Nasi Liwet Sambel Alu, Gurih dan Enaknya Kebangetan

Nasi Liwet Sambel Alu – “Bang, kita pesan nasi liwet ya, kita makan rame-rame.” Begitu ajakan seorang kawan ngopi, Gie Simatupang, hari Sabtu (01/06/2017) saat nongkrong pagi di Flipflop Coffee.  Gie jelaskan, ada kawan yang baru buka usaha kuliner di Bandar Lampung, yaitu usaha nasi liwet.

Pagi itu kami sudah kenyang menghabiskan banyak kudapan tradisional lain. Akhirnya diputuskan pesan nasi liwet untuk makan malam bersama di Sabtu malam minggu. Sempat pulang dulu ke rumah, kosongkan perut dan istirahat. Malam mau makan enak.

Nasi liwet memang bukan kuliner asli Lampung. Di Indonesia nasi liwet ada dua, nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda. Nasi Liwet Sambel Alu ini berkiblat pada nasi liwet Sunda.

Mungkin karena banyak sekali warga Lampung asal Solodan Sunda di Bandar Lampung, nasi liwet jadi banyak dicari juga di Bandar Lampung.

Nasi liwet ini mirip-mirip dengan nasi uduk atau nasi gurih. Nasi yang dimasak dengan santan kelapa. Disajikannya bisa dengan suwiran/potongan ayam, atau lauk lainnya.

Apalagi saat ini lagi hits juga budaya makan ramai-ramai dalam satu wadah, bancakan, dengan pilihan nasi liwet. Jadinya, nasi liwet semakin hari semakin diminati masyarakat Lampung. Bagi saya, selama itu masih kuliner nusantara, sama-sama Indonesia, tidak ada salahnya bukan untuk menjaga dan ikut serta merawat warisan budaya tersebut.

Baca: 15 Tempat Ngopi di Bandar Lampung

nasi liwet sambel alu - kuliner bandar lampung - yopie pangkey - 3

Satu porsi Nasi Liwet Sambel Alu.

Nasi Liwet Sambel Alu

Malam harinya, saya dan istri kembali berkumpul bersama kawan-kawan. Rencana makan nasi liwet bersama kawan-kawan harus terlaksana. Selesai makan bisa ngopi bareng sambil berbagi cerita-cerita seru antarkawan.

Tidak lama menunggu, pesanan nasi liwet datang. Tidak main-main, pemilik usahanya sendiri yang antar langsung pesanan kami. Mbak Dian Dwi Agustin, membantu menyiapkan pesanan nasi liwet kami perporsi.

Satu porsinya terdiri dari setungkup nasi liwet, ayam goreng, ketimun, dan kol goreng. Menu bisa sesuai keinginan. Bisa memilih ayam goreng, ayam bakar, tumis cumi, urap, sate telur puyuh, sate ati ampela, dan lainnya.

Untuk nasi juga bisa pilih nasi liwet, nasi daun jeruk, nasi berkat. Bahkan mau coba makan bancakan, juga bisa pesan ke Sambel Alu.

Oya, sambalnya pedes banget. Tapi rasanya enak banget, penuh rasa. Saya sampai nambah sambalnya 3 kali. Coba aja deh sendiri.

Dan mbak Dian, bisa sesuaikan apa yang kita mau makan. Kalau ada tambahan, tentu kita akan kena charge lebih.

Saat ini Sambel Alu hanya melayani pesanan online melalui akun instagram @sambel.alu. Belum ada tempat khusus supaya kita bisa makan di tempat. Bisa pesan antar.

Oya, bisnis nasi liwet ini bukan lah bisnis kuliner pertamnya. Sebelumnya mbak Dian sukses mengembangkan usaha kuliner lain di Bandar Lampung. Keren deh.

nasi liwet sambel alu - kuliner bandar lampung - yopie pangkey - 2

Seru juga makan nasi liwet bareng kawan. (Foto menggunakan kamera Nikon 1 J5)

Harga Nasi Liwet Sambel Alu

Untuk satu porsi nasi liwet yang kami makan malam itu (nasi liwet, ayam goreng, kol goreng, timun, sambal), harganya Rp. 18.500.

Untuk bancakan satu tampah porsi 5 orang, Sambel Alu mematok harga Rp. 120.000 saja.

Sedangkan kalau menggunakan kurir untuk antar ke alamat kita, akan dikenakan biaya tambahan. Besaran biaya kurir sekitar Rp. 10.000.

Untuk lebih jelasnya, bisa hubungi mbak Dian. Hubungi langsung kontak di akhir artikel ini.

nasi liwet sambel alu - kuliner bandar lampung - yopie pangkey - 1

Sudah coba nasi liwet Sambel Alu?

Baca: Mie Khodon, Mie Tersohor di Bandar Lampung

Makanan Enak

Iwan Laksmana, petualang kuliner Bandar Lampung, menanggapi nasi liwet Sambel Alu dalam postingannya di Instagram, “udah lama gak ketemu sambel enak, nasi liwet enak yg super gurih ditabur teri asin, ayam goreng lembut dagingnya banyak, dan kol goreng!!!”

“Gue paling suka makan sambel yg gak cuma pedes doang rasanya tapi ada asin gurih, yg lebih takjub lagi ini nasi dimakan gausa pake apa2 lagi aja udah enak super…sampe pengen nambah lagi nambah lagi aja.” Jelasnya.

Sedangkan Gie Simatupang yang aktif di @lampung_promo menegaskan, “Pokoknya ini enak banget. Kenapa gue bilang gitu, karena makanan asli indonesia gak ada yang gak enak & punya ciri khasnya masing-masing. Kaya Nasi Liwet yang ini.”

Gie menjelaskan, isiannya punya ciri khas dari nasinya yang ada ikan teri medannya, ayam kalasan, cumi, tahu tempe & lalapan. Ditambah sambalnya yang mantab jiwa bikin nambah nafsu makan.

Istri saya pun sepakat, nasinya bener-bener gurih pas di lidah. Pedas sambalnya juga masih bisa dinikmati.

Kalau saya pribadi suka banget dengan rasa nasi liwetnya yang gurih. Ayam gorengnya juga sangat lebut dan gurih. Sambalnya kaya rasa, bukan sekedar pedas saja. Enak dan layak kamu coba.

Bagaimana dengan kamu, ga penasaran dengan nasi liwet Sambel Alu? Atau jangan-jangan sudah pernah pesan? Bagaimana menurutmu salah satu kuliner di Bandar Lampung ini?

Alamat Nasi Liwet Sambel Alu
Jalan Antasari Gang Sadar 2
Telpon 082175679948
Instagram: @sambel.alu

 

 


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂