Banana Foster Lampung, Oleh-oleh Kekinian dari Bandar Lampung

Banana Foster Lampung, oleh-oleh kekinian khas Bandar Lampung – Ga sabar buat beli banana cake ala Banana Foster Lampung . Sudah kebayang jalan-jalan Keliling Lampung ke banyak tempat wisata di Lampung, sambil ngemil cake dengan bahan dasar pisang.

Atau kalau ada kawan-kawan yang datang ke Lampung dan mau beli oleh-oleh. Bisa saya sarankan untuk beli cake yang bahan dasarnya pisang Lampung. Atau kalau saya mau pergi keluar kota bisa bawa banana foster Lampung ini sebagai oleh-oleh untuk saudara-saudara di luar Lampung.

Jadi bertambah pilihan oleh-oleh khas Bandar Lampung. Dengan bahan dasar hasil perkebunan pisang yang ada di Lampung, Banana Foster Lampung menawarkan oleh-oleh kekinian.

Banana Foster Lampung - cake pisang - oleh-oleh Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 3

Kadek Witarsa, Hengky Kurniawan, dan Sigit Pamungkas. 3 awak Banana Foster Lampung yang menyambut hangat kami.

Meet and Greet Artis Hengky Kurniawan

Rabu (17/05/2017) malam, saya dan istri diundang, melalui Tapis Blogger, untuk menghadiri acara Meet and Greet bersama artis Hengky Kurniawan. Lokasinya di Hotel Batiqa di Jalan Sudirman Pahoman.

Kemasan acara Meet and Greet ini tentu saja untuk mengangkat akan bukanya gerai Banana Foster Lampung di Bandar Lampung. Karena pemiliknya ternyata Hengky Kurniawan itu sendiri.

Tadinya agak ragu bisa datang. Karena siang sampai sore saya masih berada di dusun Larangan Pulau Pahawang. Mengikuti acara kawan-kawan Komunitas Senyum, yang mengajak anak-anak pulau Pahawang lomba menggambar dan mewarnai.

Alhamdulillah, sorenya saya dan istri bisa pulang dari pulau Pahawang menggunakan speedboat. Sampai di rumah sebelum magrib. Selesai magrib langsung otw Hotel Batiqa.

(Baca juga ya: 47 Pantai Menarik di Lampung)

Banana Foster Lampung - cake pisang - oleh-oleh Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 2

Sempatkan hadir untuk merasakan oleh-oleh kekinian dari Bandar Lampung.

Ada 30an orang yang diundang oleh Hengky Kurniawan malam itu. Sebagian besar adalah anggota Tapis Blogger, salah satu komunitas blogger yang ada di Lampung. Ada juga kawan-kawan dari Sigerfoodies, dan awak radio.

Acaranya seru. Diawali dengan sapaan hangat salah satu awak Banana Foster Lampung Sigit Pamungkas. Mengenalkan dirinya dan juga menyapa serta bertanya siapa saja yang hadir. Suasana jadi terasa hangat dan dekat. Tidak ada yang canggung berada di situ.

Sigit Pamungkas lalu menyilakan kami untuk memasuki ruangan VIP yang ternyata sudah disediakan beberapa cake yang sudah ditata dengan cantik. Sengaja disediakan untuk bisa difoto oleh para undangan.

Saat pertama datang, kami sudah disilakan duduk di meja yang disediakan untuk tamu undangan. Di setiap meja sudah ada 1 porsi cake yang belum dipotong-potong. Dan beberapa potong kecil cake dengan beberapa rasa. Semua langsung bisa dicicipi walau acara belum dimulai.

Banana Foster Lampung - oleh oleh khas lampung - yopie pangkey - 7

Potongan Banana Foster Lampung, menyambut kami di atas meja.

Ini Alasan Hengky Kurniawan Kenapa Banana Foster Lampung

Hengky Kurniawan ternyata suka sekali mengonsumsi pisang. Karena kesukaan pada pisang, jadi semangat untuk membuka Banana Foster. Ini salah satu kalimat dari Hengky yang saya ingat.

Kesukaan kita akan sesuatu bisa menjadi motivasi kuat untuk memulai usaha yang berhubungan dengan kesukaan.

Selain karena alasan kesukaan, ada satu pengalaman yang membuatnya terinspirasi. Saat berwisata ke New Orleans Amerika, dia melihat ada penganan Banana Foster.

Banana Foster, olahan dari bahan pisang dengan campuran gula merah. Disajikannya dengan ice cream vanilla. Rasanya manis dan lembut di lidah.

Dikatakannya, dari momen itulah muncul ide untuk mencoba memulai bisnis kue kekinian Banana Foster Lampung.

Dia pilih Bandar Lampung, karena jaraknya yang dekat dengan Jakarta. Dan Bandar Lampung adalah ibukota provinsi Lampung yang terkenal dengan produksi pisang. Tak ragu Hengky mengakui, Lampung salah satu daerah penghasil pisang terbaik di Indonesia.

Hengky tidak sendirian tentunya. Dibantu tenaga chef profesional terciptalah Banana Foster Lampung. Dan pasti ada juga dukungan-dukungan dari hasil diskusi bersama teman-temannya.

Kue berbahan dasar pisang ini dijelaskannya bisa awet 4 hari di suhu ruangan. Bisa lebih lama lagi, yaitu 2 minggu, kalau disimpan di dalam kulkas.

(Baca juga ya: Pesona Pulau Pisang di Pesisir Barat Lampung)

Varian Rasa Banana Foster Lampung

Untuk saat ini, Banana Foster Lampung baru memiliki 5 varian rasa. Kelima varian tersebut sudah kami coba malam itu di Hotel Batiqa.

Sambil menunggu opening, Hengky Kurniawan dan kawan-kawan masih terus berinovasi untuk membuat varian-varian baru lainnya. Tentunya yang cocok dengan lidah warga Bandar Lampung, dan wisatawan yang akan membeli oleh-oleh berupa banana cake ini.

Berikut ini variannya:

Banana Foster Caramelized

Banana Foster yang ini terlihat menarik. Ada toping pisang dan caramel di atasnya yang terlihat menyatu dengan adonan. Perpaduan filling caramel dan pisangnya terasa begitu lembut saat dimakan.

Banana Foster Lampung - oleh oleh khas lampung - yopie pangkey - 2

Banana Foster Caramelized.

Banana Foster Cheese

Siapa yang tidak suka keju. Kebanyak kita suka sekali dengan keju atau makanan yang mengandung keju. Penyuka keju pasti suka sama Banana Foster yang ini.

Perpaduan pisang dan keju di dalam adonannya akan terasa lumer di mulut. Saya berkali-kali ambil Banana Foster Cheese selama acara. Ga cukup sepotong 😀

Banana Foster Lampung - oleh oleh khas lampung - yopie pangkey - 5

Banana Foster Cheese.

Banana Foster Nutella

Banana Foster yang ini dihiasi dengan scramble chocolate dan vanilla sebagai toping-nya. Perpaduan hazelnut dan chocolate membuat kita berasa nyaman saat memakannya.

Banana Foster Lampung - oleh oleh khas lampung - yopie pangkey - 6

Banana Foster Nutella.

Banana Foster Peanut

Banana Foster ini merupakan campuran bahan pisang dan peanut butter. Dengan toping vanilla crumble.

Banana Foster Lampung - oleh oleh khas lampung - yopie pangkey - 4

Banana Foster Peanut.

Banana Foster Chocolate

Sama seperti keju, banyak orang juga suka coklat. Penyuka coklat bisa coba Banana Foster dengan filling coklat yang kental di dalam adonannya.

Banana Foster Lampung - oleh oleh khas lampung - yopie pangkey - 3

Banana Foster Chocolate.

Kesemua Banana Foster Lampung ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 50ribu per kotaknya. Tidak sampai merobek kantong ya.

Rasa Nikmat

Saya suka sekali dengan rasa semua varian Banana Foster Lampung di atas. Paling suka memang Banana Foster Cheese dan Banana Foster Chocolate. Kamu bisa sesuaikan selera kalau mau mencoba Banana Foster Lampung. Dan mudah-mudahan mereka segera membuat banyak varian lain ya. KIta jadi punya banyak pilihan lagi kalau mau beli oleh-oleh di Bandar Lampung.

Alamat

BANANA FOSTER LAMPUNG
Jln.Wolter Mongosidi No.115
Follow instagramnya : @bananafosterlampung

Oleh-oleh Kekinian di Bandar Lampung

Tidak seperti Banana Foster yang dicoba di Amerika, Banana Foster Lampung dibuat tidak memakai ice cream. Karena Hengky Kurniawan sengaja positioning Banana Foster Lampung sebagai buah tangan. Oleh-oleh kekinian di Bandar Lampung.

Selama ini Lampung terkenal dengan oleh-oleh berupa keripik pisang dan pie pisang. Sebentar lagi akan muncul oleh-oleh khas Bandar Lampung berupa Banana Cake. Bahagia itu sederhana, Banana Foster Lampung bakal hadir sebentar lagi. Tunggu saja tanggal 9 Juni 2017.


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂