dia cerdas. Itu semua saya yakin karena didikan orangtuanya. Apalagi orangtuanya, mbak Heni, menjadikan ‘Celotehan Mama Rayyaan’ sebagai tagline blog http://www.henipuspita.net/. Tentunya ikatan emosional antara mama dan anak itu begitu kental di artikel-artikelnya.

tapis-blogger-bersama-yustin-ficardo

Di acara pembukaan Lampung Krakatau Festival 2016, Rayyaan foto bareng bu Yustin Ficardo, istri Gubernur Lampung 😀

Seperti salah satu isi blognya yang saya kunjungi pertama kali lantaran muncul di urutan pertama pencarian Google. Artikel tersebut mengenai Rumah Makan Bengkel Perut di kota Metro. Sebuah rumah makan yang asik yang dikelilingi oleh sawah yang menyegarkan mata. Di situ mbak Heni selalu menceritakan bahwa Rayyaan suka sekali melihat ikan-ikan yang ada di situ. Selain menceritakan pecel lele yang dipesankan untuk Rayyaan 😀

Sekilas tentang Blog henipuspita.net
Mbak Heni mengaku kalau dia itu sudah mulai ngeblog sejak masa kuliah. Hanya saja belum konsisten saat itu. Mirip-mirip kayak saya sekarang ini lah (hehe). Baru sekitar satu setengah tahun terakhir ini lebih serius ngeblog.

Saat blogwalking (BW) ke Celotehan Mama Rayyaan, saya lihat memang ibu rumah tangga berusia 32 tahun ini lumayan aktif menulis. Di bulan Februari, ada limabelas postingan. April tigabelas postingan, dan September ada sepuluh. Kalau dalam satu bulan ada lima belas postingan, berarti rata-rata produksi empat artikel setiap minggunya. Waahh,, jadi minder 😀

Pembacanya juga mayoritas perempuan, paling banyak rentang usia 25-34 tahun diikuti rentang usia 18-24 tahun. Sesuai dengan kategori tulisannya yang banyak membahas parenting, kesehatan, dan resep. Selain tips & tutorial, jalan-jalan, dan wisata kuliner.

tapis-blogger-komunitas-blogger-lampung-1

Bertemu lagi di acaranya Forum Lingkar Pena Lampung.

Blog itu Media Berekspresi
Nah sekarang kita kulik-kulik kenapa sih beliau ini ngeblog. Saat saya tanya, pemilik www.letsplayandlearn.net yang bertema kegiatan anak khususnya anak usia balita ini ga segan menjawab. “Blog itu berfungsi sebagai media berekspresi dan menyalurkan hobi. Juga sebagai catatan pribadi, khususnya mengenai pendidikan dan kegiatan-kegiatan bersama anak.”

Dan yang ga kalah penting, blog itu sebagai media berbagi. Berbagi kebaikan pastinya ya. Pengalaman jalan-jalan bersama suami dan anak misalnya, bisa jadi sumber inspirasi bagi pembaca atau kawan-kawan lain. Seperti di salah satu artikelnya dikatakan, “Sebelum pergi berlibur kita memang harus memastikan anak dalam kondisi fit ya. Tapi kita tetap perlu membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga. Bagaimana tahu kalau Rayyaan demam? Ya dicek dengan termometer dong”.

tapis-blogger-komunitas-blogger-lampung-2

Foto bersama sebelum lahirnya Tapis Blogger. Senang dapat kawan-kawan baru.

Ngeblog itu Banyak Manfaat
Ngomong-ngomong soal manfaat dari ngeblog, mbak Heni Puspita bilang banyak banget. Dari blog, beliau ini bisa punya banyak kawan yang sehobi, baik hobi ngeblog maupun hobi soal makanan, jalan-jalan dan parenting. Terus bisa dapat hadiah hasil dari GiveAway atau lomba blog. Dan tentunya juga bisa dapat tambahan penghasilan lho. Nulisnya menyenangkan, manfaatnya juga mengasikkan.

Gimana ngeblog kalau menurutmu kawan…?

Nah, kalau kamu mau tahu dan lebih kenal lagi dengan mbak Heni Puspita, langsung saja kunjungi blognya, http://www.henipuspita.net/. Di situ kita bisa melihat kegiatannya sebagai salah satu anggota Komunitas Tapis Blogger. Juga banyak hal-hal bermanfaat mengenai parenting, kesehatan, resep, tips & tutorial, jalan-jalan, dan wisata kuliner.