Pengalaman Naik Taksi Uber di Bandar Lampung

Uber LampungMenyusul Timbel Car, Uber Taxi juga sudah resmi beroperasi di Lampung. Akan segera menyusul Go Car yang sedang seleksi calon driver yang telah daftar di Bandar Lampung. Taxi berbasis aplikasi online di Lampung memang lagi mulai ramai.

Saya termasuk yang jarang menggunakan kendaraan umum saat jalan-jalan ke tempat wisata di Bandar Lampung. Itu karena seringnya naik motor supaya bisa lebih cepat. Keberadaan taksi online Lampung akhir-akhir ini membuat saya penasaran sekali.

Sudah terbiasa menggunakan kendaraan roda dua. Sering kali kebingungan kalau mau pergi bertiga atau berempat. Dengan adanya taxi online seperti Uber Taxi, saya memiliki pilihan kalau bepergian dalam kota Bandar Lampung. Seperti kalau mau nikmati Kuliner Bandar Lampung.

Bagi saya pribadi menggunakan taksi berbasis aplikasi ini sangatlah membantu. Bermodalkan Handphone standar yang terhubung dengan internet, sudah bisa merasakan kemudahan dan kenyamanan bepergian di dalam kota.

Sebenarnya sudah beberapa kali menggunakan taksi berbasis aplikasi di Jakarta. Namun karena banyak tinggal di Lampung, aplikasi-aplikasi tersebut akhirnya saya hapus saja. Kali ini saya instal kembali untuk jalan-jalan keliling Bandar Lampung 🙂

Lalu lintas Bandar Lampung - Yopie Pangkey - Keliling Lampung

Lalu lintas Kota Bandar Lampung.

Cara Install Aplikasi Uber

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah install aplikasi Uber di HP. Tersedia di Appstore dan Play Store. Cari dengan kata kunci “Uber”, akan ketemu aplikasi yang sudah didownload oleh 100juta lebih pengguna ini.

Berukuran sekitar 31 MB, tak memerlukan waktu lama sampai selesai download. Setelah selesai, kita langsung diminta untuk mengisi nomor HP yang bisa dihubungi. Lalu akan terkirim SMS Uber Code 4 (empat) digit ke nomor kita tersebut. Kode verifikasi tersebut dimasukkan ke dalam aplikasi Uber.

Setelah itu kita akan diminta untuk mengisi kolom nama. Ada nama depan dan nama belakang. Setelah itu aplikasi sudah siap digunakan. Mudah bukan. Oya, aplikasi ini berlaku di seluruh dunia yang tersedia layanan Uber lho.

uber taxi lampung - taksi online lampung - yopie pangkey - keliling lampung

Urutan instal.

 

Cara Pesan Taksi Uber

Kalau sudah ada aplikasi ini di HP, kita sudah bisa langsung memesan taksi kalau mau bepergian. Begitu aplikasi terbuka, akan ada kursor aktif yang menunjukkan posisi kita saat itu.

Lalu ketikkan tempat yang akan kita tuju. Kalau tempat tersebut sudah ada di peta akan muncul di kolom saran di bawahnya. Kalau tidak ada kita bisa klik ‘Set location on Map’.

Untuk titik penjemputan, lokasi kita berada menjadi otomatis menjadi lokasi penjemputan. Namun kita bisa tentukan lokasi lain di peta. Misal kita tinggal di jalan yang sempit dan macet, kan ga mungkin taksi harus masuk sampai depan rumah kita. Kita yang harus tentukan lokasi penjemputan lain yang dekat, dan jalan sedikit ke lokasi tersebut.

Kalau sudah selesai menentukan titik penjemputan dan tujuan, tinggal klik ‘REQUEST UBERX”. Tinggal tunggu jawaban dari para driver Uber.

Driver yang menerima kita sebagai penumpang biasanya akan langsung menelpon. Menanyakan posisi persis kita berada. Di aplikasi mereka juga muncul nama dan no telpon kita. di HP kita pun akan muncul nama driver berikut nomor plat mobil yang akan menjemput kita.

Mudah bukan cara pesan taksi Uber di Lampung? 🙂

(Baca: 15 Tempat Ngopi di Bandar Lampung )

cara pesan taksi uber lampung - yopie pangkey

Bepergian Bersama Uber Lampung

Sejak install Aplikasi Uber, saya baru mencoba 3 (tiga) kali. Ketiganya mendapatkan mobil yang bagus dan bersih. Ketiganya merasakan berkendara yang nyaman dan aman, tidak ugal-ugalan.

Di sepanjang perjalanan jika saya bertanya akan dijawab dengan sopan. Atau sesekali saya ajak ngobrol tentang kegiatan sehari-hari, tentang situasi kota terkini, mereka akan ladeni dengan asik.

Sekali ngopi di Flipflop Coffee menggunakan Uber. Driver yang mengantar saya adalah seorang pengusaha muda dan memiliki toko pakaian di sebuah tempat perbelanjaan. Orangnya ramah dan asik diajak ngobrol.

Yang kedua kali, bertemu driver yang juga seorang kawan. Rupanya sambil kuliah dia nyambi jadi driver 🙂

Terakhir saat acara buka bersama rekan-rekan kerja di salah satu restoran seafood di Teluk Betung, Jumbo Seafood Resto. Saya mendapat tumpangan Honda Brio yang terawat dan bersih. Pengendaranya seorang karyawan asal Palembang yang bekerja di perusahaan swasta Bandar Lampung.

Hasil dari sambilan menerima penumpang Uber Taxi bisa untuk menutupi biaya kos di Bandar Lampung.

Pengalaman naik Uber Lampung - yopie pangkey - keliling lampung

Ada yang kenal sama yang kacamata? 😀

Tarif Uber Lampung

Jadi saat saya pulang dari Flipflop menuju rumah, saya hanya dikenai Rp. 15.430. Jarak yang ditempuh sekitar 4 kilometer. Jadi tarifnya sekitar Rp 380 per 100 meter.

Dari rumah menuju restoran seafood di Teluk Betung kena Rp. 19.243. Kalau jaraknya sekitar 6 kilometer, tarifnya sekitar Rp. 320.

Misal naik taksi uber dari Stadion Pahoman menuju Bandara Radin Inten II. Dengan jarak sekitar 28 km perkiraan biaya antara Rp. 102.500 – Rp. 137.000.

Saya tidak tahu persis tarif persisnya. Tapi perhitungan cepat saya, harga yang harus saya bayar tergolong murah/terjangkau. Kurang tau juga kalau itu masih tarif promo atau tarif normal yang berlaku.

Selain dalam kota, Uber Lampung bisa melayani perjalanan ke wilayah yang masih dekat dengan Bandar Lampung. Bandara Radin Inten II, Metro, Gedong Tataan, Pringsewu, Natar dan sekitarya.

Sesekali mau juga coba bepergian ke area tersebut dengan Uber.

(Baca: Tempat Wisata di Lampung)

uber taxi lampung - yopie pangkey - keliling lampung - 3

Daftar Uber Car Online (Driver Uber)

Saat ini kita mau cari tambahan penghasilan, bisa lho menjadi driver Uber. Beberapa kawan saya yang sudah mempunyai penghasilan tetap dari usahanya pun turut mendaftar.

Di hari kerja mereka hanya pagi, sore, dan malam menjadi driver Uber. Sedangkan di wiken bisa full-day. Lumayan, dalam satu hari bisa dapat Rp. 300.000 – 400.000. Belum lagi akan ada bonus point. Itu pengakuan mereka.

Nah, saat ini bisa mendaftar secara online. Yang penting sudah memenuhi syarat terlebih dahulu.

Daftar menjadi driver Uber di Lampung.

Syarat menjadi driver Uber: Memiliki Kendaraan (Mobil) Sendiri, memiliki SKCK, memiliki SIM A, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku, dan asuransi.

Bagi yang ingin tau alamat dan cara daftar sebagai driver Uber di Lampung, Go Car, Timbel, dan lainnya, bisa kamu cari di mesin pencarian. Banyak sekali yang sudah berbagi tentang cara-cara mendaftar.

Banyak yang mau juga ternyata menjadi full-time atau part-time driver Uber Lampung. Karena mereka menawarkan fleksibilitas dalam bekerja. Mau dapat banyak atau dapat sedikit, itu terserah kita.

Uber Lampung - taksi online lampung - 2

Mau jadi driver Uber juga?

Uber Lampung - Uber Taxi Lampung - taxi online lampung - yopie pangkey - 1

Semakin Banyak Penyedia Jasa dan Pengguna

Harus diakui dengan adanya taxi online di Bandar Lampung semakin memudahkan kita dalam bepergian. Baik untuk bekerja maupun jalan-jalan ke tempat wisata di Bandar Lampung. Selain itu, tarifnya pun standar. Tidak akan dikenai tarif yang asalan yang sering kali membuat kita kesal karena terlalu mahal.

Hanya saja saya berharap tidak akan ada keributan dan kerusuhan seperti di Jakarta, Bogor, Bandung, dan kota lain di Indonesia. Pihak-pihak terkait harus bisa antisipasi dan menengahi kalau ada perseteruan.

Saya sebagai warga kota Bandar Lampung sangat terbantu sekali akhir-akhir ini dengan adanya Uber Taxi Lampung. Ke tempat wisata di Bandar Lampung, kuliner Bandar Lampung, jadi semakin mudah dengan adanya taksi online di Bandar Lampung ini.