Nikmatnya Cita Rasa Kuliner Khas Belitung

Kuliner Belitung – Kita duduk-duduk saja dulu di kantin bandara sambil menunggu yang belum tiba dari Jakarta, begitu ajakan pertama untuk makan dari tour guide kece kami dari Visca Tour bang Romi. Di kantin bandara itu lah saya pertama kali minum kopi di Belitung. Dan di situ saya sudah membayangkan bakal nikmati wisata kuliner khas Belitung, baik makanan beratnya maupun suasana di kedai kopinya.

Kuliner itu bukan keahlian saya banget. Maklum aja kalau di lidah saya semua makanan itu cuma ada dua rasa, enak dan enak banget (hehehe..). Pernah tinggal 6 bulan di sebuah desa di Jawa Timur yang di sekelilingnya itu banyak kebun tebu. Alhasil banyak makanannya yang manis banget karena menggunakan air tebu sebagai pemanis.

Pernah lama sekali tinggal di Aceh. Pada awalnya perut saya sering protes dengan masakannya yang sangat berbumbu dan pedas. Tapi sekarang saat sudah pulang di Lampung saya sering kangen dan mencari makanan khas Aceh. Jadi untuk soal rasa, saya mah orangnya ngikut aja πŸ˜€

Kali ini saat nikmati wisataΒ Belitung saya pun mencoba menetralkan lidah saya dulu. Kumur-kumur yang banyak sebelum pergi pakai air dari tujuh sumur (ini ga bener ya..) supaya lidah bisa mulai dari nol lagi kayak saat isi bensin di SPBU. Lalu bisa merasakan betul kuliner kesukaan rata-rata warga Belitung.

Tempat-tempat makan berikut di bawah ini saya tulis berdasar urutan waktu kunjungan saya.

Mie Belitung Atep

Boleh dibilang Mie Atep ini mie paling top seantero kota Tanjung Pandan. Biasa aja saat pertama kali melihat tampilan tempatnya di sebuah ruko di jalan Sriwijaya kota Tanjung Pandan. Tapi coba masuk ke dalamnya dan lihat pajangan foto-foto yang ada di dindingnya.

Banyak artis dan tokoh politik yang sudah mampir di Mie Belitung Atep. Dari bu Megawati Soekarno Putri sampai Deddy Corbuzier pernah makan di sini. Tak mau kalah admin instagram @kelilinglampung_ juga ikutan makan di sini.

Wisata Kuliner Belitung - Mie Belitung Atep - Yopie Pangkey - 2 Wisata Kuliner Belitung - Mie Belitung Atep - Yopie Pangkey - 1

Mie Belitung terbuat dari tepung terigu dengan kuah bumbu yang sangat terasa kaldu udangnya. Selain mie ada dicampur dengan udang rebus, tahu goreng, kentang rebus, kecambah, timun, dan emping. Satu porsinya akan terasa kurang bagi yang punya perut seperti saya. Apalagi kalau lidahnya cuma ada enak dan enak banget, satu porsi bakal kurang.

Selesai makan mie yang bagi saya terasa manis ini akan nikmat jika ditutup dengan minum es jeruk kunci yang asam.

Wisata Kuliner Belitung - Es Jeruk Kunci - Mie Belitung Atep - Yopie Pangkey

Sop Gangan di Rumah Makan Fega

Jauh sebelum pergi, saya sudah membayangkan gurihnya sop yang bewarna kuning ini. Apalagi baca kicauannya @travelerien beserta foto yang bikin ngiler. Di Rumah Makan Fega saya pertama kali melihat langsung dan merasakan gurih kuah dan ikannya.

Wisata Kuliner Belitung - RM Fega- Yopie Pangkey - 3

Bisa makan sambil memandang danau di RM Fega.

Di Rumah Makan Fega kami dihidangkan ikan bakar, cah kangkung, sate ayam, cumi goreng terigu, dan tentu saja Gangan.

Karena penasaran yang sudah saya bawa dari Lampung, Kuah Gangan yang pertama kali saya cicip. Tiga kali seuput, sangat terasa kunyit dan lengkuas (bener ga ya?). Kuahnya tidak terlalu kental, tapi kaya rasa asam pedas manis menurut saya. Segarnya keluar dari potongan-potongan nanas sebagai pengganti asam manis menurut saya. Dan tentu saja potongan-potongan cabe rawitnya yang membuat sop ini terasa lebih segar. Ada rasa gurih dari terasi juga kah?

Wisata Kuliner Belitung - RM Fega - travelerien - 1

Ga ada saingan πŸ˜€

Ada tiga meja yang dihidangkan menu-menu di atas. Saya lihat satu meja yang ditempati oleh mbak Samsiah dan ibunya, serta mbak Dian dengan Lala anaknya. Saya pindah ke situ karena yakin pasti mereka makannya sedikit, dan perut gentong saya ga ada saingan melahap semua yang di meja. Benar-benar ga ada saingan, menu di meja itu ga habis dimakan. Berasa makan sendirian πŸ˜€

Menurut cerita, hampir setiap rumah tangga di Belitung selalu menyajikan gangan untuk santapan keluarga. Isinya bisa bermacam-macam. Dari ikan tenggiri, belanak, bebulus, ilak, dan kerisi. Juga ada gangan daging sapi, kepiting, udang, dan ikan asin.

Seiring pesatnya pariwisata Belitung karena popularitas film Laskar Pelangi, Sop Gangan juga semakin dikenal oleh wisatawan luar Belitung.

Wisata Kuliner Belitung - RM Fega- Yopie PAngkey - 2

Ikan bakar dan cumi goreng tepungnya gurih.

 

.Makan Bedulang di Rumah Makan Timpo Duluk

Pernah dengar peribahasa “Bagai dulang dengan tudung saji”? Peribahasa tersebut mempunyai arti cocok/sesuai/serasi satu sama lain. Memang sih, kalau ada dulang pasti ada tudung saji. Dulang merupakan nampan/wadah berbentuk bundar yang menjadi wadah untuk beberapa piring berisi makanan. Dulu sekali dulang terbuat dari kayu lalu tergantikan dengan wadah yang terbuat dari seng.

Wisata Kuliner Belitung - RM Timpo Duluk - Yopie Pangkey - 2

Wisata Kuliner Belitung - RM Timpo Duluk - Yopie Pangkey - 6

Makan bedulang dalam budaya Belitung bisa berarti makan bersama-sama dengan menggunakan dulang sebagai wadah menyadikan makanan. Awalnya saya berpikir kami akan makan bersama-sama dalam satu dulang, namun ternyata tidak. Kami tetap menggunakan piring masing-masing. Menunya saja yang dari satu dulang.

Tiga dulang disajikan ke kami oleh kru RM Timpo Duluk. Disajikan lengkap dengan tudung sajinya yang terbuat dari kayu bewarna merah. Memang benar-benar serasi kita lihatnya. Saat tudung dibuka sebenarnya saya ingin langsung menyambar ikan gorengnya. Tapi harus ada sesi foto dulu untuk kelengkapan menulis di blog πŸ˜€

Wisata Kuliner Belitung - RM Timpo Duluk - Yopie Pangkey - 3

Wisata Kuliner Belitung - RM Timpo Duluk - Yopie Pangkey - 5

Piring yang kami gunakan.

Dalam satu tudung ada beberapa menu yang disajikan. Malam itu kami makan dengan nikmat gangan daging sapi, sate ikan, ayam ketumbar, ikan bebulus goreng, oseng-oseng, sambal nanas, dan sambal serai. Sate ikannya enak banget, juga sambal serainya.

Oya, sate ikan di sini bukan seperti yang biasa kita lihat. Sate ikannya berbentuk seperti otak-otak besar yang terbuat dari olahan ikan. Rasanya lezat banget. Kalau mampir sedang jalan-jalan di Belitung mesti coba yang ini.

Makan Siang di Restoran Pulau Kepayang

Kebayang ga makan siang dengan kaki beralas langsung dengan pasir pantai, dalam keadaan lelah dan lapar selesai menaiki mercusuar dan snorkeling di pulau Lengkuas. Pastinya makan dengan lahap.

(Baca ini: Pesona Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang )

“Yang mau minum kopi dan teh langsung saja di sini.” Begitu yang dikatakan oleh bang Romi Tour Guide kami setibanya di pulau Kepayang. Memang karena hobi minum kopi, saya pun langsung menuangkan kopi panas dari teko besar yang sudah disediakan di tengah ruangan untuk seluruh pengunjung restoran ini. Lumayan untuk menghangatkan badan sambil menunggu grup ibu-ibu satu rombongan selesai bilas dan salin.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 37

Seperti yang sudah saya perkirakan, menunya bakal ga jauh-jauh dari seafood. Di sini kami disuguhkan kembali ikan bakar, cah kangkung, gangan ikan, cumi goreng tepung, kepiting bumbu, dan sate udang. Perut sudah kenyang pun, mulut rasanya pingin tetap menguyah makanan yang masih tersisa di meja. Jarang banget bisa makan lezat di pulau kecil begini. Kalau ada kesempatan mengulang, saya akan lakukan lagi.

Wisata Kuliner Belitung - restoran pulau kepayang - Yopie Pangkey

Makan Malam di RM Berage

Rumah makan ini terletak di jalan Sijuk, lurusan jalan Sriwijaya kalau dari arah Bundaran Batu Satam. Atau berjarak kurang dari 4 km dari Bundaran Batu Satam. Bisa jadi salah satu alternatif tempat makan kalau kamu berkunjung di Tanjung Pandan.

Menunya tidak jauh beda dengan rumah makan lain yang kami datangi selama 3 hari di Belitung. Selalu ada menu gangan ikan, ikan bakar, cumi goreng tepung, udang bakar tusuk sate.

Wisata Kuliner Belitung - RM Berage - Yopie Pangkey - 1

Kuliner Belitung – 3 Hari makan ikan

Benar-benar 3 hari 2 malam ini kami wisata kuliner Belitung dengan beragam menu yang memanjakan lidah. Di sela-sela makanan, saya masih sempat mencuri waktu menikmati kopi Belitung di kafe Bahagia dekat bundaran Batu Satam dan dua kali di Kedai Kopi Kong Djie Unique Bistro di pantai Tanjung Pendam.

Pengalaman wisata kuliner Belitung yang luar biasa bagi orang seperti saya yang sebenarnya jarang makan ikan.

Kamu pernah makan Gangan?

Terima kasih Visca Tour. Lain waktu akan datang lagi 🙂
www.viscatour.com
viscatour@mail.com
081949108582


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya πŸ™‚