Naik Kereta ke Jogja, Ini Destinasi yang Akan Kami Kunjungi

Setiap liburan di Yogyakarta itu selalu saja ada pengalaman dan kenangan yang baru. Meskipun destinasi yang didatangi sama, namun ada saja cerita baru disana. Minimal ada foto-foto baru buat menambah stok foto kita yang bisa diunggah ke media sosial.

Ke berbagai tempat wisata Jogja, terngiang-ngiang lirik lagu terkenal. “Terhanyut aku akan nostalgia, saat kita sering iuangkan waktu, nikmati bersama suasana Jogja”. Terbayang wisata hutan pinus di Mangunan, Tebing Breksi, Candi Prambanan, Kraton Ratu Boko, Candi Ijo, Gua Jomblang, Gua Pindul, Malioboro, Pasar Beringharjo, Kaliurang, Lereng Merapi, dan lainnya.

Naik pesawat sudah, bagaimana kalau berikutnya ke Kota Gudeg dari Jakarta naik kereta yuk. Begitu ajakan istri saya, ingin mengulang kembali perjalanan kami seperti di akhir tahun 2017 lalu.

Baca juga ya:
* Newtown Kopitiam, Tempat Makan dan Ngopi Asik di Palembang

Sepertinya asyik juga ide tersebut. Naik kereta kan sudah enak sekarang. Jakarta Yogyakarta tidak memakan waktu terlalu lama, seat-nya juga nyaman dan ada beberapa kelas dan jenis kereta yang ditawarkan oleh PT KAI.

Daftar Isi:

Daftar Tempat Wisata di Jogja

Niat naik keretanya sudah. Terus mau kemana lagi di Jogja?

Sekarang saatnya menentukan mau kemana selama di Daerah Istimewa hasil dari peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Mengulang kembali semua destinasi yang pernah dikunjungi? Kenapa tidak.

Berikut ini beberapa tempat wisata Yogyakarta yang pernah kami datangi di tahun 2017 lalu. Dan ingin kami kunjungi kembali, saat liburan ke Yogyakarta dengan naik kereta api.

1. Hutan Pinus Pengger

Mengunjungi Hutan Pinus Pengger di malam hari terasa syahdu sekali. Perjalanan dengan mobil sewaan dari homestay kami di Desa Wisata Kaki Langit tidak begitu jauh. Melewati jalan berliku khas pegunungan dan beberapa perkampungan.

Memang disaat malam, Hutan Pinus Pengger tetap banyak pengunjungnya. Sekadar duduk-duduk di beberapa warung, sambil ngobrol bersama kawan-kawan. Atau berfoto di berbagai sudut hutan pinus yang menawan.

Favorit pengunjung adalah sebuah spot berbentuk limas kerucut yang terbuat dari akar pepohonan. Dengan latar belakang lampu-lampu perkotaan di malam hari.

2. Bukit Panguk Kediwung

tempat wisata di yogyakarta - bukit panguk kediwung - yopie pangkey
Tempat wisata di Yogyakarta yang asyik dikunjungi pagi hari, Bukit Panguk Kediwung.

Keesokan harinya setelah sholat subuh awal, kami bergegas ke Bukit Panguk Kediwung. Sesuai saran dari kawan-kawan Jogja dan pemilik homestay, disini kita bisa menikmati suasana pagi yang sangat indah dengan pemandangan kabut di lembah.

Banyak spot foto buatan yang lucu-lucu di Bukit Panguk Kediwung. Kami dikenai biaya Rp. 3000/orang, masih terjangkau ya.

Dan memang benar, hanya dengan kamera mirrorless standar, foto-foto kami disini lumayanlah buat mengisi feed instagram. Berfoto dengan latar belakang kabut tebal atau kabut tipis dengan pemandangan lembah yang menawan di bawahnya.

3. Seribu Batu Songgo Langit

tempat wisata di jogja - Seribu Batu Songgo Langit - yopie pangkey
Seribu Batu Songgo Langit.

Kawasan wisata hutan pinus di Mangunan yang menjadi ikon adalah Seribu Batu Songgo Langit. Disini setiap harinya bisa ribuan wisatawan datang untuk menikmati kesejukan udara dan foto-foto di berbagai sudutnya.

Tempat wisata Jogja yang asri ini, ada rumah hobbit, rumah seribu kayu, wahana flying fox di Hutan Pinus Seribu Batu Songgo Langit.

Biaya tiket masuknya cukup terjangkau. Tiket motor sebesar Rp 2000. Sedangkan mobil Rp 5.000, dan orang Rp. 2500.

4. Hutan Pinussari

Hutan Pinussari Mangunan - tempat wisata jogja
Hutan Pinussari Mangunan.

Lebih keatas dari Seribu Batu Songgo Langit, ada juga Hutan Pinusan bernama Hutan Pinussari. Pepohonan pinus di sini terlihat lebih rapat, sehingga memberi nuansa lain dibanding hutan pinus lain di Mangunan.

Duduk-duduk di Hutan Pinussari cukup asyik. Sesekali pindah tempat dan foto-foto.

Suasana pagi disini sama asyiknya dengan suasana sore. Tenang, sejuk, dan menenangkan hati.

5. Tebing Breksi

Tebing Breksi Yogyakarta
Tebing Breksi.

Tebing Breksi tadinya hanyalah sebuah lokasi tambang batu yang kemudian disulap menjadi obyek wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Kita bisa menaiki tebing batu tersebut dari tangga yang merupakan bagian dari tebing batu yang dipahat. Diatasnya, bisa memandang pemandangan dibawah sampai yang jauh ke cakrawala.

Juga ada pahatan batu yang membentuk naga besar. Menjadi rebutan wisatawan untuk berfoto disitu.

6. Candi Ijo

candi ijo jogja - tempat wisata jogja - yopie pangkey
Candi Ijo.

Lebih keatas dari Tebing Breksi, kita bisa mengunjungi Candi Ijo. Sebuah kompleks candi Hindu yang diperkirakan dibangun di abad ke-10 sampai ke-11 Masehi.

Pemandangan dari Candi Ijo benar-benar luar biasa, selain tentu saja indahnya sejarah yang menyelimuti komplek candi dengan teras-teras berundak tersebut.

Kamu bisa datang di sore hari dan menikmati suasana sunset dari halaman Candi Ijo.

7. Malioboro

jalan malioboro yogyakarta - yopie pangkey
Jalan Malioboro Yogyakarta.

Tidak bisa tidak, Malioboro adalah jalan yang harus kamu kunjungi kalau sedang berlibur di Yogyakarta. Setelah berbelanja beberapa pakaian batik untuk oleh-oleh, asik juga menghabiskan waktu sore dan malam di sepanjang jalan yang sudah memberikan banyak kenangan ke banyak wisatawan.

Kita bisa berjalan kaki dari ujung ke ujung, duduk-duduk di banyak kursi yang disediakan, makan di beberapa warung lesehan, minum Kopi Keliling.

Dan sesekali musisi jalanan beraksi. Membuat kita terhanyut akan nostalgia. Nikmati bersama suasana Jogja.

Kereta Jakarta Jogja

Baru merencanakan mau bepergian naik kereta ke Jogja saja sudah bisa membuat pikiran saya terbang duluan ke berbagai tempat wisata Jogja. Nah, sekarang kita matengin dulu aja deh rencana bepergian dengan keretanya.

Ada banyak pilihan jadwal kereta Jakarta Yogyakarta yang bisa kita pilih. Bisa pagi, siang, maupun malam.

Jadwal Keberangkatan Kereta Jakarta Jogja

Saat saya cek di Traveloka, jadwal kereta Jakarta Yogyakarta tersedia dari pukul 08:00 dan 08:30 WIB. Di sore hari pukul 16:30 WIB. Sedangkan malam hari pukul 20:15 dan 20:45 WIB.

Harga Tiket Kereta Api Jakarta Yogyakarta

Untuk harga tiket kereta api Jakarta Jogja, atau Stasiun Gambir ke Stasiun Yogyakarta, harganya dimulai dari Rp. 260.000 sampai Rp. 350.000. Ada lagi yang beda dan lebih mahal ya, seperti kereta sleeper dengan kelas luxury.

Disini kita bahas kereta executive saja dulu.

Jadwal keberangkatan - Harga Tiket Kereta Api Jakarta Yogyakarta
Jadwal keberangkatan dan Harga Tiket Kereta Api Jakarta Yogyakarta. (Sumber: traveloka)

Lama Perjalanan Kereta Api Jakarta Jogja

Lama perjalanan kereta api dari Jakarta (Gambir) ke Yogyakarta, paling cepat adalah selama 7 jam 30 menit. Dan paling lama 8 jam 10 menit.

Kesimpulan

Kalau kamu memesan tiket kereta di Traveloka juga bisa pilih tempat duduk sesuai keinginan. Tidak perlu ragu. Sama seperti memesan melalui KAI Access. Cara bayarnya juga banyak pilihan. Bisa dengan kartu kredit atau debet.

Mana saja sesuai dengan aplikasi yang kamu punya di HPmu. Kalau saya sudah terbiasa memesan di satu aplikasi saja, yang bisa memesan kamar hotel, tiket pesawat, berbagai bus, dan kereta.

Baca juga:
* Traveling Naik Bus Damri Lampung, Asyik dan Nyaman

Sering juga memesan tiket Bus Damri Royal Class Lampung Jakarta melalui Traveloka. Atau pesan tiket kereta Lampung Palembang. Mudah cara pesan dan bayarnya.

Yang jelas, liburan berikutnya kami ingin naik kereta. Terus berwisata ke beberapa tempat wisata Jogja. Bagaimana kalau kamu?


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂