Gurihnya Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang Bikin Penasaran

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih – Sesekali bahas kuliner yang ada di Jakarta. Kali ini mengulas wisata kuliner Menteng yang berada di ujung Jalan Kebon Sirih Barat 1. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini yang terkenal se-Jakarta ini berada.

Malam itu sekitar setahun lalu, Senin 12 Maret 2018, saya diajak oleh bang Cholis dan bang Aden kawan wartawan untuk makan malam bareng bang Danang dan bang Riko. Bang Danang dan bang Riko ini sangat terkenal di kalangan Jakmania, supporter Persija Jakarta. Mereka semua memaksa saya untuk ikut makan malam bareng.

Saya sebenarnya ogah-ogahan untuk ikut, namun mereka bertiga bisa aja meyakinkan saya untuk ikut. Saya agak malas sebenarnya, karena sudah makan malam duluan di Yello Hotel Harmoni, tempat kami menginap 2 malam 3 hari.

Baca juga:
* Sop Konro BCA Balikpapan, Rasanya Mantab

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih - Kuliner Menteng - Yopie Pangkey - yopiefranz - 6
Ga sia-sia dipaksa makan bareng. Memang ternyata enak banget 😀

Bang Riko, yang juga sering dipanggil ‘Ayah’ oleh kawan-kawan Jakmania, meyakinkan saya untuk pergi bersama. Nasi Goreng ini kata bang Riko termasuk yang paling enak se-Jakarta. Coba aja sendiri katanya sebelum pergi.

Sampai di lokasi tempat jualan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, terlihat banyak sekali yang sedang makan malam di sana. Padahal saat itu sudah sekitar pukul 20:30 WIB. Ada beberapa yang sedang makan dan beberapa masih menunggu pesanan datang.

Setelah mendapat kursi, kami memesan nasi goreng kambing dan juga sate kambing bumbu kecap.

Sembari menunggu pesanan saya melihat proses memasaknya.

Baca ini ya:
* Cicipi Mie Lendir, Kuliner Khas Tanjungpinang

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih - Kuliner Menteng - Yopie Pangkey - yopiefranz - 1
Meskipun dengan wajan besar, rasa bumbu rempahnya bisa rata lho..

Yang unik adalah, penjual membuat nasi goreng kambing di wajan besar. Bukan membuat berdasarkan pesanan seperti di tempat lain.

Ada 2 wajan yang digunakan untuk membuat nasi goreng. Saat saya memotret satu wajan sudah menjelang selesai dan satunya masih dalam pross.

Konon, resep Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini adalah resep warisan keluarga mereka. Bumbu-bumbu khas seperti minyak samin serta rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit, lada, dan serai, bercampur aduk dengan rata di nasi dalam wajan besar tersebut.

Sebenarnya cara masak nasi goreng segitu banyak biasa dilakukan di kedai-kedai Aceh. Memasaknya sekaligus banyak, setelah selesai disimpan di dalam wadah besar sebelum di sajikan. Atau di beberapa tempat langsung ke dalam piring-piring untuk disajikan kepada pelanggan.

Harga Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih - 30ribu - Kuliner Menteng - Yopie Pangkey - yopiefranz - 3
Ada emping di atasnya.

Rasa Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Memang Maknyosss

Tidak banyak saya ambil beberapa foto proses memasaknya. Karena nasi goreng dalam 1 wajan sudah selesai. Setelah dimasukkan ke dalam beberapa piring, langsung diantar ke beberapa pengunjung. Termasuk ke meja kami.

Aroma rempah dan aroma daging kambing begitu menggugah selera. Perut yang sudah kenyang langsung jadi lapar lagi. Nasinya renyah, pas untuk nasi goreng.

Bumbu-bumbunya terasa sekali di lidah. Mengunyah sambil merasakan rempah-rempah nusantara yang ada di dalam sepiring Nasi Goreng Kambing ini begitu gurih dan nikmat.

Potongan daging kambing sebesar ujung jari melengkapi nikmatnya nasi goreng ini.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih - Kuliner Menteng - Yopie Pangkey - yopiefranz - 2
Sate kambingnya juga mantab.

Harga

Nasi Goreng Kambing Rp.30000
Sate Kambing Rp.55000
Sate Ayam Rp.35000

Baca ini juga;
* Rawon Nguling, Kuliner Wajib Saat ke Probolinggo

Sejarah Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih - dari tahun 1958 -  yopiefranz - 4
Sudah ada dari tahun 1958.

Sejarah

Menurut ceritanya, awal mula Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih adalah dari Almarhum H. Nein yang memulai usaha kuliner di tahun 1958 di Jalan Kebon Sirih.

Saat ini sudah memiliki beberapa cabang di Blok M, BIntaro, Karang Tengah, Pamulang, dan Bandung.

Melalui aplikasi Go-Jek Go-Food, kamu bisa pesan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih.

Dengar-dengar di Yogyakarta ada beberapa yang memakai nama Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Kurang tau benar-benar cabang yang dari Kebon Sirih aslinya atau bukan.

Jam Buka

17:00 – 02:00 WIB

Alamat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih - jalan kebon sirih barat - Yopie Pangkey - yopiefranz - 5
Alamat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih di Jalan Kebon Sirih Barat.

Alamat

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Menteng
Jl. Kebon Sirih Barat, Menteng, Jakarta
Di antara Menara Ravindo dan Bank Mandiri KCP Jakarta Sabang.

Inlah sekilas cerita saya makan malam yang enak banget di Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang legendaris. Sedikit saya singgung sejarahnya, resep, alamat, dan harga. Mau juga datang lagi buat coba menu lainnya.


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂