Inilah 47 Pantai Menarik di Lampung yang Bisa Kamu Kunjungi

Pantai di Lampung – Panjang garis pantai Lampung itu 1.185 km. Hanya sekitar 1,2% dari panjang garis pantai Indonesia yang 99.093 kilometer. Dari 1.185 km garis pantai yang ada di Lampung, kita akan bahas sedikit km saja di sini. Namun meski sedikit dan saya cari ke berbagai sumber, kita sudah punya 40an pantai di Lampung yang bisa kamu kunjungi. Bisa menjadi rujukan  spot foto dan tempat wisata di Lampung bagi yang mau bertandang.

Saya yakin masih ada banyak tempat wisata pantai di Lampung yang bisa kunjungi. Di sini saya tidak memasukkan pantai-pantai pulau. Hanya pantai yang berada di daratan Pulau Sumatera saja. Beberapa sudah menjadi destinasi fotografer nasional dan mancanegara, menjadi salah satu tempat wisata indah di indonesia.

(Baca ini juga ya: 40 Tempat Wisata Menarik di Lampung)

Kebanyakan orang hanya tahu pantai Mutun di Lampung. Karena memang sudah jadi favorit banyak keluarga untuk rekreasi beramai-ramai. Nah sekarang simak ya pantai-pantai yang ada di Lampung, namun dibatasi hanya 40 pantai saja ya. Kalau ada yang saya belum saya sebutkan, silakan sebutkan pantainya melalui komentar di bawah.

PANTAI DI BANDAR LAMPUNG

Siapa bilang kota Bandar Lampung tidak punya pantai yang bisa dijadikan tempat rekreasi. Coba lihat pantai-pantai di bawah ini.

1. Pantai Duta Wisata

Berjarak +/- 9 km dari Tugu Adipura, pantai Duta Wisata mudah dijangkau meski hanya dengan kendaraan roda dua. Pantainya berkarang, namun banyak pondokan dan ada restoran seafood terkenal di pojokannya. Saya suka atmosfir sore hari di pantai ini

2. Pantai Tirtayasa

Dulu pantai ini pernah jaya, menjadi tempat rekreasi warga Bandar Lampung maupun dari luar Lampung. Namun sekarang kondisinya sudah tidak terurus. Saat kita menuju Lempasing, sisa-sisa tembok pagar pantai masih bisa kita lihat.

3. Pantai Queen Artha

Pantai ini berjarak 2 km dari gerbang pantai Duta Wisata. Menjadi alternatif tempat rekreasi warga Bandar Lampung bersama calon pasangan hidup maupun yang sudah berkeluarga. Sama seperti Pantai Duta Wisata, dari pantai ini kita bisa menyaksikan kota Bandar Lampung dari kejauhan. Khususnya daerah Teluk Betung dan Panjang.

4. Pantai Puri Gading

Berada di belakang perumahan Puri Gading. Pantai ini tidak menawarkan pengunjung untuk berenang. Kebanyakan yang kemari itu untuk berfoto-foto ria. Beberapa memilih tempat ini untuk spot foto pre-wedding.

PANTAI DI LAMPUNG SELATAN

Jangan ditanya kalau Lampung Selatan. Kabupaten ini mempunyai banyak sekali pantai baik yang sudah terkenal maupun yang belum banyak diketahui banyak orang. Yuk kita list beberapa diantaranya.

5. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih boleh dibilang pantai legenda. Sudah terkenal sejak dulu. Tahun 1980an saja pantai ini sudah ramai dikunjungi. Sangat ramai dikunjungi hingga saat ini, terutama di saat libur panjang ataupun libur lebaran, natal, dan tahun baru. Pantai penuh sesak.

6 Pantai Tanjung Selaki

Sempat ramai dibicarakan dan dikunjungi di tahun 1990an. Namun semakin kemari semakin sepi. Meskipun termasuk dekat dari kota Bandar Lampung, pantai ini kurang begitu diminati. Mungkin karena di pantainya yang dangkal banyak batu karang.

7. Pantai Sebalang

Pantai ini ada di dekat lokasi PLTU Sebalang. Pantainya berbatu karang. Kebanyakan pengunjung hanya menikmati suasana pantai atau untuk hunting foto sunset di sini.

8. Pantai Embe

Awal mulanya bernama pantai Merak Belantung. Ombaknya cukup besar di sini. Namun ada bagian-bagian yang aman untuk renang. Seiring waktu pantai ini berubah nama menjadi pantai Embe. Sepertinya singkatan dari Merak Belantung. “MB” menjadi “Embe”.  (Lokasi Pantai Embe di Google Map )

Ada pondokan dan penyewaan ban untuk renang di sini. Perlu satu jam berkendara dari kota Bandar Lampung. Belok kanan di pertigaan ke arah Elty Krakatoa.

9. Pantai Sapenan

Letaknya tidak jauh dari pantai Embe. Satu jalur juga dengan Grand Elty Krakatoa. Di pantai ini juga terdapat pondokan dan warung. Pasir pantainya juga lembut.

10. Pantai Ketang / Way Urang Kalianda

Tidak jauh dari Masjid Agung Kalianda, hanya sekitar 3 (tiga) km dengan waktu tempuh 10 (sepuluh) menit. Pantai ini tidak berbayar. Banyak warga Kalianda yang menghabiskan waktu sore dengan bersantai di pantai ini.

A photo posted by Lampung Insta (@lampunginsta) on

Pantai di lampung - pantai laguna - pantai alau alau - yopie pangkey

Pantai Alau-alau

11. Alau-alau beach

Dulu bernama pantai Laguna. Pantainya berpasir putih halus. Banyak diincar oleh pasangan-pasangan yang ingin melakukan pemotretan pre-wedding. Saat ini bernama Alau-alau. Ada penginapannya.

12. Pantai Marina

Pantai Marina juga indah menurut saya. Namun tidak cocok untuk berenang di sini. Karena pantainya berbatu karang besar dan ombaknya yang besar. Kalau kamu ingin tahu spot foto bagus di Lampung untuk foto lanskap atau untuk pre-wedding, Pantai Marina adalah salah satunya. (Lokasi Pantai Marina)

13. Pantai Guci Batu Kapal

Berjarak sekitar 5 (lima) kilometer, atau 10 menit, dari Masjid Agung Kalianda. Pantai ini pernah digunakan untuk acara Festival Petualang Nusantara pada tahun 2015. Suasananya rindang karena banyak pepohonan besar. Ada batu karang besar dan pohon beringin di pantai ini yang menarik untuk foto-foto. Dinamakan Pantai Guci karena konon ditemukan sebuah guci peninggalan pedagang di atas karang yang paling besar.

14. Pantai Wartawan

Berjarak sekitar 17 (tujuh belas) kilometer, atau 30 menit, dari Masjid Agung Kalianda. Pantai ini berada persis di tepi jalan. Ada beberapa mata air panas di sekitar pantai ini. (Lokasi Pantai Wartawan di Google Map)

15. Pantai Muara Indah

Terletak di desa Suak Lampung Selatan. Pantai ini berpasir lembut.

A photo posted by Lampung Insta (@lampunginsta) on

16. Pantai Simpuyang, Suak

Menemukan nama pantai ini saat berselancar di akun IGnya @lampunginsta. Belum tahu sama sekali tentang pantai ini. Semoga bisa memberi manfaat untuk masyarakat sekitar 🙂

A photo posted by Lampung Insta (@lampunginsta) on

Pantai di Lampung Pantai Teluk Nipah - Budhi Marta Utama

Foto udara Pantai Teluk Nipah (Foto: Budhi Marta Utama)

17. Pantai Teluk Nipah

Beberapa kali ke pantai yang berada di area PTPN VII, desa Sukamarga Lampung Selatan. Pantainya masih alami dan sepi. Pasirnya halus dan banyak pohon kelapa. Setiap kemari selalu mendengar suara dan melihat monyet di sekitar tebing bukit.  (Lokasi Pantai Teluk NIpah di Google Map)

18. Pantai Tanjung Tuha

Dulu seringnya itu hanya didatangi oleh pehobi mancing. Namun saat ini mulai ramai didatangi oleh anak-anak muda Lampung, terutama pengguna Instagram. Setiap minggu akun saya sering ditag oleh orang-orang yang datang ke pantai ini. Lihat hasil-hasil foto mereka, saya jadi ingin mendatanginya juga.

19. Pantai Minang Rua, Bakauheni

Sangat sedikit yang mengetahui keberadaan pantai yang tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni ini. Jika sedang berada di Bakauheni coba tanya-tanya tentang pantai ini dan jangan lupa dikunjungi.

20. Pantai Setigiheni

Berada di Desa Canggung, Kec. Rajabasa, Kalianda. Pantai ini sering didatangi oleh rombongan keluarga dan anak muda. Ada bangunan dermaga kecil yang bisa buat foto-foto di sini.

21. Pantai Batu Ceper

Ada banyak pantai/batu bernama batu ceper. Yang dimaksud di sini yang berada di Tarahan Lampung Selatan. Bebatuannya besar-besar dan ceper. Sering jadi spot fotografi lanskap juga.

22. Pantai Batu Lapis

Mulai terkenal di kalangan pengguna Instagram di awal tahun 2016. Dalam waktu singkat keberadaan batu lapis dan pulau Mengkudu di dekatnya cepat menyebar di kalangan anak muda yang hobi jalan-jalan. Susunan batunya yang berlapis-lapis terlihat fotogenik. Sehingga meskipun dengan kamera HP sekalipun, foto-fotomu akan indah di sini.

PANTAI DI PESAWARAN

Boleh dibilang Pariwisata Pesawaran sedang naik daun. Mulai tahun 2010, kabupaten ini sering didatangi oleh wisatawan nusantara untuk menikmati pesona bawah laut Teluk Lampung di beberapa pulau yang ada di Kabupaten ini. Tapi kita sekarang bahas pantai-pantainya saja ya.

23. Pantai Mutun

Sama seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Mutun ini dikelola oleh swasta dan menjadi pantai rakyat yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi. Apalagi di saat libur panjang atau libur hari besar, sepperti lebaran, natal, dan tahun baru. Bakal penuh.

Berjarak sekitar 15 (lima belas) kilometer dengan waktu tempuh 40 (empat puluh) menit dari Tugu Adipura Bandar Lampung. Pantai ini banyak tersedia pondokan yang bisa disewa, penjual makanan, musholla, dan tempat bilas. Kita juga bisa menyeberang ke pulau Tangkil yang sangat dekat.

24. Pantai Sari Ringgung

Berjarak sekitar 22 (dua puluh dua) kilometer dengan waktu tempuh 50 (lima puluh) menit dari Tugu Adipura Bandar Lampung. Tidak seramai pantai Mutun, namun bagi saya pantai ini juga indah. Ada warung-warung makan sederhana dan kita bisa renang di pantainya.

Namun kalau saya lebih seringnya hanya numpang lewat untuk menyeberang ke pulau Tegal. Ada Masjid terapung yang menjadi daya tarik tambahan pantai ini. Juga ada pasir timbul dan cafe yang didirikan di atas pasir timbul di dekat pantai Sari Ringgung.

25. Pantai Klara

Berjarak sekitar 28 (dua puluh delapan) kilometer dengan waktu tempuh 60 (lima puluh) menit dari Tugu Adipura Bandar Lampung ke arah Piabung. Klara diambil dari singkatan Kelapa Rapat, dan lebih terkenal dengan nama pantai Klara saat ini. Kita bisa menyeberang ke pulau Kelagian dari sini.

Pantai di dekat pantai batu mandi - yopie pangkey

Jalan dan pantai di dekat Pantai Batu Mandi.

26. Pantai Batu Mandi

Tidak jauh dari pantai Klara ada pantai bernama pantai Batu Mandi. Mungkin dinamakan itu karena batu karang bernama Batu Mandi yang sering dijadikan spot mancing dan snorkeling di dekat situ. Pantai di sini berpasir putih dan lembut.

27. Pantai Dewi Mandapa

Nah kalau pantai Dewi Mandapa ini mulai terkenal beberapa bulan lalu sejak pengelolanya membangun semacam dermaga dengan bentuk unik. Walau pantainya tidak begitu bagus menurut saya, namun keberadaan fasilitas dermaga tersebut banyak menarik anak muda yang ingin foto-foto di situ. Terutama di “jembatan cinta”nya. (Lokasi Pantai Dewi Mandapa di Google Map)

28. Pantai Marine Eco Park

Pantai Marine Eco Park berada di seberang Markas Komando Brigif-3 Marinir, Piabung. Di sini ada “Jon Jeager Spor Center”, yang meyewakan peralatan diving dan snorkeling bagi pengunjung yang hobi wisata bawah laut. Pengelola juga menyediakan paket outbond terutama untuk pelajar. Cukup membayar biaya keamanan kendaraan saja untuk menikmati keindahan pantai ini. Oya sama seperti di Dewi Mandapa, di Pantai Marine Eco Park juga ada jembatan cinta.

29. Pantai Labuhan Jaya

Pantai indah dengan warna air laut menawan ini berada di Teluk Hantu Pesawaran. Belum banyak juga yang tahu tempat ini. Pasirnya lembut dan lautnya tenang. Sangat cocok untuk melupakan kepenatan kota dan menyepi sejenak.

Lanjut ke halaman 2 >>


Kalau berkenan share ke kawan-kawan lain ya 🙂