40 Tempat Wisata Menarik di Lampung

Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Banyak yang sudah merencanakan mudik lebaran pulang ke kampung halamannya di Lampung. Pastinya bakal ada waktu kosong yang diluangkan untuk jalan-jalan bareng keluarga atau bareng kawan-kawan lama. Nah, kali ini saya mencoba merangkum beberapa tempat wisata di Lampung yang bisa kamu datangi di sela-sela waktuย silaturrahim kamu. Selain tempat wisata yang sudah dikenal seantero nusantara, saya akan masukkan beberapa tempat wisata yangย belum banyak dikunjungi banyak orang dan belum banyak dikenal. Sebagian foto adalah hasil hunting saya sendiri saat keliling Lampung, dan sebagian foto kawan-kawan.

Tinggal pilih saja mau tempat yang ramai dengan fasilitas memadai atau tempat-tempat yang masih dalam
pengembangan. Atau beberapa tempat di bawah ini tidak ada fasilitas penunjangnya. Bahkan Dinas Pariwisata Lampung belum tentu memasukkan tempat-tempat ini dalam situs resminya. Tentukan sendiri dengan bijak mau kemana dan mau ajak siapa. Salah kawan dan salah tempat, yang tadinya mauย menikmati perjalanan malah gerutu yang didapat ๐Ÿ™‚

1. Pantai Pasir Putih dan Pulau Condong
Pantai Pasir Putih ini memang sudah terkenal dari saya belum lahir. Dari dulu sampai sekarang selalu ramai
dikunjungi di hari-hari libur. Paling ramai pas di libur lebaran. Selain karena mudah diingat, pantai ini terletak
persis di pinggir Jalan Lintas Sumatera Bakauheni – Bandar Lampung. Banyak kendaraan dengan nomor kendaraan asal luar Lampung di libur Lebaran. Dan kamu harus siap dengan situasainya yang begitu ramai dan air lautnya yang menjadi keruh karena ramainya pengunjung yang bermain di pantai. Bosan di pantai, kamu bisa mencoba ke pulau Condong yang hanya perlu 20 menit menyeberang. Satu tempat wisata di Lampung yang sudah terkenal dari tahun 1980an, bahkan dari sebelumnya.

2. Pantai Embe (Merak Belantung)
Saat saya masih SMA saya taunya ini pantai Merak Belantung. Sekarang lebih dikenal dengan pantai Embe. Mungkin itu huruf ‘M’ dan ‘B’ ya, diucap jadi EmBe. Lokasi di KM 45 Trans Sumatera. Sekitar 40 menit berkendara dari Bakauheni. Berada di kawasan yang dikelola oleh Grand Elty Krakatoa.

3. Pantai Wartawan
Pantai Wartawan berada di Way Muli. 14 Km dari Kalianda melewati jalur pesisir Canti dan 30 Km dari simpang Gayam pada jalur Bakauheni โ€“ Bandar Lampung. Pantai ini menempati areal sempit antara jalan lingkar Gunung Rajabasa, lereng gunung dan laut. Ada sumber air panas di sisi pantai karang kaki bukit gunung botak. Jangan deh coba-coba memasukkan kaki atau tangan di sini, suhunya bisa mencapai 80 – 100 C. Sedangkan dari Bukit Gunung Botak setinggi sekitar 50 meter ini, kamu bisa memandang hamparan pantai yang sangat indah.

4. Pulau Mengkudu dan Pulau Sekepel
Pulau ini mulai ngetrend di kalangan anak muda Lampung di tahun 2015. Banyak berseliweran foto pulau yang pasirnya menyambung dengan daratan Sumatera. Bagus di foto dari ketinggian bukit. Jika menggunakan motor, kamu bisa parkir di bukitnya sebelum turun ke pantai dan berjalan ke pulau. Sedangkan kalau dengan perahu, bisa dari kampung terdekat.

A photo posted by Lampung Insta (@lampunginsta) on

5. Sumber Air Panas Way Belerangย Kalianda
4 km dari pusat kota Kalianda ada sumber air panas Way Belerang. Ada tiga kolam dengan suhu yang berbeda-beda. Agak dingin, sedang, dan agak panas. Kita bisa memilih mau berendam di kolam yang mana. Tiket perorang 10.000 rupiah, belum termasuk tiket kendaraan.

Way Belerang - Yopie Pangkey

6. Kebun Karet Karang Anyar
Kebun karet tidak menawarkan apa-apa selain pemandangannya yang unik karena deretan pepohonannya yang rapi dan rindang. Bagi yang hobi fotografi coba deh usahakan sampai di sini pas subuh. Ada kegiatan deres karet oleh warga selain kabut dan semburat cahaya pagi yang bisa didapat.

kebun karet karang anyar - yopie pangkey

7. Batu Granit Tanjung Bintang
Dulu sempat ramai tetapi akhirnya sepi dan tidak terkelola. Namun lagi-lagi karena anak muda yang haus akan tempat baru untuk foto-foto, tempat ini kembali ramai dikunjungi. Banyak yang upload dan tag fotonya di akun IG @kelilinglampung_ yang saya kelola. Terletak di Tanjung Bintang, sekitar 25 km dari pusat kota Bandar Lampung. Jalurnya: Jl. P. Antasari – Jl Tirtayasa – Jl Sutami – Pasar Pal Putih Tanjung Bintang – Belok kanan menuju desa Purwodadi.

Baru Granit Tanjung Bintang - Yopie Pangkey

8. Tanjung Tuha
Pemandangan di Tanjung Tuha cukup OK lho buat kamu yang suka foto-foto selfie dan upload foto di IG. Apalagi kalau sedang cerah, perpaduan langit biru dan gradasi warna laut bakal membuat fotomu cakep. Kalau kamu keluar dari pelabuhan Bakauheni akan menjumpai pertigaan. Bukan belok kanan ya, tetapi belok ke kiri . Ada penunjuk arah “Wisata Tanjung Tuha” di situ.

9. Pantai Mutun dan pulau Tangkil
Banyak panyai di kabupaten Pesawaran, salah satu yang sangat ramai dikunjungi di saat liburan adalah Pantai Mutun. Berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung, bisa ditempuh dalam waktu 40 menit. Untuk pengendara motor dikenai tiket masuk 15.000 rupiah sudah termasuk motor dan 1 orang. Satu mobil dikenai Rp. 10.000, satu orang Rp. 10.000. Di seberang pantai ini ada pulau kecil bernama pulau Tangkil yang bagus untuk foto-foto. Ada fasilitas banana boat dan parasailing di sini.

10. Pantai Sari Ringgung
Saat ini pantai Sari Ringgung sudah jauh lebih baik dibanding beberapa tahun lalu. Sudah banyak perubahan dan perbaikan yang dilakukan oleh pengelolanya. Di sini kita bisa berenang di pantainya yang landai. Ada banyak pondokan yang bisa kita sewa. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

11. Pulau Tegal
Nah ini dia salah satu tempat wisata Lampung yang saya sukai. Selain pemandangan pantainya bagus, pemandangan bawah airnya juga bagus. Kalau beruntung kita bisa bertemu dengan mahluk-mahluk laut yang jarang kita temui. Di beberapa titik karang-karangnya masih sangat terjaga dan ikan-ikannya banyak. Tak heran banyak juga orang yang memancing di sini. Menuju pulau Tegal bisa dari pantai Mutun dan yang terdekat dari pantai Sari Ringgung. Bisa sewa perahu perhari agar bisa pindah ke beberapa tempat di pulau.

snorkel di pulau tegal - Yopie Pangkey

12. Pantai Klara
Lebih jauh daripada pantai Mutun dan pantai Sari Ringgung, pantai Klapa Rapat (Klara) jadi salah satu alternatif bagi yang ingin mengajak keluarga menikmati panorama pantai. Di sini tersedia banyak gubuk yang bisa kita sewa dan banyak warung yang menjual makanan. Dari pantai ini kita juga bisa menyeberang ke pulau Kelagian yang memiliki pantai dengan pasir putih yang halus.

13. Pulau Kelagian dan Pahawang
Dua pulau ini tiba-tiba mencuat namanya di kalangan wisatawan nusantara. Di tahun 2012 dan 2013, namanya masih asing terdengar. Namun sejak 2015 lalu banyak sekali wisatawan asal Jakarta, Bandung, Bogor, Palembang yang datang untuk menikmati alam bawah laut di sekitar pulau Pahawang dan Kelagian. Biasanya para wisatawan mengikuti paket wisata yang diadakan oleh para tour operator. Banyak tersedia di semua lini media sosial. Tinggal pilih saja yang kamu percaya, atau pilih hasil rekomendasi kawanmu.
(Baca: Pesona Pulau Pahawang dan Kelagian)

Pulau Kelagian - Yopie Pangkey

14. Pulau Balak, Lok, dan Lunik
Tiga pulau ini masih sangat jarang yang mengunjungi bahkan mengetahuinya. Mungkin karen letaknya yang lebih jauh dari Pahawang dan Kelagian. Boleh dibilang pulau-pulau ini masih alami. Ada 1 cottage di pulau Balak, tapi kurang terawat menurut saya. Saran saya pergi pagi pulang sore aja ke salah satu pulau ini. Di pulau Balak kita bisa duduk santai di rumput atau di pasir pantainya yang lembut. Paling asik ya snorkeling melihat terumbu karang dan ikan-ikan.

pualu Lok - Yopie Pangkey

15. Air terjun Sinar Tiga
Kamu yang suka trekking tetapi cepat lelah, Air Terjun Sinar Tiga bisa menjadi pilihan buat kamu. Tidak terlalu jauh jalan kaki dan medannya tidak berat. Berada di dusun Sinar II, desa Harapan Jaya, Padang Cermin. Satu jam berkendara dengan mobil. Air terjunnya cantik dan udaranya segar. (Baca: Trip Satu Hari di Air Terjun Sinar Tiga)

Air terjun Sinar Tiga - Yopie Pangkey

16. Desa Muncak
Ini salah satu Viewing platform yang mulai tumbuh di Lampung. Menambah tempat-tempat yang bisa dikunjungi oleh anak muda dan juga keluarga. Saya belum pernah kemari, tetapi dari foto-foto yang diupload dan tag ke sana, pemandangannya bagus.

(Baca: Munca Teropong Laut, Tempat Hunting Foto Instagramable di Lampung )

17. Viewing Platform Tahura WAR
Kawasan wisata terpadu berbasis alam Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman sedang giat-giatnya mempromosikan daya tarik buatan yang baru saja mereka launching, yaitu viewing platform. Viewing platform adalah semacam teras/alas yang bisa terbuat dari apa saja menjadi tempat kita berpijak untuk melihat lanskap di sekitar yang lebih rendah.

18. Taman Kupu-kupu Gita Persada
Dirintis sejak 1997, sekarang taman kupu-kupu Gita Persada memiliki 180 spesies kupu-kupu. Di sini ada museum kupu-kupu, rumah pohon, dan penangkaran kupu-kupu. Kamu bisa melihat proses kehidupan kupu-kupu di sini. Janganragu untuk bertanya kepada petugas atau mahasiswa yang sedang meneliti kupu-kupu di sini. (Baca: Berwisata Sambil Belajar di Taman Kupu-kupu Gita Persada)

Taman kupu kupu Gita Persada - Yopie Pangkey - 10

Dome penangkaran kupu-kupu.

Teluk Kiluan
Teluk Kiluan adalah sebuah teluk kecil dan terdapat pulau cantik di tengahnya ….

Lanjut halaman 2