Pengalaman Naik GOJEK di Bandar Lampung

Gojek Lampung – Naik Uber Taxi di Lampung sudah. Yang belum itu naik GO-JEK di Lampung. Ojek online di Lampung. Belum kepikiran sampai akhirnya saya harus naik ojek dengan layanan berbasis aplikasi ini minggu lalu.

Hari itu saya harus menemui seseorang dalam urusan kerjaan. Bukan urusan jalan-jalan dan wisata Lampung.

LIhat google map situasi jalanan di pusat Kota Bandar Lampung terlihat macet. Ditandai dengan warna merah di beberapa ruas jalan.

Daripada pesan Uber Taxi dan terjebak dalam kemacetan karena kendaraan roda empat susah maneuver di jalanan kota. Akhirnya saya kembali menggunaka aplikasi GO-JEK. Terakhir gunakan saat tugas memotret di Jakarta.

Jarang menggunakan, hapir tidak pernah, membuat saya menghapus aplikasi tersebut tahun lalu. Untuk apa kalau tidak pernah digunakan lagi.

Mencari GO-JEK di AppStore dan langsung install. Saya kembali login menggunakan email dan nomor telpon yang biasa saya gunakan.  Ahhaa, ternyata setelah terinstal dan login, poin bonus saya masih ada 😀

Baca juga pengalaman saya Naik Taksi Uber di Bandar Lampung

cara instal gojek - cara pesan gojek di lampung

Urutan instal aplikasi GO-JEK di HP.

Cara Instal Gojek di HP

Caranya sangat mudah. Tinggal masuk ke PlayStore ataupun Appstore. Cari saja dengan kata kunci Gojek. Akan keluar di hasil pencarian aplikasi dengan logo orang sedang mengendarai motor bewarna hijau, latar belakang warna hitam.

Berukuran sekitar 130an MB, aplikasi ini akan sangat berguna di waktu-waktu tertentu. Setelah selesai proses install, kita klik saja tombol daftar di bagian bawah.

Isi alamat email, nama, nomor HP dan password. Selesai. Sudah bisa pesan Go-jek saat itu juga.

cara pesan gojek di lampung

Pesan Gojek di Bandar Lampung.

Cara Pesan GO-RIDE

Saya ingin naik ojek, maka saya pilih GO-RIDE yang ada di sebelah kiri atas pilihan menu-menu. Akan muncul layar baru dengan kursor menunjukkan lokasi kita berada. Kita tinggal pilih, mau dijemput di mana.

Kalau mau dijemput di lokasi kita berada sekarang  arahkan kursor “Set PickUp” di titik kita berada di peta. Kalau tempat kita susah dijangkau, geser saja kursor (Layar) ke titik penjemputan lain.

Setelah itu tentukan tujuan kita, akan muncul ‘your destination’. Jika pernah menggunakan GO-RIDE akan muncul history tujuan-tujuan kita. Bisa pilih dari situ, atau ketik alamat tujuan lain.

Kalau alamat tujuan tidak terdaftar, klik ‘open map’ di bawahnya. Kita harus tentukan titik tujuan di peta. Klik ‘Set Destination’. Lalu klik tombol bertuliskan ‘Order GO-RIDE” di bawah. Tunggu driver Gojek yang menerima pesanan.

Bisa Naik Gojek ke Museum Lampung…!!!

Tarif GOJEK Lampung

Saat saya pesan GO-RIDE dari tugu Adipura ke Amnesty Coffee, tarifnya adalah Rp. 8000,- dengan jarak sekitar 2,9 kilometer.

Dari Tugu Adipura menuju Flipflop Coffee atau Flipflop Hostel tarifnya Rp 10.000 dengan jarak sekitar 4,2 kilometer.

Saya hitung, kira-kira tariff GO-RIDE ini berkisar antara Rp 2300 – Rp 2.700 perkilometernya. Lumayan murah daripada naik ojek pangkalan ya.

tarif gojek lampung

Ini salah satu driver Gojek Lampung.

Berkendara dengan GO-RIDE

Yang menerima pesanan GO-RIDE saya siang itu ternyata seorang perempuan. Saat sampai di tempat penjemputan dia menyapa dengan ramah. Lalu saya diberikan helm dan disilakan duduk.

Tadinya sempat meragukan juga keterampilan dia berkendara motor di padatnya lalu lintas jalan raya Kota Bandar Lampung. Satu menit dibonceng, perkiraan saya salah.

Manuvernya di jalan raya lumayan OK. Kecepatan rata-rata sedang sesuai aturan. Saat belok kiri dan kanan selalu memberi tanda lampu.

Sampai di tujuan saya siang itu, saya hanya membayar Rp. 5000 saja. Tidak ada minta tambahan atau tips darinya. Semua sesuai aturan.

Tidak ragu memberinya lima bintang emas dan testimony bagus untuknya.

Mau ke Restoran di Bandar Lampung , bisa deh naik gojek..!!

gojek lampung - yopie pangkey - 2

Gojek Lampung di jalanan kota.

 

Mau pesan makanan lewat Gojek? Baca ini: Pesan Makanan Online Lewat Gojek

Cara Daftar Driver GO-JEK

Iseng-iseng saya tanya beberapa kawan yang menjadi driver GO-JEK. Bagaimana cara daftar dan gabung menjadi driver GO-JEK. Siapa tau kalau pension bisa ganti profesi ngojek 😀

Caranya mudah, yang penting  syarat kelengkapan surat-surat lengkap.  Kita harus memiliki SIM C yang aktif dan memiliki motor dengan STNK yang aktif pula.

Buka situs GO-JEK, langsung buka web http://join.go-jek.com/go-ride. Dan isi formulir pendaftaran di situ.

Isi dengan benar: Nama Depan, Nama Belakang, Email, Nomor Telpon, Kota, Dari mana Anda mendapat informasi tentang kami?, Apakah Anda sedang bekerja di perusahaan transportasi online motor lain?, dan terakhir Nomor Polisi Kendaraan kita.

Setelah selesai langsung saja submit. Dan tunggu kabar dari pihak GO-JEK.

Banyak Pilihan

Terus terang saja, saya sebenarnya prihatin dengan bentrok/perselisahan antara pengemudi ojek pangkalan dan pengemudi ojek online berbasis aplikasi. Termasuk GO-JEK.. Banyak terjadi di beberapa kota di Indonesia, termasuk di Bandar Lampung.

Di sisi lain, masyarakat memerlukan banyak pilihan untuk bepergian di dalam kota. Apalagi angkot di kota Bandar Lampung ini masih ada yang ugal-ugalan, karena drivernya masih muda dan labil.

Lalu kurangnya moda transportasi umum lain seperti bus dalam kota. Angkutan umum berbasis aplikasi seperti Uber Taxi dan GO-JEK terang saja langsung mendapat simpati dari banyak warga, termasuk di kota Bandar Lampung.

Kalau saya, pinginnya sih  ojek-ojek pangkalan juga ikutan bergabung di ojek-ojek online tersebut. Karena bisa menambah kemungkinan menambah penghasilan harian. Juga ada bonus-bonus dari pihak aplikasi.

Bagaimana dengan kamu. Punya pengalaman saat pesan, berkendara, tarif, daftar dan gabung GOJEK di Bandar Lampung atau kota lain? Apa ceritamu?


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂