Jelajah Wisata Kuliner Semarang, Ini 7 Makanan Gurih yang Wajib Banget Dicicipi

Bale Diva - Yopie Pangkey - 5
Selain beli Bandeng untuk oleh-oleh, ga ada salahnya mencicipi Bandeng Bakar seperti ini di Rumah Makan yang ada di Semarang.

Yopiefranz.com – Kota Semarang ini asik juga buat wisata Kuliner. Sudah 2 kali datang, ada saja kuliner unik yang bisa saya temui di sela-sela menikmati wisata lainnya. Siapa coba yang ga kenal Lumpia Semarang, atau yang banyak juga disebut dengan nama lunpia. Makanan yang terbuat dari kulit tepung dan isian rebung ini sudah menjadi ikon kuliner Ibukota Provinsi Jawa Tengah.

Banyak yang menjual lumpia Semarang di berbagai kota. Tapi kalau belum pernah mencicipinya langsung di kota asalnya, rasanya kurang lega.

Mumpung liburan tahun 2019 masih banyak, info lengkap kereta Jakarta Semarang pun mudah didapat.

Yuk, kita berangkat dan mencicip kuliner Semarang yang menggoyang lidah.

7 Wisata Kuliner Semarang yang Wajib Dicicipi:

wisata kuliner semarang - lumpia semarang - pesonatravel.JPG
Lumpia Semarang, wisata kuliner semarang nomor 1 yang wajib dicicii. (Foto: pesonatravel)

1) Lumpia, Tujuan Utama

Tujuan utama wisata kuliner di Semarang adalah memburu lumpianya yang lezat. Banyak tempat yang menjual jajanan ini, tetapi yang paling terkenal adalah lumpia gang Lombok.

Baik lumpia basah maupun goreng bisa dinikmati di sini atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

wisata kuliner semarang - soto bangkong - @wayanlovely.JPG
Soto bangkong. (Foto: @wayanlovely)

2) Nikmatnya Soto Bangkong yang Menggoyang Lidah

Kuliner khas Semarang lain yang harus dicoba adalah Soto Bangkong. Sebenarnya ini adalah soto ayam dengan kuah bening, mirip dengan soto Kudus. Namun karena dijual di perempatan Bangkong, akhirnya terkenal dengan nama Soto Bangkong.

Selain punya cita rasa kuah yang khas, Soto Bangkong juga dikenal memiliki aneka uborampe alias lauk yang beragam, mulai dari kerang, sate usus, sate ati, telur puyuh dan banyak lainnya.

wisata kuliner semarang - nasi gandul - @katanya_diet.JPG
Nasi Gandul (Foto: @katanya_diet)

3) Nasi Gandul yang Istimewa

Yang membuat kuliner Semarang ini istimewa adalah rasa dan cara makannya. Isiannya sederhana, berupa nasi putih dan beberapa lauk yang disajikan dengan kuah kaldu.

Rasanya jadi berbeda karena meski disajikan di piring, namun dilapisi dengan daun pisang yang membuatnya lebih gurih.

Sementara cara makannya yang benar adalah dengan menggunakan suru alias sendok dari daun pisang. Tetapi kalau kamu nggak bisa memakainya, bisa pakai sendok biasa kok.

kuliner semarang - mie kopyok - @lovelyluce0209
Mie Kopyok (Foto: @lovelyluce0209)

4) Mie Kopyok si Teman Makan Siang

Sajian kuliner khas Semarang yang satu ini berupa mie yang disajikan dengan kuah bening. Dua bahan utama itu ditambah dengan tauge dan lontong, yang sekilas mirip dengan lontong mie Surabaya.

Tetapi mie kopyok tidak menggunakan petis seperti lontong mie Surabaya.

Dan keunikan yang lain adalah taburan kerupuk nasi atau yang disebut kerupuk puli di atas sajian mie-nya. Disantap ketika makan siang, rasanya nggak akan terlupakan.

Oleh-oleh Khas Semarang - bandeng juwana - @mampirmakanbersama
Bandeng Juwana. (Foto: @mampirmakanbersama)

5) Bandeng Juwana, Citarasa yang Melegenda

Selain lumpia, makanan khas Semarang lainnya adalah Bandeng Juwana. Ini adalah bandeng presto, dengan tulang lunak yang nggak harus dicabut satu per satu untuk disantap.

Jangan tanya soal rasa, dengan pengalaman mengolah bandeng selama puluhan tahun, Semarang memiliki bandeng presto dan aneka olahannya dengan rasa istimewa.

Tempat makan enak di Semarang - Kepala Manyung Bu Fat - Yopie Pangkey - 2
Kepala Manyung Bu Fat.

6) Mangut Kepala Manyung

Kuliner Mangut; berkuah santan dengan bahan ikan asap sangat populer di Pantura. Termasuk di Semarang, Mangut Kepala Manyung menjadi makanan favorit wisatawan yang datang.

Bahkan Kedai Mangut Kepala Manyung Bu Fat, satu warung legendaris yang menjadi langganannya para artis dan pejabat.

Satu porsi Mangut Kepala Manyung bisa untuk 2 orang atau 1 orang kalau benar-benar bisa menghabiskan. Banyak yang suka dengan daging di bagian kepala ikan Manyung yang memiliki tekstur lembut.

Sedangkan kuahnya rasanya sangat gurih dan sangat pedas.

Yang tidak suka ikan manyung, bisa coba mangut belut, mangut kepala ikan sembilang, dan mangut daging sembilan.

Kuliner Sate Gule 29 Kota Lama Semarang - Yopie Pangkey - 2
Kuliner Sate Gule 29 di Kota Lama Semarang.

7) Sate dan Gule Kambing 29

Sate dan Gule Kambing memang ada dimana-mana. Tapi kalau ke Semarang, coba ke Kota Lama Semarang, kamu kudu coba Sate dan Gule Kambing 29.

Dijelaskan, daging yang jadi bahan sate adalah menggunakan daging kambing bagian paha atas dan punggung.

Menurut yang hobi sate, daging dari kedua bagian ini memiliki tekstur yang lebih emuk dan bisa menghasilkan rasa gurih.

Menu lain yang perlu dicoba adalah sate buntel. Berbahan daging kambing yang dicincang sampai halus dan dicampur dengan bumbu. Kemudian adonan tersebut dilapisi dengan lemak/gajih, lalu ditusuk sate seperti sate pada umumnya.

Kalau kamu berasal dari luar Kota Semarang, baiknya coba ini sebelum pulang.

Baca juga:
* Gurihnya Sate Domba Afrika Haji Ismail yang Menggoda Selera

Bale Diva - Yopie Pangkey - 5
Selain beli Bandeng untuk oleh-oleh, ga ada salahnya mencicipi Bandeng Bakar seperti ini di Rumah Makan yang ada di Semarang.

Cari Info Lengkap Sebelum Jalan

Demikian info wisata kuliner yang bisa dicoba kalau sedang jalan-jalan di Semarang. Masih banyak lagi kuliner Semarang yang menarik untuk dicoba.

Sebelum menentukan rute wisata kuliner di kota ini, coba cari info lengkap kereta Jakarta Semarang 2019 yang bakal kamu naiki. Sesuaikan kuliner yang dituju dengan jadwal kamu tiba di Semarang.

Soto Bangkong dan Nasi Gandul cocok disantap ketika sarapan, Mie Kopyok bisa jadi teman makan siang yang lezat dan jajanan malam bisa mencicip lumpia atau Bandeng Juwana.

Jika ingin membawa makanan khas Semarang sebagai oleh-oleh, Lumpia dan Bandeng Juwana bisa jadi pilihan. Sebaiknya beli kedua makanan ini ketika hendak pulang, karena lumpia hanya tahan maksimal 24 jam di suhu ruangan.

Jika perjalanan cukup jauh dan memakan waktu lebih lama, bandeng bisa jadi pilihan oleh-oleh. Gali info lengkap kereta Jakarta Semarang sekarang juga, dan jelajah wisata kuliner yang nggak akan kamu lupakan di kota ini.


2 Comments

  1. Dari ke-7 daftar makanan di atas, favoritku adalah mangut ikan manyung. Selain namanya yang aneh, kuahnya yang bersantan, daging ikan yang lembut, komposisi asik untuk dieksplorasi lidah

    • Kalau di Lampung itu namanya Gulai Taboh. Sama-sama gurih. Lebih sedap lagi kalau ikannya diasap dulu sebelum disantan 🙂

Comments are closed.