Gurihnya Nasi Kendil, Menu Baru di Umah Bone Resto

Umah Bone Resto – Dari dulu sampe sekarang selalu suka yang namanya makanan tradisional. Termasuk nasi liwet, nasi liwet kendil/nasi kendil, dan sebagainya. Dan suka banget banyak makanan tradisional menjadi makanan kekinian di kalangan anak muda. Termasuk penikmat wisata kuliner di Bandar Lampung, bisa menemukan makanan-makanan tradisional kembali naik daun.

Salah satu yang saya sarankan adalah Umah Bone Resto yang ber alamat di Jalan Way Ngison No. 3, Pahoman, Bandar Lampung. Di Umah Bone kita bisa mencoba berbagai kuliner tradisional khas Nusantara dengan sajian yang menawan dan dengan rasa yang lezat.

Menempati area di pojokan, Umah Bone Resto terdiri dari dua lantai dengan desain ruang yang unik dan apik. Baik lantai pertama dan lantai kedua cukup nyaman bagi pengunjung. Di lantai kedua ada space untuk band dan ada ruang terbuka di teras.

Bagi yang suka foto-foto, Umah Bone juga asik buat menambah koleksi foto untuk diupload ke Instagram lho. Bisa pilih di luar maupun dalam ruangan. Kalau ambilnya bagus, hasilnya pasti ciamik. Ini mau foto-foto atau makan yaa..

Umah Bone Resto - Kuliner Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 9

Umah Bone Resto.

Pemburu Kuliner Bandar Lampung

Ga rugi kenal dan dekat dengan beberapa kawan yang hobinya berburu menu makanan baru di Bandar Lampung. Begitu ada info resto atau menu baru, saya bisa langsung tahu mana yang menarik dan enak.

Termasuk saat Umah Bone akan mengeluarkan menu baru di Bulan Agustus 2017 lalu. Saya juga langsung dapat info, dan membuat janji dengan mereka untuk makan siang bareng di Umah Bone.

Iwan Laksmana dan istrinya Irine, Sandi, Gie Simatupang, dan saya, siang itu siap menyantap menu baru di Umah Bone.

Umah Bone Resto - Kuliner Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 2

Umah Bone Resto - Kuliner Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 4

Teras di lantai dua.

Baca: Tempat Makan di Bandar Lampung Lainnya

Menu Umah Bone Snack, Patisserie & Resto

Ga salah kami memilih Umah Bone untuk kumpul dan makan siang bareng hari itu. Ternyata menu baru memang sudah siap untuk di-launching. Pengunjung sudah bisa memesan beberapa menu baru yang sudah disiapkan chief andalan.

Tempe Mendoan

Sebagai menu pembuka, kami kompak memilih tempe mendoan. Satu porsi tempe mendoan yang renyah, dan satu porsi tempe mendoan yang lembut. Rasanya bener-bener enak.

Aplagi kalau sudah dituang dengan kecap yang diberi potongan cabe rawit, bawang merah, dan tomat. 2-3 potong tempe mendoan rasanya kurang.

Harga Satu porsi tempe mendoan Rp. 17ribu.

Umah Bone Resto - Kuliner Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 7

Tempe Mendoan.

Menu Spesial Agustus

Sudah telat saya menulis ini sekarang. Tapi gapapa lah ceritain aja ya. Selama bulan Agustus Umah Bone membuat menu spesial Agustus, menyambut hari kemerdekaan RI. Yaitu menu nasi kerucut.

Dalam satu piring, terdapat nasi berbentuk kerucut dengan warna merah putih. Lauknya ada urap, tempe kecap, ayam goreng, dan kripik balado. Suka banget dengan gurihnya tempe kecap dan urapnya. Sayang hanya ada di bulan Agustus.

Mudah-mudahan selalu ada menu spesial lainnya 🙂

Umah Bone Resto - Kuliner Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 11

Nasi Kendil

Menu baru yang di-launching Umah Bone di bulan Agustus 2017 ini adalah beberapa menu nasi kendil.

Nasi kendil ini sebenarnya mirip-mirip dengan nasi rames. Isinya bermacam-macam. Beda cara penyajiannya saja yang ada di kendil.

Budaya makan nasi kendil ini memang sudah ada sejak dahulu. Sebagian masyarakat Indonesia terbiasa memasak/membakar nasi dengan menggunakan kendil. Nasi yang biasanya dicampur dengan santan kelapa, ditambahkan dengan lauk pauk sesuai selera. Lalu dipanaskan bersama kendilnya.

Nasi kendil - Umah Bone Resto - Kuliner Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 13

Nasi Kendil Bogana.

Nasi kuning kendil - Umah Bone Resto - Kuliner Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 14

Nasi Kuning.

Beberapa pilihan menu Nasi Kendil

Sangat terasa nuansa tradisional dengan wangi alami daun pisangnya. Membuat makan siang begitu istimewa, nikmat, dan kenyang.

Kendil terlebih dahulu dilapisi oleh daun. Lalu bagian bawah kendil diisi nasi. Di atas nasi baru diberi lauk pauknya. Untuk Nasi Kendil Bogana diberi empal manis, yang bumbunya begitu gurih. Bumbunya sampai merasap ke bawah ke nasi. Lalu ada tumis tempe, ikan teri, telur, dan pete. Kurang nikmat apa coba 😀

Coba juga Nasi Kuning Spesialnya. Di atas nasi kuning diberiurap, udang bakar, orek tempe, ayam goreng, telur, dan sambal.

Lebih enak diaduk terlebih dahulu sehingga bumbu-bumbu gurih yang ada di lauknya tercampur ke nasi.

Untuk Nasi Kendil Bogana Umah Bone memberi harga Rp 38ribu/porsi. Sedangkan Nasi Kuning Spesial Rp 35ribu, Nasi Liwet Kendil Rp. 35ribu, dan Nasi Kendil Ayam Bakar Rp 32ribu.

Umah Bone Resto - Kuliner Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 1 Umah Bone Resto - Kuliner Bandar Lampung - Yopie Pangkey - 8

Baca juga: Asiknya Keliling Lampung dengan Kamera Mirrorless Nikon 1 J5

Makan Asik Umah Bone Resto

Dengan menu-menu di atas, kami berlima sangat menikmati rasa makanan yang disajikan. Begitu tradisional dan begitu lezat dan gurih. Cocok di lidah saya.

Suasana Umah Bone Resto pun terasa nyaman di semua sudut. Menunggu makanan datang atau duduk-duduk setelah makan terasa santai di ruangan yang tertata dengan berbagai macam pernak-pernik nusantara.

Asik juga ada pilihan lain untuk wisata kuliner di kota Bandar Lampung. Suasana resto nyaman dengan menu-menu tradisional khas Nusantara. Seperti nasi kendil, nasi liwet, nasi kuning yang saya ceritakan di atas.

Sudah pernah makan di Umah Bone?


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂