Inilah 47 Pantai Menarik di Lampung yang Bisa Kamu Kunjungi

Ujung Bocor - Tanjung Setia - Budhi Marta Utama

Pantai Ujung Bocor di Tanjung Setia. (Foto Udara oleh: Budhi Marta Utama)

PANTAI DI PESISIR BARAT

Pesisir Barat mempunyai pantai yang memanjang membentang dari Pesisir Selatan sampai Pesisir Utara. Banyak pantai-pantai indah yang masih alami tentunya.

30. Pantai Tanjung Setia

Sudah terkenal di kalangan peselancar nusantara dan mancanegara. Bagi orang awam mungkin pantainya biasa saja, tidak beda dengan pantai lain. Yang dicari para peselancar di Pantai Tanjung Setia tentu saja ombaknya yang ideal untuk berselancar. Dari berbagai referensi di sebutkan bahwa ombak di sini adalah salah satu ombak terbaik di dunia untuk surfing. Terletak sekitar 25 (dua puluh lima) kilometer ke arah Tenggara dari Krui.

pantai di pesisir barat

Suasana sunset di Pantai Pesisir Barat.

Jalur Lintas Barat Sumatera - Budhi Marta Utama

Jalur Lintas Barat Sumatera – Budhi Marta Utama

(Baca ini juga ya: Mengejar Sunset di Pantai Pesisir Barat Lampung)

31. Pantai Mandiri

Berada di tengah-tengah antara Krui dan Pantai Tanjung Setia. Pantai Mandiri sering dijadikan tempat bodysurfing dan berlatih surfing. Tidak bayar untuk mampir berhenti di sini. Bentangan pantainya juga panjang. Suasana rindang oleh banyaknya pohon kelapa.

32. Pantai Labuhan Jukung

Berada di Ibukota Kabupaten Pesisir Barat, Krui, Pantai Labuhan Jukung sangat ramai dikunjungi wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara, dan penduduk lokal Krui. Di sini banyak tersedia warung makan dan homestay.Kamu bisa belajar surfing di sini dengan bantuan banyak surfer lokal Krui yang sudah mahir.

Pantai Tebakak - Budhi Marta Utama

Pantai Tebakak

Labuhan Jukung - Budhi Marta Utama

Pantai Labuhan Jukung

33. Pantai Tebakak

Banyak batu karang berukuran besar di sini. Menurut saya pantai ini begitu indah, terutama bagi yang suka foto lanskap. Di pantai ini ada perahu penumpang bagi yang ingin menyeberang ke Pulau Pisang. Terletak di tepi jalan lintas Barat menuju Bengkulu. Sekitar 16 (enam belas) kilometer dari Krui dengan waktu tempuh 30 (tiga puluh) menit.

34. Pantai Melasti

Dinamakan Melasti sepertinya karena banyak warga asal Bali yang tinggal di sekitar sini. Mereka rutin mengadakan ritual Melasti di tepi pantai tiap tahunnya menjelang Nyepi. Di pantai ini ada sebuah pura. Pantainya serupa dengan pantai lainnya di sepanjang Pesisir Barat. Pasir putih halus dengan ombak yang cukup besar.

pantai cantik di pesisir barat - yopie pangkey - 2

kawan-kawan penerbang paramotor suka latihan di pantai Cantik, Pesisir Barat.

pantai cantik di pesisir barat - yopie pangkey

Pantai Cantik, seperti padang pasir.

35. Pantai Cantik, Bengkunat

Saya tahu pantai ini saat diajak camping bersama kawan-kawan paramotor yang tergabung dalam Krakatu Flying Club. Pantai pasirnya cukup luas, terlihat seperti padang pasir dari sudut tertentu. Ada cerita mengerikan dibalik namanya yang cantik, menurut cerita seorang warga setempat. Mungkin saja nama aslinya bukan pantai Cantik 🙂

36. Pantai Muara Tembulih

Di pantai Muara Tembulih terdapat penangkaran penyu. Namun sayangnya fasilitas ini sudah tidak terpelihara lagi. Saya termasuk beruntung sudah beberapa kali mampir untuk melihat penyu-penyu yang ditangkar di sini.

37. Pantai Walur

Di Pantai Walur kita bisa menikmati keindahan pasirnya yang putih dengan rerumputan hijan ke arah daratan. Pantainya landai dan ombaknya tidak terlalu besar, membuatnya aman untuk berenang. Banyak penginapan di sekitar pantai ini.

Tukik Muara Tembulih - pesisir barat - yopie pangkey

Tukik yang akan memasuki dunia baru dalam hidupnya, lautan luas di Samudera Indonesia.

38. Pantai Tampang – Belimbing

Mendapat kesempatan langka untuk mendatangi Tambling Wildlife Nature Conservation di tahun 2012. Tempatnya begitu alami dan segar. Bahkan menurut penjelasan kadar O2 di sana itu adalah 100%. Dan itu benar-bener berasa di saya. Saat pergi saya dalam keadaan sakit, batuk tak sembuh-sembuh hampir satu bulan. Baru menginap satu malam, hari kedua paru-paru saya sudah berasa segar.

Soal keindahan alam, ga usah ditanya. Banyak spot-spot cantik di sini. Namun kalau mau kemari. Saya susah jelaskannya. Satu pengalaman tak terlupakan pernah berada di tempat yang benar-benar terisolasi.

Pantai di ujung landasan - Tambling Wildlife Nature Conservation TWNC - Yopie Pangkey

Pantai di ujung landasan – Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC)

PANTAI DI TANGGAMUS

Tanggamus memiliki pantai yang belum diketahui banyak orang. Namun beberapa sudah menjadi tujuan wisata wisatawan nasional dan mancanegara. Walaupun masih bersifat wisata minat khusus, bukan wisata massal.

39. Pantai Teluk Kiluan

Melihat lumba-lumba bisa dari mana saja. Teluk Kiluan yang dipilih karena pantai di sini begitu indah dan masih alami. Favorit saya adalah pantai yang berada di sebelah Timur dan Tenggara-nya pulau Kelapa. Seperti pantai yang dikelola oleh cottage among Haji ataupun @kiluandolphin. Tak sebanyak di Teluk Lampung, di pantai ini ada beberapa spot snrokeling sebagai daya tarik tambahan dari daya tarik utama berupa atraksi lumba-lumba di habitat aslinya.

Laguna Gayau - Teluk Kiluan - Yopie Pangkey - 1

Laguna Gayau di belakang bebukitan Teluk Kiluan.

Pantai Pegadungan - yopie pangkey

Pantai Pegadungan

Tempat wisata yang indah di indonesia - Batu layar Pegadungan - yopie pangkey

Batu layar Pegadungan yang eksotis.

40. Pantai Pegadungan

Saya dan Budhi Marta sungguh beruntung bisa mendatangi tempat ini saat menemani kawan seniman yang survey lokasi melukis masal oleh 80an pelukis Lampung dan nasional. Saat pertama melihat susunan batu layar-nya, Budhi Marta Utama sangat yakin kalau Pantai Pegadungan bakal ramai didatangi oleh fotografer lanskap. Sekarang sudah terbukti, anak-anak muda dengan bekal kamera HP pun sampai niat kemari untuk foto-foto.

Untuk memudahkan orang lain tertarik dengan batu layar di pantai Pegadungan, Budhi Marta menjulukinya dengan nama Gigi Hiu. Ujung-ujungnya yang tajam menyerupai gigi hiu, mengilhami Budhi untuk menjulukinya seperti itu.

Dan sekarang salah satu pantai di Lampung ini sudah sangat terkenal. Sampai-samapi film Nekad Traveler pun syuting di Gigi Hiu Pantai Pegadungan Lho. Pemeran utamanya, Maudy Ayunda, sangat terpukau dengan pantai dan susunan batu karang di sini.

(Baca ini juga ya: Panorama Eksotik Teluk Kiluan dan Gigi Hiu)

pantai teluk paku - yopie pangkey

Pantai teluk paku, banyak batu hitam untuk hiasan taman di kota.

Batu nyerbu teluk paku - yopie pangkey

Batu Nyerbu Teluk Paku.

Batu Serbu Teluk Paku - - Budhi Marta Utama

Batu Serbu Teluk Paku (Foto: Budhi Marta Utama)

41. Pantai Teluk Paku

Kali kedua bertandang ke Kelumbayan, saya dan Budhi Marta mencoba ke Teluk Paku. Waktu itu kondisi jalannya lumayan membuat saya menyesal membawa motor bebek baru yang saya cicil pembayarannya, hehehe. Namun melihat keindahan yang saya datangi, penyesalan itu jadi tidak berasa. Di Pantai Paku terdapat batu nyerbu. Sebuah batu yang menyemburkan air laut yang datang menerpa, dan memasuki lubang di bawahnya. Karena hempasan kuat dan tekanan besar di bawah karang, air laut tersebut bisa menyembur keluar melalui lubang di batu karang tersebut. (https://www.instagram.com/p/vgE0xkiEXz/)

42. Pantai Putih Doh

Terletak di kecamatan Cukuh Balak, di pantai ini terdapat karang putih besar yang berada beberapa meter dari garis pantai. (Lokasi Pantai Putih Doh, Cukuh Balak)

43. Pantai Terbaya

Pantai ini adalah pantai yang sering dikunjungi warga Kotaagung. Berada persis di kiri jalan sebelum memasuki pusat kota. Pantai ini berpasir coklat dan banyak batu-batu kecil. Meskipun tidak berpasir putih yang lembut, tidak mengurangi keinginan untuk berkunjung di sini.

44. Pantai Mulang Sayang

Terletak di Kecamatan Pematang Sawa. Sebelah Barat Daya Kotaagung, sekitar 1 jam berkendara. Minim informasi yang saya cari terkait pantai ini.

45. Pantai Tengor atau Karang Bebay

Berada di Pekon Tengor Kecamatan Cukuh Balak. Pantai ini memiliki karang-karang besar seperti di Pegadungan. Namun bebatuannya yang berbeda. Menjadi salah satu destinasi anak muda yang hobi berpetualang di Lampung.

46. Pantai Batu Kebo, Pehabung

Terletak di Pekon Sukabanjar Kotaagung Timur. Sepi dan indah. Karang di sini bewarna kemerahan dan batu-batu bulat hitam. Masuknya dari jalan masuk kantor Kecamatan Kotaagung Timur.

47. Pantai Gung Wani

Pantai ini dusun Batu Suluh, tersembunyi di balik bukit terakhir sebelum menuju Pantai Pegadungan dari arah Kiluan. Kita harus menaiki dan menuruni bukit untuk mencapai pantai ini. Butiran pasirnya besar dan berbatu karang. Saya suka beristirahat di Batu Suluh meski tidak harus ke Gung Wani. DI Batu Suluh pantainya juga cantik.

Masih Banyak Pantai Lain di Lampung

Selain pantai-pantai di atas yang sudah disebutkan, saya yakin masih banyak lagi yang belum disebutkan dan belum banyak didatangi oleh wisatawan. Pantai di Lampung sangat banyak, apalagi panjang garis pantai kita 1.185 km. Bangga tempat wisata yang indah di Indonesia beberapanya ada di Lampung. Dan saya masih ingin menambah daftar kunjungan lain selain yang sudah ditulis di atas. Menambah daftar potensi pariwisata Lampung 🙂

Bagaimana dengan kamu?