Pesona Wisata Pantai Bangsring Banyuwangi

Pantai Bangsring Banyuwangi – Setelah merasakan sensasi keindahan Kawah Ijen dan kuliner khas Banyuwangi, ga lengkap rasanya kalau tidak menikmati keindahan bahari Banyuwangi. Dan pada saat malam pengukuhan Generasi Pesona Indonesia Banyuwangi, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Banyuwangi, pak Dwi Marhen Yono, mengajak kami untuk wisata snorkeling di Pantai Bangsring.

Ajakan yang sangat menarik untuk datang ke salah satu tempat wisata di Banyuwangi. Satu pantai di Banyuwangi yang dikenal dengan adanya rumah apung. Sebuah bangunan terapung yang di bawahnya banyak sekali ikan-ikan cantik. Dan serunya, kita bisa berenang (snorkeling) di kerumunan ikan-ikan tersebut.

Pagi itu, Jumat (08/09/2017), pukul 07:00 kami sudah selesai sarapan. Dan siap berangkat dari Hotel Santika yang berada di jalan Letjen S. Parman. Kabid Pemasaran Disbudpar Banyuwangi, pak Dwi Marhen Yono, ternyata sarapan di Santika. Jadi kami berangkat berbarengan menuju Pantai Bangsring dengan pak Marhen sebagai penunjuk jalan.

Baca: Pesona Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Pantai Bangsring Banyuwangi - tempat wisata di banyuwangi - yopie pangkey - 1

“Selamat Datang di B Under” – Bangsring Under Water 🙂

Pantai Bangsring Banyuwangi - tempat wisata di banyuwangi - yopie pangkey - 3

Menuju Pantai Bangsring

Dari Banyuwangi, kami keluar kota ke arah Situbondo melalui Jalan Situbondo-Banyuwangi. Rute-nya melewati Pelabuhan Ketapang yang melayani penyeberangan penumpang Banyuwangi – Gilimanuk, dan Pelabuhan Tanjung Wangi.

Sekitar 50 menit dan menempuh jarak sekitar 27 kilometer, kami sudah sampai di Pantai Bangsring. Jalan masuk menuju pantai terdapat gapura bertuliskan Pantai Bangsring.

Dari Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi sampai ke pantainya, berjarak sekitar 1,6 kilometer. Melewati sawah-sawah masyarakat.

Pantai Bangsring Banyuwangi - tempat wisata di banyuwangi - yopie pangkey - 2

Terbuat dari botol bekas air mineral.

Pantai Bangsring Banyuwangi - tempat wisata di banyuwangi - yopie pangkey - 4

Mas Don Kardono sedang merekam situasi 🙂

Pantai Bangsring Banyuwangi yang Indah

Kami tiba sekitar pukul 08:00 di Bangsring. Suasana pantai sangat sepi pagi itu. Di saat hari libur atau akhir pekan mungkin pantai ini ramai dikunjungi wisatawan.

Dari parkiran mobil menuju pantai, melewati deretan pondokan mungil (cottage) yang bisa disewa. Saya lupa tanyakan berapa harga sewa permalamnya.

Dan di sisi lain terdapat taman dengan berbagai hiasan dekorasi warga yang bagus buat foto-foto. Ada semacam gerbang yang terbuat dari botol air mineral bekas. Juga ada susunan kerangka besi bertulis nama-nama orang. Sepertinya ini nama-nama orang yang melakukan donasi/transplantasi karang di Bangsring.

Situasi dan keadaan pantai Bangsring secara keseluruhan termasuk rapi dan bersih. Ada beberapa warung yang menjual celana pendek untuk renang dan makanan. Juga tersedia kamar mandi umum untuk bilas setelah berenang.

Di loket wisata Bangsring, kami satu rombongan memilih snorkeling set masing-masing sesuai ukuran. Lalu menuju dermaga kecil untuk menyeberang ke rumah apung. Di sana kami akan melakukan snorkeling.

Pantai Bangsring Banyuwangi - tempat wisata di banyuwangi - yopie pangkey - 7

Pantai Bangsring Banyuwangi.

Pantai Bangsring Banyuwangi - tempat wisata di banyuwangi - yopie pangkey - 6

Dengan boat ini kami diantar ke rumah apung.

Rumah Apung Bangsring

Kalau saya lihat, sebenarnya bisa saja kita mulai snorkeling dari pantai. Dari pantai ke rumah apung hanya berjarak 200 meter. Namun tidak semua wisatawan mudah menempuh jarak segitu kan. Lebih enak memang memulai dari spotnya. Dan Langsung di tempat dalam. Agar tidak menginjak-injak terumbu karang yang ada.

Dari dermaga ke rumah apung tidak memakan waktu lama. Paling hanya 2 menit saja. Di rumah apung ini kita bisa duduk santai, menikmati suasana pantai Bangsring dari atas laut.

Ada dua ruang untuk duduk-duduk yang tersedia meja untuk meletakkan barang-barang dan makanan. Juga tersedia kamar mandi untuk ganti baju.

Sebuah ide yang menarik untuk mempopulerkan rumah apung untuk melakukan snorkeling. Apalagi di situ juga ada penangkaran ikan hiu. Kita bisa berenang bareng ikan hiu kalau mau. Hiu berukuran sebetis orang dewasa kira-kira.

Pantai Bangsring Banyuwangi - tempat wisata di banyuwangi - yopie pangkey - 9

Begitu sampai, sudah terhibur dengan banyaknya ikan di sekitar rumah apung.

Bangsring Under Water

Air di sekitar rumah apung jernih. Apalagi pagi itu cuaca begitu cerah. Ikan-ikan yang berenang di sekitar rumah apung terlihat oleh mata. Terlihat oleh saya ikan Napoleon, dan juga ikan kupu-kupu yang sangat banyak.

Kami semua mencoba daya tari kunder water Bangsring. Mas Don Kardono dan istri, mas Ebo Mensyur, Shafigh, Robby Sunata, Aris, Eko Toha, Eko Nuryono. Berenang bersama rombongan ikan-ikan yang lucu.

Di dekat rumah apung saya lihat banyak sekali dudukan untuk tranplantasi terumbu karang. Entah ada berapa ratus rak. Kesemuanya terdapat nama. Sepertinya tranplantasi terumbu karang menjadi salah satu paket wisata di pantai ini. Sebuah ide menarik untuk pariwisata Banyuwangi dan juga ide bagus untuk kelestarian.

Pantai Bangsring Banyuwangi - wisata banyuwangi - @yanto_bejjo - 3

Foto: @yanto_bejjo

Pantai Bangsring Banyuwangi - wisata banyuwangi - @yanto_bejjo - 2

Foto: @yanto_bejjo

Pak Marhen bercerita malam sebelum, kalau salah satu penggiat wisata Pantai Bangsring Banyuwangi dulunya kerjanya adalah nelayan yang menggunakan bom ikan. Namun akhirnya sadar akan kerusakan yang ditimbulkannya. Beralih pekerjaan, dia saat ini memilih mencari penghasilan dari menjaga kelestarian pantai Bangsring dan dari paket wisata.

Usahanya tidak sia-sia. Pantai Bangsring yang saya lihat hari itu benar-benar indah. Baik di darat maupun di bawah lautnya.

Tempat lain memiliki karang-karang yang indah. Namun di Pantai Bangsring ini, usaha untuk melestarikan alam dengan transplantasi karang juga bisa menjadi atraksi wisata yang menjanjikan.

Apalagi tidak semua wisatawan ahli under water. Dengan cukup duduk-duduk saja, merendamkan kaki ke air laut, itu sudah sangat menyenangkan. Apalagi ada bonus bisa melakukan transplantasi terumu karang dan berenang bersama ikan-ikan yang cantik.

Pantai Bangsring Banyuwangi - wisata banyuwangi - @yanto_bejjo - 4

Foto: @yanto_bejjo

Pantai Bangsring Banyuwangi - wisata banyuwangi - @yanto_bejjo - 1

Foto: @yanto_bejjo

Baca juga: Asiiik, Sekarang Sudah Ada Pernerbangan Langsung Garuda Jakarta-Banyuwangi

Banyuwangi Semakin Diburu Wisatawan

Seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelum mengenai Kawah Ijen. Banyuwangi ini memang semakin diminati oleh banyak wisatawan, baik nusantara dan mancanegara.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Pariwisata-nya benar-benar serius menggarap pariwisatanya. Termasuk dalam memasarkan wisata Pantai Bangsring ini.

Saya sudah pernah snorkeling di beberapa tempat yang menurut saya bagus. Namun kalau kamu sedang berada di Banyuwangi selesai dari Kawah Ijen, tidak ada ruginya untuk mampir ke Pantai Bangsring.

Lihat bagaimana masyarakat sekitar Bangsring membuat pantai dan bawah lautnya menarik untuk didatangi. Bagi saya, Pantai Bangsring Banyuwangi ini juga memiliki pesona.


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂