Sunset di Bukit Merese Lombok, Pemandangannya Menakjubkan

Bukit Merese Lombok, Merese Hills Sunset – Menajkjubkan. Itu kenangan yang saya dapat saat mengunjungi salah satu tempat wisata di Lombok. Luar biasa memesona. Spot Foto di Lombok yang cantik, sunset viewpoint yang harus kamu datangi kalau ingin menikmati suasana sunset di Lombok.

Wisata bukit Merese di Lombok Tengah ini memang sudah tersohor dan menjadi tujuan wajib para traveler nusantara. Bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang datang kemari.

Saat saya dan istri mengikuti trip ke Bukit Merese yang diadakan Genpi Lombok Sumbawa, banyak sekali wisman di sana.

Bentangan alam bukit yang berada di dekat pantai ini sungguh luar biasa indahnya. Salah seorang kawan genpi Lombok bilang, banyak juga yang menjuluki bukit ini dengan nama bukit cinta.

Mungkin karena keindahannya, apalagi di saat sunset, matahari tenggelam. Suasana syahdunya bisa mewakili orang yang sedang jatuh cinta.

Baca juga:
* Pesona Air Terjun Moramo di Sulawesi Tenggara

tinggi bukit merese lombok - Yopie Pangkey
Duduk di ketinggian Bukit Merese Lombok.
keindahan bukit merese lombok - Yopie Pangkey
Merese Hill is a must-do when visiting Tanjung Aan Beach Lombok. An Easy 15-minute walk to the top, and you can watch the sunset over Kuta beach Mandalika

Trip Ke Bukit Merese

Trip ke Bukit Merese yang saya ikuti ini adalah acara Famtrip (familiarization trip) Genpi Lombok Sumbawa. Banyak info yang saya dapat tentang wisata Lombok selama mengikuti famtrip ini.

Mengenali Lombok bukan lewat media sosial dan artikel artikel yang saya baca. Tapi dengan melihat dan mengalaminya secara langsung.

Seeing is believing. Saya melihat dan merasakan sendiri perjalanan ini dan semakin yakin bahwa Lombok itu memang mengagumkan.

Bukit ini menjadi penutup trip hari itu, Minggu (2/12/2019), setelah mengunjungi Pasar Pancingan, Desa Sukarara, Desa Penujak, Desa Sasak Ende, dan Pantai Mandalika.

jalan ke bukit merese lombok - Yopie Pangkey
Jalan sedikit mendaki.

Lokasi Bukit Merese

Lokasi Bukit Merese tidak jauh dari Pantai Kuta Mandalika. Dari kawasan Pantai Kuta Mandalika sekitar 8 kilometer, atau 20an menit dengan kendaraan.

Pantai Kuta dan Bukit Merese ini masih dalam wilayah Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Kira-kira sebelah Barat Daya Pantai Tanjung Aan.

Dari Lombok International Airport berjarak sekitar 26-30 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 40-50 menit.

Sedangkan Kota Mataram – Bukit Merese sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

foto bukit merese lombok - Yopie Pangkey
Ke sebelah kanan tidak mendaki. Ke arah kiri kita ke spot foto yang lebih tinggi.

Harga Tiket Masuk Bukit Merese

Saat kami parkir kendaraan, tidak ada tanda-tanda harus membayar tiket masuk. Yang ada hanya membayar parkir mobil sebesar Rp 10 ribu.

trip ke bukit merese - Yopie Pangkey
Di atas ramai tapi tidak terasa sesak. Karena dataran di atas luas.

Jalan ke Ketinggian Bukit Merese

Di dalam mobil menjelang sampai Jack rekan Genpi Lombok bilang, naik ke atas Bukit Merese itu ringan, ga melelahkan. Bahkan dia bisa sampai ke atas dalam 5 menit katanya.

Saya ga yakin banget bisa, karena melihat bukitnya sepertinya lumayan juga.

Turun di parkiran lalu memulai jalan kaki menanjak, ternyata memang tidak susah. Mudah, tidak curam, namun sedikit capek aja.

Hanya 2 kali istirahat beberapa detik ambil nafas, sudah sampai di atas. Di bagian atas, sudah lebih landai.

Ada pilihan mau ke bagian kanan atau kiri. Saya melewatkan bagian kanan, memilih lebih menanjak ke arah kiri. Ada beberapa puncak bukit kecil yang kelihatannya menarik untuk dieksplorasi.

Saya dan istri memilih untuk memisahkan diri, yang lain asik berkelompok foto ramean. Atas saran Jack juga saya mencoba ke arah ujung tanjung. Tidak sampai ujung, karena kami sampai sudah sore.

merese hills sunset lombok - sunset di bukit merese - Yopie Pangkey
Menikmati suasana sunset yang indah.

Sunset di Bukit Merese

Bentukan bukit ini sudah indah dari sananya. Sudah fotogenik. Saya hanya membawa kamera handphone selama perjalanan ini, dan merasa cukup dengan hasil foto kamera HP Oppo F5 saya.

Memang sih secara kualitas kalau mau dicetak besar pasti bermasalah. Tapi kalau hanya untuk posting di media sosial dan blog sepertinya sudah sangat cukup.

Sejarah sehingga menjadi nama merese ternyata berawal dari kata ‘merisik’ yang berarti gundul.

Memang di bukit ini tidak tampak pepohonan, benar-benar gundul. Hanya rerumputan, bebatuan, dan di beberapa titik terlihat semacam semak belukar.

Namun karena bukit ini gundul lah makanya terlihat indah dan berbeda dari bukit lain yang banyak pohon. Lekuk-lekuk bukit yang membentuk kurva indah di hasil foto kita.

Baca juga:
* Pesona Savana Doro Ncanga dan Festival Tambora 2018

Baca juga:
* Pesona Desa Tenganan Pegringsingan di Karangasem Bali

wisata bukit merese - merese hills sunset - Yopie Pangkey
Asik duduk-duduk santai di sini. Camping bermalam sepertinya asik.

Matahari semakin rendah di Barat, saya dan istri memilih duduk saja menikmati sisa-sisa terang hari itu. Melihat-lihat koleksi foto yang sudah saya ambil dari kamera HP. Dan sesekali foto selfie dan foto suasana matahari terbenam.

Hanya beberapa menit duduk, matahari pun tenggelam. Memang bener deh kalau ada yang bilang ini bukit cinta. 24 jam hari itu berasa sangat lengkap ditutup dengan suasana sunset di Bukit Merese yang sangat indah.

merese hill sunset point - bukit merese lombok ntb - Yopie Pangkey
Dengan DSLR bisa lebih mantab lagi. Ini hasil foto kamera HP Oppo F5. ditambah sedikit edit tentu 🙂

Video Bukit Merese

Video bukit merese bisa lihat di channel youtube saya.

Tempat Wisata Hits di Lombok

Memang ada banyak tempat wisata di Lombok, baik wisata alam dan budaya. Namun sejenak di bukit yang indah dengan menikmati suasana sunset yang menawan, sudah cukup memuaskan hati berwisata di NTB.

Apalagi tempat ini cukup populer di kalangan para traveler/wisatawan. Sudah tahu tempat ini dari beberapa tahun lalu, namun alhamdulillah di akhir 2018 lalu tercapai juga mengunjunginya.

Sangat beruntung bisa bergabung di famtripnya Genpi Lombok Sumbawa. Selain bisa berkenalan langsung dengan kawan-kawan baru, bisa ke beberapa tempat wisata di Lombok.

Yang tak kalah penting bisa tahu lebih banyak gambaran umum pariwisata Lombok Sumbawa dari para pelaku wisata di sana.

Beruntung bisa ke tempat wisata hits di Lombok di tahun 2018 ini dan baru menulisnya di awal 2019. Bukit Merese Lombok memang indah.


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂