Wisata ke Madura, Bisa Naik Pesawat ke Sumenep

Penerbangan ke Sumenep Madura – Mau berwisata ke Madura saat ini ada dua pilihan. Yang pertama melalui jalur darat melalui Surabaya dan melintasi jembatan Suramadu. Yang kedua, jalur udara Surabaya Sumenep yang hanya membutuhkan waktu tempuh total 30 menit.

Saat akan pergi menghadiri Festival Kemilau Madura 2018 yang diselenggarakan di Pamekasan, tadinya saya berpikir akan menempuh jalur darat dari Surabaya. Setelah baca-baca di artikel yang saya dapat melalui mesin pencarian, ternyata ada juga penerbangan Surabaya – Sumenep.

Ya, ada Wings Air yang sudah melayani penerbangan komersial dari Surabaya ke Sumenep Madura sejak 27 September 2017. Jenis pesawat yang digunakan adalah ATR 72-600. Hanya ada sekali penerbangan dalam sehari. Surabaya-Sumenep pada pukul 12.45 WIB dan Sumenep-Surabaya pada pukul 13.45 WIB.

Bandara Internasional Juanda – Sumenep melalui darat menempuh jarak sekitar 130 kilometer dangan waktu tempuh sekitar 3 jam. Sedangkan dengan pesawat, dari Juanda ke Bandara Trunojoyo hanya membutuhkan waktu 35 menit. Kemudian dilanjutkan dengan mobil, dari Bandara Trunojoyo ke Pamekasan yang berjarak 115 kilometer, dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Baca: Eksotika Bromo 2018

Ga terlalu jauh sebenarnya waktu tempuh antara lewat darat dengan udara. Tapi yang jelas kita tidak terlalu pegal duduk lama di mobil. Kalau saya sih tetap pilih lewat udara.

Enaknya lagi, ada sistem connecting. Saya cukup sekali pesan melalui salah satu Online Travel Agent (OTA), dengan satu kode booking saya sudah dapatkan tiket Lampung – Jakarta – Surabaya – Sumenep. Dua kali transit.

Bisa saja dapat yang satu kali transit, tetapi harus menginap semalam di Surabaya. Penerbangan langsung Lampung – Surabaya hanya ada malam hari. Jadi  tak apalah 2 kali transit tapi tidak pakai menginap.

Dari Lampung pesawat pagi 06:30 WIB, mendarat di Cengkareng Jakarta pukul 07:10 WIB. Kembali takeoff pukul 10:00 WIB, mendarat di Bandara Juanda 11:30. Hanya menunggu sebentar dan sempat makan siang di Juanda, kembali takeoff pada pukul 12:45. Mendarat di Sumenep pukul 13:10 WIB. Penerbangan yang sangat singkat.

Penerbangan ke Sumenep Madura - Yopie Pangkey - 2

Penerbangan ke Sumenep Madura, menggunakan pesawat jenis ATR 72-600.

Harga Tiket Surabaya Sumenep

Terus terang aja, bukan saya yang membeli tiket kepergian saya ini. Tapi bisa kan kita cek sendiri melalui handphone kita. DI salah satu OTA, Harga Tiket Surabaya Sumenep adalah Rp. 328.200. MAsih cukup terjangkau bukan.

Pastinya lebih mahal daripada lewat darat. Tapi kita bisa lebih nyaman dan tidak pegal di perjalanan darat.

Jadwal Penerbangan ke Sumenep Madura

Jadwal Penerbangan Bandara Trunojoyo Sumenep Madura, ada setiap hari sebanyak 1 kali penerbangan.
Sumenep (SUP) – Surabaya (SUB) : 13:45 WIB – 14:20 WIB
Surabaya (SUB) – Sumenep (SUP) : 12:45 WIB – 13:20 WIB

Penerbangan ke Sumenep Madura - Yopie Pangkey - 5

Hanya ada 1 pintu masuk, di bagian kiri belakang.

Bandara Sumenep

Saya tidak tahu ada berapa bandara yang ada di Pulau Madura. Karena baru kali ini menginjakkan kaki di Pulau Madura, yang saya tahu hanya lah bandara Bandar Udara Trunojoyo.

Terletak di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Resmi beroperasi dan dipergunakan oleh Merpati Nusantara Airlines untuk sekolah penerbangan pada tahun 2010.

Di tahun 2015 dimulailah penerbangan perintis perdana oleh maskapai Susi Air. Rutenya Sumenep-Surabaya dan Sumenep-Jember dengan Pesawat Cessna Grand Caravan kapasitas 6 penumpang.

Dan akhirnya mulai 27 September 2017, Wings Air resmi melayani rute penerbangan Surabaya Sumenep menggunakan pesawat ATR 72-600

Bandara Trunojoyo

Bandara Trunojoyo

Penerbangan ke Sumenep Madura - Yopie Pangkey - 4

Bagian dalam pesawat.

Asiknya Penerbangan dengan Pesawat ATR 72-600 ke Madura

Dulu saya sangat kawatir terbang dengan pesawat yang berukuran kecil. Namun setelah banyak membaca saya jadi mengerti kalau pesawat jenis ATR 72-600 adalah pesawat yang canggih. Yang berbeda hanya mesinnya saja yang menggunakan baling-baling / propeller.

Pesawat turboprop ini berasal dari Perancis. Memiliki kapasitas 72 penumpang kelas ekonomi. Pintu masuk penumpang hanya satu di bagian kiri belakang.

Kabin pesawat pun terasa nyaman. Saat terbang, kita bisa santai, kerja, ataupupun melihat pemandangan di bawah.

Ini alasan saya merasa nyaman terbang dengan ATR 72-600 milik Wings Air ini. ATR 72-600 terkenal sebagai pesawat baling-baling (propeller) yang modern dan canggih. Memiliki teknologi avionik terbaru serta fitur synthetics runaway visions atau sistem yang mampu memberikan bantuan visualisasi runawan saat mendarat.

Pesawat ini termasuk ramah lingkungan lho. Didesain mampu lepas landas dan mendarat di runaway yang kurang dari 1.600 meter.

Baca juga ya: Rawon Nguling, Kuliner Wajib Saat ke Probolinggo

Jadi Pilihan Wisata ke Madura

Saya belum pernah mencoba perjalanan darat dari Surabaya ke Madura. Namun perjalanan saya kali ini untuk menyaksikan Kemilau Madura 2018 terasa nyaman. Tidak lelah duduk di mobil untuk menuju Pamekasan.

Hanya menunggu sekitar 1 jam di Bandara Juanda, lalu melanjutkan penerbangan ke Sumenep. Penerbangangan Surabaya Sumenep Madura pun sangat singkat, hanya 35 menit. Tidak banyak membuang energi, duduk di pesawat, sempat membaca inflight magazine. Biasanya di pesawat saya bermain game yang ada di handphone. Kali ini benar-benar tidak perlu sesuatu untuk mengusir kejenuhan duduk di pesawat.

Tujuan saya sebenarnya adalah Festival Kemilau Madura 2018 di Pamekasan. Jadi setelah mendarat, kami melanjutkan perjalanan darat yang hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Masih OK lah itu.

Kalau jalan-jalan ke Madura lagi, saya pilih penerbangan ke Sumenep Madura ini. Harga tiket terjangkau, waktu penerbangan singkat. Bagaimana kalau kamu?

Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂