Sop Konro BCA Balikpapan, Rasanya Mantab

Ada satu tempat makan enak di Balikpapan yang saya coba di bulan Juli 2018 lalu dan masih berkesan sampai sekarang di awal Maret 2019 ini. Yaitu Sop Konro BCA Balikpapan.

Meskipun warung ini berada di gang sempit namun ternyata inilah Konro paling terkenal di Kota Balikpapan, Kalimnatan Timur.

Berada diJalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. Lokasinya berada di gang samping Bank BCA KCU Balikpapan, juga di samping Bank BTN Kantor Cabang Balikpapan.

Sop Konro samping BCA Balikpapan - Yopie Pangkey - 1
Sop Konro samping BCA Balikpapan.

Kuliner khas Makassar ini ternyata cukup terkenal di Balikpapan. Selain tahu dari Tripadvisor, saya juga dapatkan info dari beberapa orang yang saya tanya dan melalui pencarian di berbagai sumber.

Konro adalah sejenis masakan sup iga sapi/daging sapi yang berasal dari Bugis/Makassar. Kuahnya bewarna kehitaman dan biasanya dikombinasikan dengan potongan ketupat saat makannya.

Baca juga:
* Rawon Nguling, Kuliner Wajib Saat ke Probolinggo

Banyak yang Rela Antri

Kami datang sebelum jam makan siang, sebelum ke Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport. Untuk kembali pulang ke Jakarta dan Lampung.

Belum terlalu ramai yang makan di sana. Karena pesan dari driver yang mengantar kami, kalau datang pas jam makan siang bisa lumayan antrinya.

Masih kata driver, kalaupun ramai dan antri, biasanya para pengunjung itu sabar menunggu sampai ada tempat duduk yang kosong.

Sop Konro BCA Balikpapan - tempat makan enak di balikpapan - Yopie Pangkey - 4
Salah satu tempat makan enak di Balikpapan.
Sop Konro BCA Balikpapan - rekomendasi makanan di balikpapan - Yopie Pangkey - 5
Salah satu rekomendasi makanan di Balikpapan.

Sop Konro dan Sop Saudara

Setelah duduk di kursi yang masih banyak kosong, kami dihampiri seorang yang bertanya mau pesan apa. Di banner yang tertempel di dinding tertulis ada Sop Konro, Sop Paru Goreng, Sop Lidah, Sop Saudara, dan Coto Makassar.

Karena terkenal dengan Sop Konro, kami kompak pesan 6 sop konro. Dan tambahan 3 sop saudara.

Tidak terlalu lama menunggu, semua pesanan sudah di hadapan kami masing-masing. Seporsi dihidangkan dalam semangkuk ukuran normal. Tampilan, warna kuah, dan aromanya begitu menggugah selera.

Sop Konro BCA Balikpapan - Yopie Pangkey - yopiefranz
tulang iga sapi.

Tampilan sop konro benar-benar menarik hati buat segera menghabiskannya. Ada satu tulang iga sapi yang cukup besar yang masih ada daging menempel di tulang. Juga ada daging di dalam supnya.

Daging dan kuahnya benar-benar enak dan gurih banget. Bumbu rempahnya berasa banget di lidah, seperti sayang saat harus menelan.

Setelah meghabiskan 1 porsi sop konro, saya mencoba sop saudara. Kuahnya sama saja sih menurut saya, isinya saja yang sedikit berbeda. Di Sop Saudara ada tambahan campuran jeroan.

Jadi penasaran ya sama resep sop konro ini. Pingin belajar masaknya, biar bisa sering-sering makan sop konro di Lampung 😀

Kapan-kapan kita bahas Sop Konro yang ada di Bandar Lampung ya 😀

Baca yang ini juga:
* Cicipi Mie Lendir, Kuliner Khas Tanjungpinang

gimana harganya?

Harga Sop Konro BCA Balikpapan

Harga satu porsi sop konro adalah Rp. 45ribu dan Sop Saudara Rp 35ribu. Kerupuk Rp. 2000. Harga segitu sudah termasuk minuman apa saja yang dipesan.

Salah Satu Tempat Makan Enak di Balikpapan

Sama seperti di Lampung, ternyata Balikpapan juga kaya budaya nusantara. Ada beberapa suku bangsa yang tingal di sana. Makanya banyak makanan daerah selain kuliner Kalimantan Timur.Termasuk Sop Konro ini, kuliner khas Makassar yang menjadi kuliner terkenal di Balikpapan.

Meskipun berada di gang sempit, Sop Konro BCA Balikpapan ini banyak yang suka. Hari-harinya selalu ramai pengunjung yang ingin menikmati kuliner khas Makassar yang ada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Salah satu rekomendasi makanan di Balikpapan yang bisa kamu coba kalau sedang berwisata di sana. Mudah-mudahan di tahun 2019 ini bisa mampir kembali di Sop Konro BCA Balikpapan. Kuliner dengan rasa dahsyat di gang yang sempit.


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂