Jakarta Fair 2018 Jadi Pilihan Wisata di Bulan Ramadhan

Jakarta Fair 2018 – Beberapa tahun terakhir, Jakarta Fair (Pekan Raya Jakarta) berbarengan dengan bulan Ramadhan dan hari lebaran. Sebagian warga Jakarta pasti memanfaatkan momen ini untuk berwisata belanja. Banyak suguhan kuliner di Jakarta Fair, baik yang kuliner kekinian maupun yang tradisional. Dan yang paling banyak dicari tentu saja potongan harga dari berbagai brand.

Kebayang ga, ada 2700 (dua ribu tujuh ratus) peserta dengan 1500 (seribu lima ratus) booth yang menjual produknya selama 40 hari acara Jakarta Fair 2018 berlangsung. Ditambah ada 500 live event yang bisa kita nikmati. Dimulai tanggal 23 Mei sampai 1 Juli 2018. Menjadikannya sebagai pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara.

Loket G Jakarta Fair Kemayoran 2018 (JFK 2018) - Yopie Pangkey - 1

Loket G Jakarta Fair Kemayoran 2018 (JFK 2018)

Memeriahkan HUT Kota Jakarta

Sejak tahun 1968 sampai sekarang, Jakarta Fair selalu digelar setiap tahun tanpa terputus. Berarti tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-51.

Jakarta Fair 2018 juga digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta yang ke-491. Dan memang acaranya benar-benar meriah setiap hari selama 40 hari. Bukan hanya warga Jakarta, wisatawan luar Jakarta seperti saya ini, juga penasaran untuk datang.

Ingin merasakan suasana libur lebaran dan mencari beberapa produk yang pastinya tebar pesona dengan banyak diskon ditawarkan. Penyelenggaraan di bulan Ramadhan, mendatangkan peluang tersendiri bagi pelaku usaha yang terlibat di dalamnya. Karena banyak keluarga yang mencari kebutuhan rumah tangga untuk keperluan lebaran.

Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 13

Suasana malam sebelum acara pembukaan, Rabu (23/05/2018).

Sudah Baca Ini? Berkunjung ke Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Vihara Seribu Wajah

Pembukaan Jakarta Fair 2018

Sudah beberapa kali datang ke Jakarta Fair, tapi belum pernah datang dan menyaksikan suasana pembukaannya. Nah, di tahun 2018 ini saya punya kesempatan itu. Meskipun bulan puasa, sekarang sudah banyak kemudahan dalam melakukan perjalanan.

Apalagi Bandar Lampung – Jakarta ga terlalu jauh. Bisa dengan Bus Damri dengan pilihan berangkat pagi dan malam. Atau dengan pesawat yang hanya memakan waktu 30-40 menit terbang.

Sekitar pukul 20:30 pada hari Rabu 23 Mei 2018, Jakarta Fair 2018 dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sempat diguyur hujan, Anies berujar “Semoga ini pertanda baik ada banyak rejeki sepanjang acara ini.”

Anies juga apresiasi buat seluruh panitia, aparat, dan pihak yang terlibat. Mereka banyak yg bekerja sunyi di belakang layar. Acara pembukaan lancar, penampil-penampilnya keren-keren. Ada tarian yang menggambarkan beberapa daerah di Nusantara. Saya hanya menggunakan kamera HP pun cukup puas mendapat beberapa foto bagus. Walau mungkin kualitas fisik kalah dengan hasil dari kamera DSLR ataupun mirrorless. Dan keseluruhan acara juga tentu sangat kerennya.

Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 14

Salah satu penampilan di Pembukaan JFK 2018

Banyak Godaan Diskon

Sampai sebelum acara pembukaan, saya manfaatkan waktu buat berkeliling area Jakarta Fair. Ada 12 lokasi yang bisa kita jelajahi.

  • Hall A berisi produk-produk Furniture, Spring Bed, Lighting Fixtures, Interior, Carpet
  • Hall B1 & B2 Automotive
  • Hall B3 & C3 Goverment, Handicraft, Stationary, Multi Product, Sport & Health, Fashion, Batik, Service, Accessories, Cosmetic Medicine, Electronic & Home Appliances, dan lainnya.
  • Hall D Sport, Health, Bicycle, Cosmeticm Optic, Herbal, Medicine, Packed Food & Drink, Toiletry, Telecommunication, Banking, Stationary, Photo, Electonic, Property, Home Appliances
  • Hall E Food Court
  • Gambir Expo Branded Fashion
  • GPN Sponsors – Departement Store – Sport
  • Hall C1 & C2 Pavilion Province – Jakarta Capital City – Computer
  • Open Space Automotive – Branded Production
  • Selasar Food & Beverages
  • Food & Beverage E
  • Food & Beverage D
Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 5

Booth Komputer dan perlengkapannya.

Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 6

Peralatan rumah tangga.

Sebelum pergi kemari siapkan iman dan hati, karena banyak sekali diskon-diskon yang bertebaran. Ada diskon 30 persen, 50 persen, bahkan 70 persen. Tadinya hanya mau belanja yang diperlukan saja, begitu lihat diskon-diskon itu keinginan bisa bertambah 😀

Soal kualitas barang sepertinya kita ga perlu ragu. Meskipun harganya didiskon selangit, brand-brand tersebut tentu tidak mau namanya jelek. Menurut pengamatan saya, barang-barang yang ditawarkan adalah kualitas standar yang patut dijual. Kualitas tetap terjaga.

Saran saya sih begini. Ini kan acara tahunan, jadi ga ada salahnya kita sudah nabung dari setahun sebelum. Nabung deh dari sekarang buat datang di Jakarta Fair 2019 mendatang.

Jakarta Fair Kemayoran 2018 - Yopie Pangkey - 7

Helm, salah satu yang ramai diminati di Jakarta Fair 2018.

JFK 2018 - Yopie Pangkey - 8

Beli motor?

Banyak Pertunjukan

Ada banyak pertunjukan selama Jakarta Fair 2018. Di Panggung Utama dan Gambir Expo, ada banyak pertunjukan live music dari musisi-musisi beken. Dari pop, jazz, rock, reggea bahkan dangdut, akan menghibur pengunjung. Saya hanya 3 hari 2 malam berkunjung, hanya kebagian menonton Ari Lassa membawakan tembang-tembang andalannya.

Dengar-dengar nih ada 38 penyanyi solo dan grup yang menghibur. Seperti Slank, Wali, Maliq, RAN, juga The Changcuters, God Bless, Sheila On 7, Tipe X, dan lainnya. Masuk ke area panggung utama gratis, tidak perlu bayar lagi. Hanya saja, kita tidak bisa membawa minuman ke dalam area panggung utama.

Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 19

Nikmati tembang-tembang artis idola sambil bisa sambil kulineran.

Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 20

Ari Lasso di malam kedua.

Selain musik ada Street Performance dari Barongsai Tonggak. Sayang sekali saya tidak sempat melihat dan memotretnya.

Yang saya belum kesampaian melihat selama beberapa kali datang ke Jakarta Fair adalah “Carnaval Jakarta Fair Kemayoran”. Untuk Carnaval JFK tahun 2018 ini dimeriahkan oleh antara lain Goldenboys by Boby Tince, Ondel – Ondel (Kebudayaan Betawi), tarian kebudayaan beberapa daerah Nusantara, dan lainnya.

Semoga lain waktu bisa menyaksikannya.

Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 3

Tiket dan lembaran voucher belanja minuman.

Harga Tiket Jakarta Fair

Untuk acara sebesar ini, apalagi digadang-gadang sebagai pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara, harga tiket masuk Jakarta Fair masih terjangkau bagi masyarakat umum. Buktinya setiap hari dan setiap tahun gelaran ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Senin Rp 25.000,
Selasa-Kamis sebesar Rp 30.000,
Akhir pekan dan libur lebaran Rp 35.000.

Parkir Mobil Rp. 30.000/Hari
Parkir Motor Rp. 15.000/Hari

Transportasi ke Jakarta Fair

Ada cara dan kemudahan bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin berkunjung, naik Bus Trans Jakarta saja.

Rutenya dari Monas – Balai Kota – Gambir 2 – Gambir 1 – Istiqlal – Pasar Baru – Pasar Baru Timur – Jakarta Fair Kemayoran (Pintu 2 dekat Gambir Expo).

Aplikasi Android Jakarta Fair - yopie pangkey

Aplikasi Android Jakarta Fair.

Baca ini juga ya 🙂 Berkunjung ke Candi Muaro Jambi, Kampus Buddha di Zaman Kerajaan Sriwijaya

JFK Dalam Genggaman

Ada satu yang saya suka dari Jakarta Fair Kemayoran. Panitia menyediakan aplikasi yang bisa didownload melalui playstore. Aplikasi ini sangat memudahkan saya dalam menikmati Jakarta Fair 2018.

Yang saya butuhkan saat itu adalah jadwal konser artis kesayangan, Ari Lasso. Saya bisa tau kapan pertunjukannya dan lokasinya.

Jadi meskipun belum datang ke JFK, ga ada salahnya download dulu aplikasinya. Siapa tau bisa cocokkan hari dengan pertunjukan artis kesayanganmu. Juga ada promo-promo menarik di dalamnya.

Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 12

Bisa buka puasa di Pasar Malam JFK 2018.

Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 16

Gambir Expo.

Jakarta Fair 2018 - Yopie Pangkey - 17

Salah satu booth di Gambir Expo.

Pesona Wisata Ramadhan 2018 dalam Pesona Jakarta Fair 2018

Meskipun diselenggarakan berbarengan dengan bulan puasa, Jakarta Fair ini tetap layak untuk didatangi. Kalau ga salah dengar, terget Jakarta Fair 2018 kali ini adalah 6 juta pengunjung.

Masyarakat Jakarta dan sekitaranya bisa mencari berbagai kebutuhan lebaran di sini. Mulai dari pakaian, perawatan tubuh hingga peralatan rumah tangga ditawarkan dengan harga yang ramah di kantong.

Selain itu, kita juga bisa menikmati kuliner halal di Jakarta Fair 2018. Ada kuliner kekinian sampai kuliner Betawi yang jarang kita temui sehari-hari. Di Kampung Betawi, dekat Gambir Expo, kita bisa mencicipi laksa Betawi, soto mie, dodol Betawi, kerak telor dan nasi ulam.

Dengan berbagai sajiannya, Jakarta Fair 2018 ini sangat layak untuk didatangi. Meskipun acaranya sama setiap tahun, namun isinya tentu saja bisa berbeda-beda setiap tahun mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat.

Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018 adalah acara yang asik buat menikmati #PesonaRamadan2018 #PesonaWisataRamadan2018. Semoga bisa datang lagi di Jakarta Fair 2019.

Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂