Asiiik, Sekarang Sudah Ada Penerbangan Langsung Garuda Jakarta-Banyuwangi

Penerbangan langsung Garuda jakarta banyuwangi - yopie pangkey - 3

Pendaratan perdana, Penerbangan langsung Garuda Jakarta Banyuwangi. (Bandara Blimbingsari Banyuwangi, (08/09/2017)

Penerbangan Langsung Garuda Jakarta Banyuwangi – Sudah baca berita kalau Garuda Indonesia bakal buka penerbangan langsung (direct flight) Jakarta Banyuwangi. Tapi siapa sangka bisa ikut dalam penerbangan perdana Banyuwangi Jakarta pada hari Jumat (08/09/2017) sore.

Jadi ceritanya, setelah melakukan acara resmi inaugurasi penerbangan perdana di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Pesawat jenis Bombardier milik Garuda bertolak ke Banyuwangi pada 14:15. Tiba di Bandara Blimbingsari pukul 15:55.

Ikut dalam penerbangan langsung perdana tersebut antara lain Menteri Pariwisata Arief Yahya, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Mansury, rombongan VIP Kementerian Perhubungan, pihak Angkasa Pura II, serta awak media.

Sedangkan saya dan kawan-kawan mencoba penerbangan kembali, Banyuwangi – Jakarta yang take off pada pukul 17:00 di hari yang sama. Tiba di Bandara Soetta pukul 18:40.

Ikuti terus cerita saya ya tentang moda transportasi udara ini.

Penerbangan langsung jakarta banyuwangi - menteri pariwisata - arief yahya - 2

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Banyuwangi Azwar Anas, di Bandara Blimbingsari Banyuwangi.

Tiba Duluan di Banyuwangi

Sebelum terbang perdana 8 September 2017 itu, saya dan kawan-kawan sesama koordinator Generasi Pesona Indonesia (GenPI) sudah tiba di Banyuwangi. Menggunakan pesawat Nam Air yang juga baru membuka direct flight, berangkat dari Jakarta pukul 14:10. Tiba di Banyuwangi pada pukul 15:45.

Nam Air bahkan menambah frekuensi penerbangan, dari sekali menjadi dua kali sehari. Pagi dan siang hari, mulai 20 Agustus 2017.

Betapa beruntungnya Kota Banyuwangi, dalam waktu dua bulan saja sudah ada dua maskapai yang melayani penerbangan langsung dari dan ke Jakarta.

Dan beruntung pula saya, entah mimpi apa kok bisa tiba di Banyuwangi sore itu. Selain mencoba penerbangan langsung perdana oleh Garuda Indonesia, juga bisa jalan-jalan ke beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Kabupaten paling Timur di Pulau Jawa, yang merasakan sinar matahari terbit paling duluan di Pulau Jawa. Makanya kabupaten ini mendapat julukan “Sunrise of Java”.

Pengukuhan Genpi Banyuwangi

Bersama Koordinator Generasi Pesona Indonesia Kabupaten Banyuwangi.

Menghadiri Pengukuhan GenPI Banyuwangi

Tujuan kami koordinator GenPI (Lampung, Sumsel, Sumbar, Banten, Jateng, Jogja, NTB) datang ke Banyuwangi adalah menghadiri pengukuhan GenPI Kabupaten Banyuwangi, pada Kamis (07/09/2017) malam.

Saya, Robby Sunata, Ariz Wokey, Eko Thoha, Shafigh Lontoh, Eko Nuryono, dan mbak Jhe berkenalan dengan koordinator dan anggota GenPI Banyuwangi.

Bertempat di Kantor Dinas Pariwisata Banyuwangi, acara dihadiri sekitar 150 anggota Genpi Banyuwangi. Rata-rata mereka memiliki akun twitter dengan ribuan follower lho. Keren..!!

Senang bisa bertemu dengan komunitas lokal yang aktif mengangkat potensi daerahnya. Dan kami sebagai tamu tentu sangat menghormati mereka, menghormati upaya-upaya yang sudah mereka lakukan.

Mencoba Destinasi Wisata Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi ini ternyata memilik destinasi wisata kelas internasional lho. Sebut saja Taman Nasional Baluran dan Taman Wisata Alam Kawan Ijen. Juga ada Pantai Plengkung dan Pulau Merah, yang mempunyai ombak bagus buat berselancar.

Semua tempat yang saya sebut di atas banyak sekali didatangi oleh wisatawan mancanegara. Umumnya yang datang berasal dari Eropa, khususnya Belanda, Perancis, Rusia, dan London.

Dengan adanya penerbangan langsung Jakarta Banyuwangi, membuat wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara mudah datang ke Banyuwangi. Bisa hemah waktu dan hemat biaya.

Akan saya bahas khusus destinasi wisata di Banyuwangi yang sudah saya datangi.

Mencoba Kuliner Banyuwangi

Salah satu hal menarik yang saya suka dari Banyuwangi adalah banyak sekali tempat makan yang menawarkan makanan-makanan enak. Baik makanan nusantara maupun makanan khas Banyuwangi.

Sebut saja sop rujak dan sego tempong. Saya merasa sangat beruntung bisa mencoba keduanya. Walau masih banyak lainnya yang belum saya coba. Mudah-mudahan ada lain waktu untuk datang kembali.

Penerbangan langsung garuda jakarta banyuwangi - menteri pariwisata - arief yahya - 3

Rombongan Menpar saat tiba di Bandara Blimbingsari.

Penerbangan langsung jakarta banyuwangi - yopie pangkey - 2

Tarian sambutan.

Menyambut Kedatangan Penerbangan Langsung Garuda Jakarta Banyuwangi

Dan sore itu kami akan kembali ke Jakarta, menunggu kedatangan pesawat Bombardier CJ 1000 yang berkapasitas 96 penumpang. Mendarat pada pukul 15:55, pesawat disambut dengan semburan water cannon.

Bupati Banyuwangi menyatakan kalau sambutan berupa water cannon itu sangat pantas diterima oleh Garuda Indonesia. Karena rute Jakarta-Banywangi bisa membuat pariwisata, dunia usaha, dan mobilitas masyarakat semakin cepat. Ekonomi Banyuwangi pun akan semakin bergerak cepat.

Kunjungan wisatawan ke Banyuwangi akan terus meningkat ya pak Bupati.

Penerbangan langsung garuda jakarta banyuwangi - yopie pangkey - 4

Yeeyyy, kami mencoba penerbangan langsung Garuda Jakarta Banyuwangi.

Penerbangan langsung jakarta banyuwangi - yopie pangkey - 10

Penerbangan langsung Garuda Jakarta Banyuwangi.

Terbang Bersama Garuda Indonesia dari Banyuwangi Menuju Jakarta

Tanpa terasa 3 hari sudah kami lalui di Banyuwangi. Bersama kawan-kawan Genpi Sumsel, Sumbar, Banten, NTB, Jogja, Jateng, kami berlelah-lelah namun ceria mendaki ke Kawah Ijen. Pagi hari sebelum pulang sempatkan snorkeling di Pantai Bangsring. Tiga hari yang padat namun meyenangkan harus berakhir.

Kesenangan kami belum berakhir begitu saja. Karena sore ini kami akan mencoba terbang perdana Garuda Indonesia rute Banyuwangi Jakarta.

Memasuki pesawat kami disambut dengan bidadari, eh pramugari, yang cantik dan ramah. Tas ransel saya yang padat dan susah masuk di ruang cabin, dibantu dirapikan oleh pramugari yang sigap.

Tepat pukul 17:00, pesawat melakukan take off mengangkasa di langit Banyuwangi yang mulai gelap. Pukul 17:00 di Banyuwangi ini sama seperti pukul 18:00 di Jakarta/Lampung. Sudah menjelang magrib.

Pesawat sudah stabil, lampu tanda dikenakannya sabuk pengaman sudah dimatikan. Penumpang di sisi kiri pesawat disuguhi pemandangan yang cantik. Matahari menjelangn tenggelam dengan latar depan Gunung Ijen dan Gunung Raung.

Penerbangan langsung garuda jakarta banyuwangi - yopie pangkey - 6

View suasana menjelang sunset di penerbangan langsung Banyuwangi Jakarta.

Penerbangan langsung garuda jakarta banyuwangi - yopie pangkey - 7

Seluruh penumpang mendapat hadiah tas kecil ini di penerbangan perdana.

Harga Tiket Pesawat Garuda Jakarta Banyuwangi

Saat saya cek di laman resmi Garuda Indonesia, Harga tiket penerbangan langsung Jakarta Banyuwangi dimulai dari Rp. 881.650 (Eco Special Promo). Dan paling tinggi Rp. 1.773.050 untuk tiket Eco Flexible.

Sedangkan tiket Eco Promo sebesar Rp. 1.091.650 dan tiket Eco Affordable sebesar Rp. 1.346.750.

Penerbangan sebaliknya Banyuwangi Jakarta harga tiket berkisar antara Rp. 1.117.000, Rp. 1.216.750, dan Rp. 1.643.050.

Penerbangan langsung jakarta banyuwangi - yopie pangkey - 8

Penerbangan langsung garuda jakarta banyuwangi - yopie pangkey - 9

Mendarat pukul 18:40 di Bandara Soekarno Hatta.

Jadwal Penerbangan Langsung Garuda Jakarta Banyuwangi

Rute Jakarta – Banyuwangi ini tersedia setiap hari, kecuali Hari Kamis dan Minggu.
Jakarta – Banyuwangi dijadwalkan pukul 14:15
Banyuwangi – Jakarta dijadwalkan pukul 17:00
Waktu tempuh sekitar 100 menit (1 jam 40 menit).

Garuda Menghubungkan Dua Kota Pariwisata

Senang banget bisa terbang perdana bersama Garuda Indonesia di penerbangan langsung Banyuwangi Jakarta. Dua kota penting dalam pariwisata Indonesia. Jakarta itu adalah the country’s LARGEST tourism market, sedangkan Banyuwangi sebagai “The FASTEST growing tourism destination.

Ayo terbang bersama #GarudaKeBanyuwangi .


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂