Pesona Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 5

Pantai Tanjung Kelayang, tempat menyeberang menuju Pulau Lengkuas.

Pagi itu hari kedua di Tanjung Pandan,Β Belitung, Senin (02/05/2016), saya bangun pukul 05:30 dengan badan segar. Ga kebayang kalau malamnya menerima tawaran mas Hari JT owner Visca Tour untuk ngopi bareng di salah satu kedai kopi yang terletak di pusat kota. Asik sih nikmati suasana kedai kopi di malam hari, tapi bakal kurang tidur dan ga fit deh untuk jalan-jalan nikmati wisata Belitung. Apalagi menurut itenerary yang saya terima, hari ini bakal menaiki mercusuar dan snorkeling di Pulau Lengkuas.

Ya, saya ga mau peristiwa vertigo di Tanjung Putus terulang kembali. Makanya tiap mau snorkel harus kudu cukup tidur dan jangan sampai kena flu. Kalau selesaiΒ snorkel diajak ngopi sampe pagi, itu gapapa deh. Sekalian capeknya, hehehe.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 1

Hotel Central City 2, Tanjung Pandan, Belitung.

Pagi itu sempat jalan pagi mengelilingi 1 blok hotel saya menginap, hotel Central City 2. Melemaskan kaki sebelum snorkel sekalian lihat-lihat suasana pagi sekitar. Lalu dilanjutkan dengan sarapan dan siap-siap. Siapin baju ganti, handuk, dan kamera action. Mau mandi dulu males, nanti juga kan basah-basahan πŸ˜€

Menuju Pantai Tanjung Kelayang

Kurang lebih pukul 08:30 bis yang mengantar kami sudah keluar hotel Central City 2 yang terletak di jalan Seroja. Belok kiri memasuki jalan Melati, lalu jalan Pattimura, lalu ikuti jalan Tj. Pandan – Tj. Kelayang. Rata-rata jalannya lurus, dengan sedikit sekali berliku dan tanjakan. Setelah menempuh 27 kilometer dalam 30 menit akhirnya kami sampai di pantai Tanjung Kelayang.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 4

Pantai Tanjung Kelayang.

Turun dari bis, kami dipersilakan menuju pantai. “Nanti kita foto bareng di bawah tulisan Welcome to Belitong ya.” Begitu pesan bang Romi guide kami sewaktu masih di dalam bis. Tetapi saya sepertinya ketinggalan kereta. Masih berkutat dengan urusan ukuran fin untuk kaki saya yang berukuran di atas rata-rata, saya sepertinya tak sempat berfoto bareng kawan-kawan lain di bawah tulisan itu πŸ˜€

Tapi untungnya sudah terbiasa motret dimana-mana. Bukti keberadaan kita di suatu tempat cukup ditunjukkan dengan hasil foto saja, ga melulu dengan foto dengan muka kita di dalamnya πŸ™‚

Lalu kami dibekali dengan jaket pelampung, doa bersama, lalu foto bersama lagi di pantai. Yang kali ini saya ikutan, tapi fotonya di mana ya… Lalu kami naik perahu.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 6

Jaket pelampung sudah dikenakan, siap berangkat.

Membayangkan apa ibu saya sudah pernah kunjungi pantai ini dan lewati jalan yang kami lalui tadi, apa kondisi jalannya sama. Waktu itu ibu pernah berkunjung ke Belitung, 10 hari kalau ga salah. Bersama-sama adik-adik kandungnya, keponakan-keponakan. Dulu ada paman yang tugas di Belitung selama 2 tahun. Dan dia beberapa kali undang keluarga untuk berkunjung, termasuk mengajak kakak iparnya yang di Lampung, yaitu ibu saya. Sesampai di rumah saya akan cerita dan bertanya-tanya, selesai trip ini.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 7

Batu berbentuk kepala burung.

Pulau Pasir

Perahu lepas jangkar, lepas tali lepas cinta.. ehh itu kan lirik lagu ya πŸ˜€ Kami mengarah ke sebuah pulau kecil yang tidak jauh letaknya dari daratan. Ada gugusan batu-batu besar, dan salah satu batunya meyerupai bentuk kepala burung. Ingin sebenarnya untuk merapat dan motret lebih dekat, tapi ini trip jalan-jalan biasa bukan trip fotografi. Mas Hari JT bilang spot ini bagus difoto saat matahari terbit. Langsung deh membayangkan bisa datang lagi kemari satu saat nanti.

Lalu kami lanjut ke sebuat gosong pasir/pasir timbul yang tak terlalu luas. Di situ tampak sudah ada beberapa rombongan yang sedang asik berfoto-foto, baik foto bintang laut yang memang banyak sekali ada di sekitar atau foto bareng ramai-ramai.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 8 wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 9

Di sini kawan-kawan seperjalanan kembali foto bareng, tapi saya lebih milih untuk motret mereka dari sisi lain. Kurang sreg kalau ga punya stok foto saat bepergian yang bisa menghiasi akun-akun media sosial saya.

Lumayan lama bermain-main di pasir timbul ini. Sibuk foto-foto, sibuk difoto, lihat-lihat bintang laut, main air. 30 menit berlalu, kami melanjutkan perjalanan menuju pulau Lengkuas.

Coba lihat mereka sibuk masing-masing :)

Coba lihat dengan teliti, mereka sibuk masing-masing πŸ™‚

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 14

Bang Romi setia menemani kami sepanjang trip, termasuk kalau diminta untuk memotret πŸ™‚

Pulau Lengkuas

Pasir Timbul – pulau Lengkuas membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Menjelang merapat, beberapa kami memutuskan mengeluarkan kamera untuk merekam foto dan video. Bentangan pulau dengan gugusan batu besar dan mercusuar yang menjulang ini memang terlihat fotogenik. Terlihat cantik di hasil foto. Sayangnya langit banyak ditutupi oleh awan siang itu, jadi tidak bisa ambil foto dengan langit biru seperti foto-foto di majalah πŸ™‚

Perahu tidak bisa benar-benar merapat di pantainya karena terlalu dangkal. Kami harus masuk ke air sedalam dengkul orang dewasa, dan bagi beberapa orang akan sedalam pahanya. Saya sudah mengenakan celana pendek untuk basah-basahan saat snorkel, jadi kalaupun harus basah-basahan sekarang ga jadi masalah besar.

Pulau Lengkuas hanyalah pulau kecil, dan kalau lihat di peta terletak di paling luar di gugusan pulau-pulau kecil sebelah Barat Laut pulau Belitung. Pantaslah jika saat itu Pemerintah Belanda memutuskan untuk membangun mercusuar sebagai rambu-rambu bagi kapal-kapal yang merapat di Belitung.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 17

Mercusuar Pulau Lengkuas.

Perjuangan Menuju Puncak Mercusuar Pulau Lengkuas

Menaiki tangga dan berada di ketinggian bukan lah sesuatu yang mengasikkan menurut saya. Boro-boro puncak mercusuar, naik tangga ke atas genteng rumah sendiri aja perlu mental baja. Nah kali ini saya harus menaiki banyak anak tangga untuk mencapai puncak mercusuar pulau Lengkuas di lantai 18. Badan boleh keliatan tegar, hati mah ciut, hehe..

Hanya karena banyak emak-emak yang ikutan trip ini yang membuat saya berusaha tabah menaiki satu-persatu anak tangga. Sampai lantai kedua lutut sudah mulai gemetar, di lantai keempat pura-pura mengagumi pemandangan di bawah melalui jendela mercusuar, saya istirahat sejenak πŸ˜€

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 18

Siap-siap naik, lantai dasar mercusuar.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 19

Istirahat sambil pose di jendela..

Singkat cerita saya sudah sampai di lantai 18 (delapan belas). Bukan dengkul aja yang terasa bergetar, kepala pun berasa puyeng melihat pantai pasir jauh di bawah. Apalagi saat angin agak kencang mercusuar ini agak bergoyang sedikit. Jadi membayangkan bagaimana susahnya pada tahun 1882 para pekerja membangun mercusuar ini. Saat membangun para pekerjanya juga mungkin ga kepikiran kalau bangunan yang mereka buat itu sekarang menjadi salah satu destinasi andalan wisata Belitung πŸ™‚

Kalau di lantai dasar ruang dalam masih terasa luas, maka semakin keatas ruangan dalam mercusuar semakin mengecil. Pasti semua ini karena perhitungan matang untuk ketahanan, keamanan dan keberlangsungan bangunan. Ada satu pintu sempit untuk keluar bangunan dan kita bisa berdiri di pinggiran berpagar. Cukup memuat sekitar 15 orang sisi luar puncak mercusuar ini. Kami harus memiringkan badan jika ada orang lain ingin berpindah tempat.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 21

Hutan Asmara pulau Lengkuas. Konon kudu mampir kemari dan menaiki puncak bukit kalau mau awet sama pasangan.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 22

Hamparan batu di pantai pulau Lengkuas

View dan suasana di ketinggian pasti beda dengan yang di bawah. Ini yang membuat saya sedikit melupakan ketakutan berada di ketinggian (juga karena malu sama mbak Samsiah dan ibunya, ssttt ). Kamera dari focusone yang sedari tadi banyak pasif kali ini banyak merekam foto selfie saya. Lumayan buat gegayaan ganti foto profile di Facebook.

Puas motret sana-sini di puncak mercusuar, pukul 11:40 saya sudah mulai menuruni tangga. Meski agak berat di dengkul, proses turun ini lebih ringan agaknya dibanding saat naik. Tidak sampai 10 menit sudah berada di dasar mercusuar.

Perjuangan mercusuar hari ini ditutup dengan acara minum air degan (kelapa muda) yang sudah disiapkan oleh tur guide kami. Cocok deh abis kehausan selama naik/turun, air degan langsung ludes saya seruput. Sementara itu tiba-tiba hujan deras. Tak bisa kemana-mana, sebagian kami memilih untuk memesan mie instan untuk menghangatkan badan.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 23

Siap-siap turun dari lantai 18.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 24

Lepas dahaga dengan air degan setelah lelah naik turun mercusuar.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 39

Foto bareng sebelum snorkeling. (foto: @mitrawisataID/Nandi)

Snorkeling di Pulau Lengkuas

Pukul 12:30 kami sudah menaiki kembali perahu untuk menuju spot snorkeling. Masih dekat dengan pantai sebenarnya. Tapi bener deh naik perahu untuk hemat tenaga. Buka baju, lompat dari perahu, sudah ada di spot snorkeling.

Ikan-ikannya lumayan banyak, dan banyak karang-karang keras juga di bawah lautnya. Baru beberapa detik jebur ke laut, saya sudah dikelilingi banyak ikan-ikan kecil. Mungkin dikiranya badan saya ini roti yang biasa dilempar oleh para wisatawan saat berkunjung kemari πŸ™‚

Kami tidak terlalu lama renang permukaan di spot ini, mungkin hanya 30-40 menit. Selain angin dan arus semakin kuat, kami harus mengisi perut di perhentian selanjutnya. Sangat sebentar, tapi saya cukup puas bisa merasakan suasana bawah air pulau Lengkuas. Tidak beda jauh dengan tempat snorkel lain, yang penting sudah merasakan. Dan siapa tau akan berkunjung kembali dan snorkeling lebih lama di beberapa spot di Belitung.

Makan siang di Pulau Kepayang

Sampai di pulai ini yang ada di pikiran saya itu makan, karena perut sudah lapar. Sementara para ibu-ibu lebih memilih untuk bilas dan ganti dengan pakaian kering terlebih dahulu. Sedangkan para lelaki di trip ini tidak ada yang turun snorkeling kecuali saya. Cuma saya yang basah-basahan, dan males bilas juga. Kapan lagi bisa nikmati eksotisme wisata Belitung dengan badan lengket kena air laut seharian.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 37

Maaf ladies, kami makan duluan ya…

Tak sabar menunggu yang lain selesai ganti baju, kami yang sudah duduk manis di hadapan makanan memutuskan untuk makan duluan. Kasian lihat Ikan bakar, kepiting rebus, sate udang, tumis kangkung, sayur gangan, cumi goreng, sudah dihidangkan πŸ™‚

Semua menu makanan yang dihidangkan untuk kami enak-enak, beneran. Misal nih satu hari nanti saya kemari lagi tanpa snorkeling, duduk-duduk seharian dan ngopi, lalu makan siang dengan menu tadi, saya mau banget. Apalagi kalau ada yang ngajak dan bayarin, mau banget… :p

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 26

Awal jalur trekking menuju Kepayang Eco Resort.

Trekking pulau Kepayang

Selesai makan, duduk-duduk santai, dan minum kopi gelas kedua, mas Hari mengajak kami untuk trekking ke sisi lain pulau. Di sana ada Kepayang Eco ResortΒ dan gugusan batu-batu besar sertaΒ penangkaran penyu, begitu jelas mas Hari sebelum mulai berjalan kaki.

“Jalurnya berkarang, berbatu atau pasir?” saya bertanya. Lalu dijawab langsung oleh mas Hari, aman jalurnya tanah berpasir. Saya malas berjalan ke arah perahu untuk ambil sepatu.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 27

Jalur trekking menuju Kepayang Eco Resort.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 28

Jalur trekking menuju Kepayang Eco Resort.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 29

Kok noleh kak Tarrie, tau ya mau difoto? πŸ˜€ | Pintu masuk Kepayang Eco Resort.

Berjalan 500an meter, kami sampai di sebuah bangunan bertuliskan “Kupi & Resto Kepayang Island”. Hanya ada beberapa penjaga yang sepertinya sedang beberes membersihkan area.

Sebagian kami langsung foto-foto di pantainya, sebagian belum sampai. Saya lebih tertarik untuk mendekati gugusan batu-batu besar di sebelah kiri pantai. Berjalan 50an meter di antara bebatuan, ambil beberapa shot foto, lalu kembali. Beberapa kawan yang tertinggal nampak sudah sampai dan ikut berfoto-foto.

Lalu saya memasuki kawasan penangkaran penyu dengan pohon-pohon besar yang rimbun. Bagi yang belum pernah melihat penangkaran penyu, jangan sampai melewatkan tempat ini kalau berkunjung.

wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 32 wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 33 wisata belitung - pulau lengkuas - yopie pangkey - 38

Kembali ke Darat

Pukul sudah menunjukkan 16:40 saat saya menaiki perahu untuk kembali ke daratan. Setelah ini kami akan melewati pulau Batu Berlayar dari dekat tanpa mampir. Lalu sesampainya di pantai Tanjung Kelayang akan langsung menuju Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang sudah terkenal seantero negeri sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Di sana kami akan menikmati suasana terbenamnya matahari yang syahdu πŸ™‚

Puas banget nikmati wisata Belitung dengan hopping island hari ini. Dan malamnya saya bisa duduk-duduk santai di kafe Bahagia menikmati kopi buatan warkop Ake yang sudah puluhan tahun malang melintang di dunia warung kopi Belitung.

Terima kasih Visca Tour. Ga rugi nabung 3 bulan buat ikutan paket 3D2N. Lain waktu akan datang lagi πŸ™‚
www.viscatour.com
viscatour@mail.com
081949108582