Traveling Naik Bus Damri Lampung, Asyik dan Nyaman

Bus Damri terbaru - Mercedes Benz OH 1626 NG Series - @ezanezandra
Bus Damri terbaru - Mercedes Benz OH 1626 NG Series. (Foto: @ezanezandra)

Sering banget naik bus Damri Jakarta Lampung dan Damri Bandung Lampung. Bisa memilih jadwal berangkat pagi atau malam. Juga ada pilihan kelas bisnis AC, executive, dan Royal Class. Rute, harga tiket, jadwal berangkat, cara beli online, nomor telpon pool/loket, semuanya jelas.

Kebetulan loket Damri dekat dari rumah. Tinggal jalan sebentar ke Stasiun Tanjung Karang, sudah bisa pesan dan beli tiket secara langsung. Kalau jauh loketnya gimana? Sekarang enak guys, cara beli tiket online sudah tersedia. Bisa beli tiket Bus Damri di Traveloka. Ga pake capek jalan keluar rumah.

Traveling dengan Bus Damri itu mengasyikkan, Damri Lampung armada busnya bagus-bagus. Apalagi kalau naik yang kelas eksekutif dan Royal Class. Nyaman banget dan harga masih terjangkau.

Pelayanan saat memesan tiket, melapor sebelum keberangkatan, pelayanan selama perjalanan, driving, dan fasilitas, semua memuaskan.

Pernah, hanya sekali saya alami, bus terlambat sekitar 15 menit. Selebihnya seringnya on-time, malah beberapa kali in-time karena penumpang sudah semua naik kedalam bus.

Dulu, saat bus naik kapal kita bisa tetap duduk atau tidur di dalam bus. Karena sering kali mendapat kapal yang kurang asik. Namun sekarang setelah bus masuk ke kapal kita harus turun dan naik ke deck penumpang di atas. Ini penting banget, karena alasan keselamatan penumpang.

Tapi sekarang kan enak, Bus Damri menggunakan dermaga eksekutif yang kapalnya rata-rata bagus.

Baca juga ya:
* 40 Tempat Wisata Menarik di Lampung

Bus Damri terbaru - Mercedes Benz OH 1626 NG Series - @ezanezandra
Bus Damri terbaru – Mercedes Benz OH 1626 NG Series. (Foto: @ezanezandra)

Fasilitas Bus Damri

Saya agak kesulitan kalau naik bus dengan ruang tempat duduk yang sempit. Kalau naik Bus Damri kelas Bisnis AC, biasanya pesan tempat duduk paling depan di belakang driver.

Atau naik yang kelas executive dan royal class yang lebih lapang. Kalau kita setting sandaran tempat duduk merebah, orang di belakang kita tidak akan terganggu. Masih ada ruang tersisa di bagian belakang kita.

Traveling sambil kerja, ini sering saya alami. Colokan listrik adalah pelayanan yang paling saya butuhkan kalau sudah begitu. Tetap menjaga handphone saya tetap terisi daya.

Wi-Fi menjadi pelayanan berikutnya yang sangat membantu. Walau saya sangat jarang menggunakan layanan Wi-Fi bus Damri. Di beberapa waktu wi-fi sangat membantu, saat jaringan provider yang saya gunakan sinyalnya kurang kuat di beberapa titik sepanjang perjalanan.

Fasilitas di Bus Damri Royal Class: AC, toilet, reclining seat, sandaran kaki, power supply, wifi, central multimedia, smoking room, dispenser, bantal, selimut, snack dan air mineral, air panas, bagasi.

Bus yang digunakan adalah HD (Mercedes Benz) dengan format tempat duduk 2-1 dan berkapasitas 21 penumpang.

Interior damri royal class - @ezanezandra
Interior damri royal class. (Foto: @ezanezandra)

Trayek/Rute Bus Damri Lampung

Saya masih ingat saat Damri membuka rute Lampung Jakarta, dan sebaliknya Jakarta Lampung, pertama kali. Saat itu hanya 1 armada bus yang melayani rute tersebut.

Sekarang entah sudah berapa armada yang melayani rute Jakarta Lampung. Yang saya tahu sekarang sudah ada Damri Bogor Lampung, Damri Bandung Lampung, Damri Bekasi Lampung, Damri Depok Lampung, Damri Yogyakarta Lampung.

Rute Jakarta Lampung menggunakan armada paling banyak setiap harinya. Ada bus pagi dan bus malam.

Setiap hari tiket Damri Lampung habis terjual. Di hari-hari besar seperti lebaran malah harus pesan beberapa hari sebelum supaya kebagian tiket.

Lorong Bus Damri.
Lorong Bus Damri.

Berapa Lama Perjalanan Jakarta Lampung?

Dulu perjalanan Jakarta Lampung membutuhkan waktu sekitar 9 jam. Alhamdulillah, sejak beroperasinya Tol Bakauheni – Terbanggi Besar dan Dermaga Eksekutif Merak/Bakeuheni, menjadi sekitar 6-7 jam.

Diberitakan bahwa, sejak tanggal 17 April 2019 Damri melewati sebagian besar Tol ke Bakauheni dan menggunakan dermaga eksekutif untuk menyeberang.

Semakin singkatnya perjalanan darat Jakarta Lampung diperkirakan akan membuat banyak traveler memilih untuk naik bus Damri.

Baca ya:
* Pulau Pisang Lampung Punya Banyak Pesona

Bus Damri Saat Musim Mudik 2019

Permintaan seat selama arus mudik dan arus balik seperti biasa akan meningkat. Untuk lebaran 2019 ini, rute Damri Jakarta Lampung akan mendapat bantuan armada dari rute lain.

Jadi kamu jangan terlalu kawatir kehabisan. Tapi tetap ya, sebaiknya segera lakukan pemesanan tiket.

Jadwal keberangkatan dari Gambir juga ada penyesuaian selama musim mudik. Biasanya kan di pagi hari berangkat pukul 08.00, 09.00, 10.00, serta di malam hari pukul 20.00, 21.00, 22.00.

Selama angkutan lebaran 2019, dikatakan GM Perum Damri Lampung, Suranto, “Prinsipnya tidak ada penolakan penumpang. Berapa pun jumlah penumpang tetap kami layani.”

Jadi kalau bus sudah penuh, bus bisa berangkat. PO Damri tidak membatasi penumpang selama angkutan lebaran 2019.

Untuk kelas executive dan royal class tetap terbatas. Hanya Bisnis AC yang selalu ada tiketnya.

Seat Damri Royal Class
Seat Damri Royal Class

Tarif Bus Damri Selama Angkutan Lebaran 2019

Tarif Bus Damri Selama Angkutan Lebaran 2019, baik saat arus mudik dan arus balik, tetap berpatokan pada PM Nomor 2 Tahun 2016 tentang Tarif Dasar Tarif Batas Atas dan Batas Bawah angkutan penumpang antar kota antar provinsi.

Harga Tiket Damri Selama Angkutan Lebaran 2019

Harga Tiket Damri Jakarta Lampung

Bisnis: Rp. 125.000
Eksekutif: Rp. 285.000
Royal Class: Rp. 350.000

Harga Tiket Damri Bekasi Lampung

Royal Class: Rp. 355.000
Bisnis: Rp. 230.000

Alamat Pool/Loket DAMRI

DAMRI Gambir Jakarta
Stasiun Gambir Jakarta Pusat
Telpon: 0813-2920-0518

Pool Damri Bekasi
Ruko Grand Center, No.10
Jalan Cut Mutia, Margahayu, Bekasi Timur
No Telp Damri Bekasi: 0813-6995-0010

Pool Damri Bekasi Kayuringin
Jalan Tawes Raya, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan

Pool Damri Bogor
Jl.Pajajaran, samping Botani Square.

Cara Beli Tiket Bus Damri Online

Sekarang sudah enak sudah bisa tiket bus damri secara online. Jadi kita tidak perlu lagi capek-capek ke loket/pool Damri.

Cara beli tiket Damri Online:

  • Buka webiste atau aplikasi Traveloka
  • Isi detail bus di kotak pencarian bus
  • Lihat bus dan jadwal yang tersedia
  • Pilih bus yang diinginkan
  • Isi kontakmu dan nama penumpang
  • Segera lakukan pembayaran
  • Lihat e-ticket (tiket elektronik) di email, sms, atau di bagian ‘My Booking’ Traveloka.

Selain itu, kamu bisa datang langsung ke loket Damri beberapa hari sebelum keberangkatan. Atau bisa juga di Indomart.

Kebijakan PO DAMRI

Setelah memesan dan melakukan pembayaran, kita tidak bisa membatalkan dan meminta uang kembali.

Kita juga tidak bisa mengubah jadwal keberangkatan yang sudah kita pilih.
Termasuk kalau kita terlambat dan ketinggalan bus. Tidak dapat meminta uang kembali.

Oleh karena itu, sebelum memesan dan membayar baiknya benar-benar teliti. Jangan sampai salah pilih bus dan jadwal.

Baca juga:
* Inilah 47 Pantai Menarik di Lampung yang Bisa Kamu Kunjungi

Kesimpulan

Dari dulu sampai sekarang saya suka banget naik bus Damri. Saya bisa memilih jadwal keberangkatan yang tersedia setiap hari, bisa pagi atau malam.

Pelayanan oleh staf Damri memuaskan, jadwal keberangkatan on-time, busnya nyaman. Dan yang paling utama adalah harga tiketnya masih terjangkau oleh dompet saya 😀

Kamu bagaimana? Sudah pernah traveling ke Lampung naik Bus Damri? Kalau belum pernah, sebaiknya coba deh sesekali. Bakal ketagihan naik Damri 😀